6 Tips Merawat Tas Kulit Agar Tetap Awet dan Tidak Berjamur
Lifestyle

Merawat tas mahal seperti yang berbahan kulit tentu tidak boleh sembarangan.

WowKeren - Tas berbahan kulit memang selalu jadi tren yang tidak pernah "mati". Banyak orang pasti menginginkan tas kulit karena dapat membuat kalian tampil lebih trendi di setiap kesempatan.

Namun, perawatan tas kulit tentu tidak mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan agar tas kulit tetap awet dan tidak terserang jamur. Mau tahu? simak ulasannya di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Keluarkan Tas Kulit dari Penyimpanan Secara Rutin


Keluarkan Tas Kulit dari Penyimpanan Secara Rutin

Tas kulit asli pasti memiliki harga yang tinggi. Terkadang banyak orang yang merasa sayang untuk menggunakannya sesering mungkin. Padahal tas kulit yang terlalu lama disimpan dan tidak digunakan dapat cepat mengelupas.

Untuk menghindari hal tersebut, kalian bisa menggunakannya untuk beraktivitas. Selain itu, tas kulit dapat dikeluarkan sekali dalam dua minggu dari dalam tempat penyimpanan. Taruh di tempat dengan suhu normal atau suhu ruangan.

2. Jauhkan Tas Kulit dari Matahari Langsung


Jauhkan Tas Kulit dari Matahari Langsung

Sinar matahari merupakan hal yang harus di perhatikan. Panas matahari dapat membuat warna tas kulit menjadi pudar. Selain itu, teksturnya akan lebih mudah retak. Sama seperti kulit yang dibiarkan terkena paparan matahari terlalu lama.

Sebaiknya, simpan tas kulit di tempat yang sejuk dan kering. Jangan simpan di lemari kayu yang lembap karena akan membuat tas lebih cepat rusak. Selain itu, kayu juga berpotensi menghadirkan hewan-hewan yang dapat merusak.

3. Isi Tas dengan Sesuatu Saat Disimpan


Isi Tas dengan Sesuatu Saat Disimpan

Saat menyimpan tas kulit, sebaiknya kalian memasukkan sesuatu ke untuk mengisinya. Hal tersebut akan membuat tas tidak kempis saat disimpan sama seperti ketika masih berada di etalase toko.

4. Hindari Kontak Tak Kulit dengan Plastik


Hindari Kontak Tak Kulit dengan Plastik

Selain sinar matahari, plastik juga harus dihindari. Jangan biarkan tas kulit menempel dengan bahan plastik atau bahan kulit imitasi. Pasalnya, plastik dapat menyerap bahan pencelup warna pada bahan kulit sehingga dapat muncul noda yang terlihat seperti jamur.

5. Jangan Menumpuk Tas Kulit saat Penyimpanan


Jangan Menumpuk Tas Kulit saat Penyimpanan

Untuk cara penyimpanan tas kulit, sebaiknya jangan ditumpuk. Sebab, tekstur dan bentuk tas kulit bisa rusak apalagi jika barang diatasnya lebih berat. Tas kulit juga memerlukan ruang untuk dapat bernapas. Pori-pori kulit akan tertutup dan tas kulit tidak bisa bernapas lega. Hal tersebut membuat tas menjadi lembap dan memicu pertumbuhan jamur.

Kalian bisa menaruh tas dengan posisi berdiri di lemari dan jejerkan dengan yang lain. Selain itu, penggunaan dustbag agar lebih awet dan tidak berjamur.

6. Jangan Gunakan Air untuk Membersihkan Noda Minyak


Jangan Gunakan Air untuk Membersihkan Noda Minyak

Salah satu penyebab tas kulit rusak dan cepat memudar warnanya adalah air. Jika tas kalian terkena air hujan atau minuman, segera keringkan dengan menggunakan lap kering. Hindari menggosok tas kulit, lebih baik jika kalian menepuk-nepuknya pelan.

Untuk membersihkan noda yang sulit dibersihkan seperti minyak, jangan pernah menggunakan air. Hal tersebut hanya akan merusak serat kulit saat noda minyak menempel. Kulit juga akan mudah terkelupas.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait