7 Bahan Alami yang Ampuh Menyembuhkan Cacingan
Health

Meski umumnya diderita anak-anak, namun cacingan juga dapat terjadi pada orang dewasa. Cari tahu cara mengatasinya, yuk.

WowKeren - Cacingan merupakan salah satu penyakit yang umum dialami oleh anak kecil. Penyakit ini mengacu pada kondisi di mana spesies cacing menembus kulit dan masuk ke dalam tubuh. Anak kecil banyak terkena penyakit ini biasanya karena belum bisa menjaga kebersihan diri sendiri. Namun, tidak dipungkiri bahwa orang dewasa juga dapat mengalami cacingan.

Penyakit satu ini dapat dikenal dari beberapa gejala yang jelas seperti kurus namun perut agak buncit, berat badan tidak baik meski nafsu makan normal, biasanya pada anak-anak sering gelisah di malam hari dan menggaruk pantat karena gatal pada bagian anus. Selain itu, diare, gangguan lambung, atau sulit buang air besar bisa jadi tanda-tanda cacing di tubuh kalian.

Untuk mencegah cacingan, terdapat 7 bahan alami yang terbukti ampuh. Bahan-bahan tersebut juga telah digunakan sejak zaman lalu saat belum ada banyak obat kimia di apotek. Simak artikel di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Bawang Putih dapat Menyembuhkan Cacingan


Bawang Putih dapat Menyembuhkan Cacingan

Bumbu dapur yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan adalah bawang putih. Salah satu manfaatnya yang tidak banyak diketahui orang adalah mengatasi cacingan. Kandungan asam amino yang mengandung berelah di dalamnya bersifat anti-parasit. Hal tersebut efektif membunuih mikroba di dalam tubuh.

Bagi orang dewasa, kalian bisa langsung mengonsumsi dua hingga tiga siung bawang putih saat perut kosong setiap harinya. Lakukan secara rutin selama satu minggu. Namun, hal tersebut mungkin sulit untuk anak-anak, para ibu bisa mengiris bawang putih dan di masukkan ke dalam susu atau minuman.

Cara yang lebih mudah lagi yakni dengan menghaluskan bawang tersebut lalu campurkan dengan minyak esensial. Setelah membentuk seperti pasta, oleskan pada anus dengan menggunakan kapas.

2. Manfaat Wortel untuk Penderita Cacingan


Manfaat Wortel untuk Penderita Cacingan

Wortel dikenal sebagai sayuran yang baik untuk mata karena kandungan vitamin A yang tinggi. Rupanya vitamin A juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan parasit seperti cacing. Serat yang ada pada makanan ini juga dapat mendorong sistem pencernaan agar bisa berfungsi dengan baik.

Jus wortel bisa jadi olahan yang tepat untuk mengobati cacingan. Selain itu, kalian bisa membuat sup wortel untuk sarapan di pagi hari. Cara ini dapat digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa yang sedang terjangkit cacingan.

3. Basmi Cacing di Perut dengan Kulit Mangga


Basmi Cacing di Perut dengan Kulit Mangga

Mangga merupakan buah tropis yang jadi favorit sebagian orang. Biasanya saat mengonsumsi mangga, bagian kulit pasti akan dibuang. Namun, ternyata kulit buah ini dapat mengobati cacingan, lho.

Kulit mengga memiliki kandungan AHA yang biasanya ditemukan pada produk kecantikan. Kandungan tersebut bersifat antelmintik yang dapat membunuh kuman berbahaya dalam tubuh.

Penggunaan kulit mangga hanya dengan merebus kulitnya selama sekitar 15 menit. Namun sebelumnya pastikan kulit tersebut bersih, ya. Minum air rebusannya secara rutin setiap hari hingga cacing keluar dari dalam tubuh.

4. Biji Pepaya Matang Ampuh untuk Menghilangkan Cacingan


Biji Pepaya Matang Ampuh untuk Menghilangkan Cacingan

Selain kulit mangga, bagian buah yang sering dibuang namun rupanya memiliki manfaat besar adalah biji pepaya matang. Kandungan di dalamnya seperti carpaine, hentriacontane, caricin, benzylisothiocyanate, benzylthiourea, benzylglucosinolate, sitosterol dan glucotropacolin merupakan bahan penting untuk membunuh parasit yang menyebabkan cacingan. Peradangan yang disebabkan oleh perkembangan cacing dan telurnya juga dapat sembuh.

Keringkan terlebih dahulu biji pepaya untuk memanfaatkannya menjadi obat cacing. Lalu haluskan dan campur dengan susu atau air hangat. Minum di pagi hari selagi perut masih kosong.

5. Atasi Cacingan dengan Biji Labu


Atasi Cacingan dengan Biji Labu

Biji labu mengandung senyawa cucurbitacin dan histidin yang sangat baik untuk membunuh cacing. Senyawa tersebut akan melemahkan cacing dan semua induk cacing yang ada dalam usus. Kemudian cacing akan mati dan telur tidak akan berkembang. Bahan alami satu ini sangat disarankan karena jarang menyebabkan kambuhnya penyakit pada anak dan orang dewasa.

Untuk menggunakannya, cukup lumatkan dua sendok biji labu yang telah dikupas di dalam tiga gelas air mendidih. Minumlah jus biji labu tersebut dalam suhu normal.

6. Jus Pare Sebagai Obat Alami Mengatasi Cacingan


Jus Pare Sebagai Obat Alami Mengatasi Cacingan

Banyak orang yang tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit. Namun, makanan satu ini dapat membunuh cacing di dalam perut karena mengandung racun alami yang tidak berbahaya. Rasa pahit itulah yang membantu mencegah pertumbuhan cacing dan telur.

Cara membuatnya mudah. Kalian bisa mengolahnya menjadi jus. Jika tidak tahan dengan rasa pahitnya, kalian dapat menambahkan bahan alami lainnya seperti madu dan gula aren.

7. Konsumsi Teh Cengkeh untuk Obati Cacingan


Konsumsi Teh Cengkeh untuk Obati Cacingan

Bahan alami selanjutnya adalah cengkeh. Bumbu dapur satu ini mampu mengeluarkan semua telur dari tubuh cacing. Untuk obat cacingan, biasanya cengkeh digunakan pada orang dewasa. Namun, anak-anak juga dapat mengonsumsinya dengan jumlah terbatas.

Obat ini diperoleh mencampurkan biji cengkeh dengan air panas. Kemudian diamkan hingga suhu air mengjadi hangat dan saring. Minum air tersebut saat masih hangat. Jika terasa pahit, kalian bisa menambahkan madu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru