8 Tips untuk Menghilangkan Stretch Mark dengan Cepat
Adobestock
Lifestyle

Stretch mark terkadang membuat kita tidak percaya diri. Yuk hilangkan dengan berbagai tips ini.

WowKeren - Stretch mark adalah guratan yang sering muncul pada bagian kulit karena perubahan hormonal atau peregangan berlebihan. Mulanya stretch mark muncul berwarna merah keunguan, lalu secara bertahap semakin mengkilap dan berwarna putih seperti mutiara atau berwarna daging. Biasanya kondisi ini muncul di payudara, perut atas, lengan atas, pantat dan paha.

Tidak semua orang dapat mengalami stretch mark . Kondisi tersebut terdapat pada orang mengandung sedikit kolagen atau protein pada kulitnya. Sehingga membuat kulit lebih lentur. Saat kulit meregang dengan cepat akibat anggota tubuh mengembang atau pertambahan berat badan, lapisan kulit akan menipis sehingga lapisan bawahnya muncul ke permukaan.

Berikut terdapat 8 cara untuk menghilangkan stretch mark yang terkadang membuat kalian tidak percaya diri. Mulai dari bahan alami hingga yang krim lotion. Simak ulasannya di bawah ini.

(wk/nris)

1. Scrub Gula Pasir dapat Mengatasi Stretch Mark


Scrub Gula Pasir dapat Mengatasi Stretch Mark

Eksfolitasi merupakan hal yang diperlukan untuk menghilangkan stretch mark. Gula merupakan scrub alami yang dapat berguna untuk pengeksfoliasi alami. Bahan ini dapat mengelupas sel kulit mati dan meremajakan kulit. Hal ini tentunya ampuh menghilangkan stretch mark.

Cara membuatnya, cukup campurkan gula pasir dengan madu sedikit madu. Atau kalian dapat menggunakan perasan air lemon sebagai pengganti madu. Aduk rata bahan-bahan tersebut kemudian gunakan langsung ke bagian kulit yang terkena stretch mark. Gosok dan pijat secara perlahan untuk menghindari luka.

2. Atasi Stretch Mark dengan Lidah Buaya


Atasi Stretch Mark dengan Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya yang digunakan untuk menghilangkan stretch mark adalah lidah buaya. Tumbuhan satu ini memang dikenal untuk menenangkan dan menyembuhkan kulit. Banyak orang yang menggunakannya untuk mengobati luka bakar akibat sengatan matahari.

Untuk pengobatan ini, kalian sebaiknya menggunakan tanaman asli lidah buaya. Bukan ekstrak yang sudah dicampur dengan bahan kimia. Oleskan gel lidah buaya yang telah diambil pada area stretch mark. Diamkan lalu bilas dengan air hangat.

3. Sari di Dalam Kentang Dapat Menghilangkan Stretch Mark


Sari di Dalam Kentang Dapat Menghilangkan Stretch Mark

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kentang mengandung "sari" yang dikeluarkan setelah dipotong. Sari tersebut memiliki vitamin dan mineral penting untuk membantu memulihkan dan memacu pertumbuhan sel kulit. Maka pengguna ampuh untuk mengatasi stretch mark.

Sama seperti sebelumnya, kalian cukup menggosokkan kentang yang sebelumnya telah diiris tebal ke bagian stretch mark. Pastikan sari tersebut melapisi bagiannya. Kemudian diamkan hingga mengering dan bilas bersih menggunakan air hangat.

4. Selain untuk Wajah, Putih Telur Membantu Atasi Stretch Mark


Selain untuk Wajah, Putih Telur Membantu Atasi Stretch Mark

Guratan-guratan pada kulit dapat kalian singkirkan dengan memakai masker putih telur. Kandungan asam amino dan protein di dalamnya dapat memperbaiki kulit. Putih telur dianggap sebagai lotion alami.

Banyak orang yang enggan menggunakan putih telur karena bau amis yang dikeluarkan. Untuk mengatasi hal tersebut kalian dapat meneteskan sedikit perasan jeruk nipis atau lemon. Kemudian kocok putih telur hingga membentuk busa halus dan oleskan pada permukaan stretch mark menggunakan kuas. Setelah didiamkan hingga mengering bilas dengan air dingin.

5. Hilangkan Stretch Mark dengan Perasan Sari Lemon


Hilangkan Stretch Mark dengan Perasan Sari Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat membuat kulit lembap dan elastis. Buah satu ini sering digunakan sebagai bahan pemutih alami. Karena alasan itu juga, perasan lemon dapat membantu memudarkan gurat peregangan dengan lebih cepat.

Penggunaannya hanya dengan mengoleskan perasan lemon ke area stretch mark. Sembari mengoleskan sebaiknya pijat dengan lembut. Jangan lupa lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Cocoa Butter Ampuh Mengatasi Stretch Mark


Cocoa Butter Ampuh Mengatasi Stretch Mark

Cocoa butter adalah sejenis lemak yang berasal dari pohon kakao. Produk ini dapat menghidrasi dan meningkatkan regenerasi serta kehalusan kulit dengan sangat baik. Jika kalian rajin menggunakannya beberapa kali dalam sehari, stretch mark akan dapat segera memudar.

7. Rajin Menggunakan Lotion dapat Mengatasi Stretch Mark


Rajin Menggunakan Lotion dapat Mengatasi Stretch Mark

Menggunakan bahan alami tentunya membutuhkan waktu untuk mengolahnya terlebih dahulu. Lotion yang banyak dijual di pasaran mungkin bisa jadi alternatif ampuh buat kalian yang ingin cara lebih mudah.

Lotion sendiri memiliki banyak jenis. Pastikan produk yang kalian gunakan punya manfaat untuk menyamarkan stretch mark atau bekas luka. Banyak produk yang memiliki bahan dasar lidah buaya atau cocoa butter yang tentunya cocok untuk mengatasi stretch mark.

Dengan menggunakan lotion secara rutin setiap hari akan membuat kulit semakin kenyal dan juga mendorong perbaikan kulit yang signifikan. Stretch mark di kulit akan memudar secara perlahan hingga menghilang.

8. Oleskan Krim Tretinoin atau Retinoid untuk Bantu Samarkan Stretch Mark


Oleskan Krim Tretinoin atau Retinoid untuk Bantu Samarkan Stretch Mark

Krim tretinoin adalah jenis krim yang dapat membantu mengembalikan kandungan kolagen dalam kulit. Krim ini biasanya juga disebut dengan krim retinoid. Meskipun stretch mark tidak dapat hilang sepenuhnya, krim satu ini ampuh memperbaiki tampilannya.

Karena produk kimia, krim ini terkadang dapat membuat kulit iritasi. Untuk ibu hamil atau menyusui, sebaiknya hindari penggunaan krim seperti ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru