Intip Cara Merawat Lensa Kontak Agar Tetap Steril dan Tak Merusak Mata
Dive In
Lifestyle

Lensa kontak harus tetap dijaga kebersihannya agar tidak merusak mata. Yuk intip dibawah ini cara yang tepat menjaga lensa kontak.

WowKeren - Lensa kontak telah menjadi salah satu pilihan yang populer untuk membantu penglihatan seseorang. Biasanya lensa kontak digunakan untuk mendukung penampilan. Karena kacamata terkadang dianggap menghalangi seseorang tampil maksimal.

Namun, penggunaan lensa kontak sebenarnya cukup beresiko, lho. Kalian harus benar-benar memastikan perawatan kebersihan lensa kontak yang digunakan. Jika asal-asalan, mata kalian bisa jadi korban, nih.

Mau tahu gimana cara yang baik untuk merawat lensa kontak? Simak di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Cuci Terlebih Dahulu Lensa Kontak Sebelum Disimpan


Cuci Terlebih Dahulu Lensa Kontak Sebelum Disimpan

Salah satu hal yang paling disepelekan banyak orang adalah menyimpan lensa kontak setelah menggunakannya. Jadi setelah menggunakan lensa kontak, sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum di rendam ke dalam cairan khususnya. Karena hal tersebut dapat menyebabkan pembiakkan kuman di cairan perendam lensa kontak.

Sebelum menyimpan, cuci terlebih dahulu kontak lensa dengan meletakkannya di telapak tangan. Tapi pastikan tangan kalian terlebih dahulu, ya. Lalu teteskan cairan khusus pada lensa kontak tersebut.

2. Ganti Air Setiap Saat Meski Tidak Digunakan


Ganti Air Setiap Saat Meski Tidak Digunakan

Nah, hal satu ini juga penting, lho buat kebersihan lensa kontak kalian. Meskipun tidak digunakan, sebaiknya cairan khusus perendam lensa kontak tetap diganti. Hal ini berguna untuk menjaga tekstur tipis dan lembut lensa kontak meski tidak digunakan lama.

3. Jangan Gunakan Lensa Kontak Lebih dari Selama 12 Jam


Jangan Gunakan Lensa Kontak Lebih dari Selama 12 Jam

Walaupun berfungsi untuk menunjang penampilan, lensa kontak tidak boleh digunakan lebih dari 12 jam. Waktu yang ideal untuk menggunakan lensa kontak hanya enam hingga delapan jam saja.

Jika lebih dari 12 jam, mata berpotensi kekurangan oksigen. Maka, jika sudah delapan jam, sebaiknya kalian segera melepas lalu mencucinya. Diamkan beberapa saat lalu kalian bisa menggunakannya lagi. Namun, itu jika kalian benar-benar membutuhkan lensa kontak.

4. Gunakan Lensa Kontak Sebelum Make Up


Gunakan Lensa Kontak Sebelum Make Up

Bagi yang baru mencoba menggunakan lensa kontak, mungkin kalian akan kebingungan, mana yang lebih dulu digunakan make up atau lensa kontak? Jawabannya adalah lensa kontak.

Memasang lensa kontak setelah mengaplikasikan make up berpotensi menyebabkan mata kotor karena riasan yang masuk. Jadi tentunya mata akan perih saat lensa kontak dipasang ke mata.

5. Pastikan Tangan Bersih Sebelum Menggunakannya


Pastikan Tangan Bersih Sebelum Menggunakannya

Sebelum memasang lensa kontak, pastikan tangan kalian bersih dari kotoran sedikit pun seperti debu. Karena hal tersebut akan menyebabkan mata merah dan iritasi. Saat menggunakan sabun, kalian juga harus memastikan tidak ada yang tersisa di jari atau pun telapak tangan. Setelah itu, keringkan tangan dengan handuk bersih.

6. Jangan Membersihkan Kotak Lensa Kontak dengan Air Biasa


Jangan Membersihkan Kotak Lensa Kontak dengan Air Biasa

Tak hanya lensa kontak, kotak penyimpanannya pun harus dipastikan kebersihannya. Kalian juga harus rutin membersihkan kotak lensanya. Jangan pernah membersihkan atau membilas kotak kontak lensa dengan air biasa. Mikroorganisme di air bisa menyebabkan infeksi atau bahwa merusak penglihatan.

Sebaiknya bersihkan kotak penyimpanan dengan menggunakan cairan khusus kontak lensa. Selain itu, kalian harus rajin mengganti tempat penyimpanannya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait