Dari Indomie Hingga Bakpao, Ini 8 Makanan Olahan Telur Asin yang Hits Banget
rotinrice.com
Kuliner

Makanan dengan varian telur asin memang kini tengah hits. Kalian sudah pernah mencoba 8 makanan ini?

WowKeren - Telur asin merupakan salah satu makanan yang digemari sebagian masyarakat Indonesia. Bagi yang belum mengetahui, telur asin merupakan telur bebek yang dibungkus menggunakan tanah dan didiamkan selama 14 hari. Sebelumnya, tanah tersebut telah ditaburi dengan garam.

Dengan berbagai ide kreatif dari produsen makanan, telur asin menjadi bahan olahan yang hits sekitar 2017 lalu hingga saat ini. Berbagai makanan dari mulai makanan ringan hingga berat divariasikan dengan campuran saus telur asin yang menggugah selera.

Berikut 8 makanan olahan telur asin yang hits banget di Indonesia. Simak ulasannya di bawah ini, yuk.

(wk/nris)

1. Ayam Telur Asin dalam Bentuk Box


Ayam Telur Asin dalam Bentuk Box
Instagram/salt_inc

Saat olahan telur asin jadi hits, banyak produsen makanan yang membuat usaha via online berupa nasi ayam telur asin yang dikemas dalam kotak. Olahan satu ini yakni ayam goreng yang kemudian dilumuri dengan saus telur asin. Biasanya di olahan ini dimakan dengan tambahan telur mata sapi yang setengah matang atau sesuai selera.

Ayam telur asin pun memiliki variasi yang beragam. Ada yang dimakan dengan sambal super pedas atau diberi tambahan keju mozzarella yang kini juga lagi hits banget. Untuk mencoba ayam telur asin, kalian bisa membuka aplikasi Go-Food untuk memesannya karena sudah banyak produsen makanan yang menghadirkan menu tersebut.

2. Indomie Telur Asin Jadi Varian Baru yang Hits


Indomie Telur Asin Jadi Varian Baru yang Hits
Instagram/jakartarandomeats

Indomie rupanya tak mau kalah dari produsen makanan lain. Mereka kini juga mengeluarkan varian rasa terbaru yakni Mi Goreng Keriting Telur Asin. Berbeda dari biasanya, varian baru dari indomie ini diberi label Premium Collection dengan harga yang lebih mahal dari biasanya. Namun, tetap ramah di kantong, kok. Hanya sekitar Rp. 4 ribu.

Varian ini pun langsung diburu oleh para pecinta telur asin. Padahal saat itu untuk membelinya harus lewat online, lho. Tapi tenang saja, kini sudah hadir di pasaran. Kemasannya berwarna kuning terang khas telur asin. Di dalamnya kalian akan mendapat dua bungkus bumbu saja. Mengenai rasa tidak perlu khawatir, Indomie tidak pernah mengecewakan pelanggannya.

3. Croissant Telur Asin yang Mulanya Terkenal di Singapura


Croissant Telur Asin yang Mulanya Terkenal di Singapura
anakjajan.com

Tidak hanya makanan berat, tetapi roti pun juga ada yang dikombinasikan dengan telur asin, lho seperti croissant satu ini. Mulanya Salted Egg Yolk Lava Croissant ini terkenal di Singapura, namun kini banyak restoran maupun toko pastry di Indonesia yang menghadirkan menu ini.

Salah satunya adalah restoran milik Chef Arnold Poernomo, Nomz. Restoran ini disebut sebagai yang pertama kali menghadirkan menu Salted Egg Yolk Lava Croissant. Saus telur asin yang meleleh di dalamnya cocok banget dimakan bersama renyahnya adonan croissant.

4. Irvin's Salted Egg Milik Orang Indonesia di Singapura


Irvin's Salted Egg Milik Orang Indonesia di Singapura

Irvin's Salted Egg merupakan salah satu nama merek camilan ternama asal Singapura yang kemudian juga hits di Indonesia. Merek camilan ini menghadirkan keripik kulit ikan dori dan kentang dengan saus telur asin. Saking hitsnya camilan satu ini, pembeli harus mengantri lama untuk dapat menikmatinya. Bahkan setiap orang dibatasi, lho jumlah pembeliannya.

Rupanya, pendiri Irvin's Salted Egg ini merupakan kakak beradik yang berasal dari Indonesia yakni Ivan, Ircahn dan Irvin Gunawan. Untuk harga, camilan ini dapat terbilang cukup mahal mancapai ratusan ribu rupiah. Namun, penikmatnya telah membuktikan bahwa harganya sebanding dengan rasa yang mereka nikmati.

5. Chitato Fried Crab Golden Egg Yolk yang Tak Kalah Enak


Chitato Fried Crab Golden Egg Yolk yang Tak Kalah Enak

Camilan selanjutnya yang mengusung tema telur asin adahan Chitato dengan nama Fried Crab Golden Egg Yolk. Varian ini dirilis bersama dua lainnya yang tak kalah unik yakni Beef Rendang dan Mango Sticky Rice.

Chitato rupanya tidak main-main dalam mengeluarkan varian ini. Rasanya telur asin yang melapisi keripik kentangnya sangat terasa. Bahkan aromanya juga telur asin banget,lho. Harganya enggak mahal-malah banget kok, cuman Rp. 12 ribu kalian sudah dapat menikmati olahan telur asin yang nikmat.

6. Varian Bakpao dengan Telur Asin yang Meleleh


Varian Bakpao dengan Telur Asin yang Meleleh

Bakpao adalah makanan khas Tiongkok yang juga digemari oleh penduduk seluruh nusantara. Berada di mana pun di Tanah Air, kalian dapat menemukan makanan ini. Bakpao berupa adonan roti lembut dengan isian di dalamnya. Biasanya isian tersebut berupa kacang hijau, cokelat, kacang tanah, daging ayam, stroberi dan lainnya.

Dengan populernya olahan telur asin, rupanya produsen bakpao juga mencoba mengaplikasikannya dalam makanan satu ini. Banyak restoran khas Tiongkok ternama seperti The Duck King, Imperial Kitchen & Dimsum, Paradise Dynasty menghadirkan varian ini di menu mereka.

7. Ceker Ayam Telur Asin dari Aleldul Snack


Ceker Ayam Telur Asin dari Aleldul Snack

Seperti diketahui, banyak selebriti Indonesia yang kini membuka bisnis makanan. Mulai dari camilan, kue hingga tempat makan. Nah, tiga bersaudara Al Ghazali, El Rumi dan Dul Jaelani juga ikut membuka usaha serupa berupa camilan dengan saus telur asin yang lagi hits banget.

Aleldul Snack menghadirkan tiga varian berupa Ceker Ayam Telur Asin, Kulit Ayam Telur Asin dan Keripik Singkong Telur Asin. Camilan ini dipatok dengan harga Rp. 50 ribu hingga Rp 75 ribu. Kalian bisa langsung memesan di agen-agen yang tersedia di masing-masing kota.

8. Jajanan Tradisional, Onde-Onde Telur Asin


Jajanan Tradisional, Onde-Onde Telur Asin

Onde-onde adalah makanan tradisional yang banyak dijual di pasaran. Jajanan ini berbentuk bulat dengan taburan biji wijen di bagian luar. Sementara bagian dalamnya, onde-onde diisi dengan kacang hijau. Teksturnya yang kenyal dan unik menjadikan jajanan ini jadi favorit banyak orang.

Rupanya, jajanan tradisional pun tak lepas dari demam telur asin. Kini banyak dijual onde-onde dengan isian saus telur asin yang meleleh dan tentunya memanjakan lidah kalian. Apakah kalian tertarik mencobanya?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait