Penting untuk Penurunan Berat Badan, Ini Waktu yang Tepat untuk Sarapan
Metro Diner
Health

Waktu yang tepat untuk sarapan ternyata sama pentingnya dengan apa yang kita makan. Jadi kapan sebenarnya kamu harus memakan sarapanmu?

WowKeren - Sarapan menjadi salah satu kegiatan penting yang wajib dilakukan. Tak heran karena sarapanlah yang menentukan jalannya kondisi tubuhmu selama seharian beraktivitas. Lebih dari itu, kapan saat yang tepat untuk kita sarapan juga sama pentingnya dengan apa yang kita makan. Nah, pernah tidak selama ini kamu berpikir mengenai kapan saat yang tepat untuk mengonsumsi makanan pertamamu setelah bangun tidur?

Dilansir dari Womenshealthmag, seorang ahli gizi, Theresa Shank, mengatakan bahwa sarapan yang tepat dilakukan 2 jam setelah bangun tidur. Dengan begitu, gula darah dalam tubuh akan tetap stabil sepanjang hari. Perlu diketahui bahwa jika gula darah tidak stabil, hal itu dapat menyebabkan rasa lapar berlebihan sehingga menyebabkan kenaikan berat badan dan penyakit lainnya.

"Waktu yang tepat untuk makan sama pentingnya dengan apa yang kamu makan," ungkap Theresa. "Makan berselang 2 jam setelah bangun tidur akan mengatur nafsu makan yang sehat dan gula darah stabil sepanjang hari.".

Sarapan yang tepat, menurut penjelasan Theresa juga mampu memperlancar metabolisme dalam tubuh. "Begitu kita bangun, tubuh kita butuh untuk segera pulih dari fase berpuasa saat tidur," sambung Theresa.


Sarapan 2 jam setelah bangun tidur berlaku untuk semua orang. Akan tetapi, jika kamu menderita diabetes, kamu bisa mempercepat jeda sarapan tersebut menjadi 1 jam setelah bangun tidur.

Pertimbangan juga harus dilakukan jika kamu berencana untuk berolahraga di pagi hari. Ada beberapa orang yang merasa tak bisa berolahraga dengan perut kosong. Sementara itu, beberapa yang lain mengaku pusing dan mual jika olahraga seusai makan. Meskipun demikian, Theresa mengatakan bahwa sebenarnya bagus untuk makan selama 1 atau 2 jam sebelum atau sesudah olahraga.

Melewatkan sarapan bisa berarti "bencana" untuk kesehatan tubuhmu. Penyakit seperti turunnya kadar gula hingga diabetes dan penurunan metabolisme akan mengincarmu. Tak harus dilakukan dengan makanan yang berat, sarapan bisa dilakukan dengan makanan-makanan yang ringan saja.

Untuk segera memenuhi kebutuhan sarapanmu, kamu bisa meminum segelas air ketika bangun tidur untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi. Setelah itu, kamu bisa memilih sarapan dengan makanan-makanan ringan seperti Greek yogurt, telur rebus, atau beberapa potong buah.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru