11 Cara Ampuh dan Cepat Menghilangkan Bekas Luka di Tubuh
Medical News Today
Lifestyle

Jangan khawatir dengan bekas luka yang bikin kalian enggak percaya diri. Ada 11 cara efektif hilangkan bekas luka. Mau tahu?

WowKeren - Sebagian orang tentu pernah memiliki luka yang membekas hingga saat ini. Terkadang bekas luka pada bagian tubuh membuat kita tidak percaya diri. Apalagi jika berada pada bagian yang tidak tertutup pakaian seperti kaki dan tangan.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, banyak metode pengobatan yang ampuh menghilangkan bekas luka. Mulai dari bahan-bahan alami hingga obat kimia yang sekarang banyak dijual di pasaran. Bahkan menggunakan losion atau sunscreen saja sudah bisa menghilangkan bekas luka, lho.

Loh kok bisa? Penasaran, kan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

(wk/nris)

1. Menghilangkan Bekas Luka dengan Tablet Vitamin E


Menghilangkan Bekas Luka dengan Tablet Vitamin E

Kalian pasti tahu tablet vitamin E, kan? Para wanita biasanya akan familiar dengan vitamin satu ini. Vitamin E telah digunakan dalam banyak perawatan kecantikan dan kesehatan selama bertahun-tahun. Kini tablet vitamin E pun sudah banyak dijual di pasaran.

Dalam butiran tabletnya kan terdapat minyak vitamin E yang bersifat melembapkan dan mengandung antioksidan kuat. Selain itu dapat membantu memperbaiki kulit dan tampilan jaringan yang rusak.

Untuk penggunaannya sendiri sangat mudah, ambil satu tablet vitamin E dan tusuk dengan jarum di salah satu ujungnya. Lalu oleskan pada area luka. Atau kalian bisa membeli vitamin E dalam bentuk krim, lho.

2. Gunakan Cocoa Butter untuk Menyamarkan Bekas Luka


Gunakan Cocoa Butter untuk Menyamarkan Bekas Luka

Cocoa Butter atau mentega kakao dapat melembapkan dan melembutkan bagian tengah serta luar kulit, sehingga produk alami ini akan membantu mengurangi tampilan bekas luka. Mentega kakao sendiri telah banyak beredar di pasaran, nih.

Kalian bisa menggunakan kakao murni atau losion yang mengandung cocoa butter. Cukup oleskan pada bekas luka sebanyak 2 hingga 4 kali sehari. Jangan lupa untuk memijat mentega kakao pada kulit dengan gerakan melingkar agar dapat diserap sempurna.

3. Lidah Buaya Ampuh Menghilangkan Bekas Luka


 Lidah Buaya Ampuh Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat lidah buaya memang tidak ada habisnya. Bukan hanya untuk merawat rambut dan wajah, tanaman ini dapat menghilangkan bekas luka yang menghitam. Zat asam yang disebut asam amino dan lignin dalam lidah buaya berguna untuk merangsang tumbuhnya sel-sel kulit yang baru.

Lidah buaya juga memiliki sifat anti radang dan anti bakteri sehingga menjadikannya perawatan yang paling efektif bagi kalian yang memiliki bekas luka baru. Namun tentunya tidak boleh dioleskan pada luka yang masih terbuka ya.

Penggunaannya mudah, cukup ambil gel lidah buaya yang ada di bagian tengahnya. Lalu oleskan sambil pijat pada bekas luka. Lalukan dengan rutin kira-kira empat kali dalam sehari agar mendapatkan hasil maksimal.

4. Hilangkan Bekas Luka dengan Minyak Zaitun


Hilangkan Bekas Luka dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang memudarkan bekas luka hitam. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Salah satu yang paling ampuh memberikan hasil terbaik adalah minyak zaitun ekstra virgin. Karena jenis ini mengandung tingkat keasaman serta vitamin E dan K yang lebih tinggi. Cara kerjanya yakni dengan melembutkan serta melembabkan kulit sehingga jaringan besar luka mengendur sedangkan keasamannya mengelupas kulit.

Masih sama seperti tadi, kalian cukup mengoleskan minyak zaitun pada bekas luka. Untuk meningkatkan kemampuan minyak zaitun dalam memudarkan bekas luka, kalian bisa mencampurkannya dengan minyak lain seperti rosehip, chamomule atau calendula. Lakukan secara rutin, ya.

5. Teh Hijau Rupanya Mampu Hilangkan Bekas Luka


Teh Hijau Rupanya Mampu Hilangkan Bekas Luka

Khasiat teh hijau memang sudah tidak diragukan lagi. Jika kalian merasakan manfaatnya untuk menurunkan berat badan kan kecantikan, kini rasakan khasiat lainnya dalam menghilangkan bekas luka.

Pernah mencoba masker wajah dari ampas teh hijau, kan? Lakukan hal yang sama pada bekas luka kalian. Oleskan ampas teh hijau pada bekas luka. Lalu gosokkan secara lembut. Lakukan setiap hari agar mendapat hasil yang memuaskan.

6. Menyamarkan Bekas Luka dengan Baking Soda


Menyamarkan Bekas Luka dengan Baking Soda

Mungkin kalian tidak menyangka baking soda dapat digunakan untuk menyamarkan bekas luka. Untuk penggunaannya sendiri, baking soda bisa dicampurkan dengan berbagai bahan lain seperti minyak zaitun atau madu.

Campurkan baking soda atau kedua bahan yang telah disebutkan sebelumnya hingga menyerupai pasta. Lalu oleskan sembari dipijat pada bagian luka dan diamkan selama 5 hingga 7 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

7. Perasan Lemon memudarkan Bekas Luka


Perasan Lemon memudarkan Bekas Luka

Lemon memiliki kandungan asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit sehingga bekas luka akan memudar seiring berjalannya waktu. Air lemon akan mengurangi kemerahan dan membantu regenerasi kulit dengan cara pengelupasan.

Caranya juga mudah banget. Cukup peras lemon dan oleskan airnya ke bekas luka yang menghitam. Biarkan selama semalaman atau beberapa jam. Jangan gunakan air perasan lemon lebih dari sekali sehari, ya. Pasalnya air perasan lemon bersifat keras dan membuat kulit kering.

8. Lalukan Scrub Secara Teratur untuk Menghilangkan Bekas Luka


Lalukan Scrub Secara Teratur untuk Menghilangkan Bekas Luka

Salah satu cara yang mudah untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan scrubbing. Kegiatan ini akan membuat membantu kulit meremajakan diri, mengangkat lapisan kulit mati yang kemudian memunculkan lapisan baru.

Untuk scrubbing sendiri kalian bisa menggunakan sabun yang memiliki butiran kecil, lulur atau bahkan sikat kulit. Gosok bagian bekas luka dan lakukan secara rutin. Dijamin lama kelamaan bekas luka kalian akan menghilang.

9. Pudarkan Bekas Luka dengan Mengoleskan Tabir Surya (Sunscreen)


Pudarkan Bekas Luka dengan Mengoleskan Tabir Surya (Sunscreen)

Tabir surya atau sunscreen sebenarnya penting untuk bekas luka. Sebagian orang tidak sadar bahwa bekas luka baru sangat sensitif terhadap sinar UVA. Paparan sinar tersebut dapat membuat bekas luka menggelap.

Kalian bisa mengoleskan tabir surya atau losion yang mengandung SPF 30 pada kulit yang memiliki bekas luka baru. Jika melakukannya dengan rutin, kalian dapat mengurangi perbedaan warnanya.

10. Memijat Area Bekas Luka dapat Membantu Menghilangkannya


Memijat Area Bekas Luka dapat Membantu Menghilangkannya

Cara selanjutnya sangat mudah untuk dilakukan. Kalian hanya perlu memijat bagian yang terdapat bekal luka. Pemijatan secara rutin dapat menghancurkan jaringan fibrosa yang menyebabkan terbentuknya bekas luka.

Pijatan juga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang bisa membantu perubahan warna. Cukup dengan memijat area bekas luka dengan gerakan panjang dan melingkar. Lebih baik lagi jika kalian memijat saat sedang menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya.

11. Gunakan Krim Penghilang Bekas Luka


Gunakan Krim Penghilang Bekas Luka

Kini sudah banyak cara instan untuk menghilangkan bekas luka yakni dengan berbagai krim atau salep. Produk penghilang bekas luka telah banyak dijual apotek saat ini. Walaupun harganya cukup mahal dibandingkan bahan-bahan-bahan alami, produk tersebut terbukti ampuh menghilangkan bekas luka.

Itulah 11 tips untuk menghilangkan bekas luka. Satu hal yang perlu ditegaskan adalah kalian tidak akan mendapatkan hasil jika hanya melakukannya satu-dua kali. Diperlukan kesabaran untuk melihat perubahan yang nyata. Selamat mencoba!

You can share this post!

Related Posts