Singkong Jadi Makanan Pokok Beberapa Daerah Indonesia
Lifestyle

Karbohidrat tidak hanya didapatkan dari nasi. Banyak makanan lain yang memiliki kandungan tersebut bahkan lebih sehat, lho. Mau tahu?

WowKeren - Mungkin kalian sudah mengetahui bahwa singkong merupakan makanan pokok beberapa daerah di Indonesia. Di daerah Cireundeu, Cimahi, Jawa Barat mengenal olahan bahan tersebut yang disebut nasi singkong sebagai makanan pokok. Bahkan mereka memiliki beras singkong yang disebut dengan rasi. layaknya nasi putih biasa, mereka mengkonsumsi singkong bersama lauk pauk dan sayuran.

Mengapa singkong cocok untuk menggantikan nasi? Singkong memiliki kandungan karbohidrat komplek yang tinggi dan Indeks Glikemik yang rendah. Itu sebabnya makanan ini cocok bagi kalian yang sedang menjalani diet. Singkong juga tidak memiliki gluten sehingga aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Selain itu, zat saponin yang terkandung di dalamnya berguna untuk meredakan peradangan.

Namun untuk mengkonsumsi singkong sebaiknya kalian berhati-hati lantaran makanan ini mengandung zat kimia glikosida sianogen yang dapat melepaskan sianida dalam tubuh. Kalian cukup membersihkannya dengan benar sebelum dikonsumsi.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru