10 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Wajah dan Rambut
Shutterstock
Lifestyle

Air beras rupanya memiliki banyak manfaat untuk wajah dan rambut, lho. Apa saja ya? Simak di sini, yuk.

WowKeren - Air cucian beras dikenal memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita. Biasanya air sisa cucian beras ini digunakan untuk menyiram tanaman agar subur dan kuat.

Sisa cucian beras ini rupanya juga berguna dalam kecantikan wajah dan rambut, lho. Air cucian beras memiliki kandungan seperti asam amino, vitamin B, vitamin E, mineral dan antoksidan yang baik untuk tubuh. Jadi, kalian jangan buru-buru membuang air sisa cucian beras, ya.

Berikut terdapat 10 manfaat air beras untuk kulit wajah dan rambut. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Air Beras Dimanfaatkan Sebagai Pembersih Wajah dan Toner


Air Beras Dimanfaatkan Sebagai Pembersih Wajah dan Toner

Sebelumnya telah disebutkan bahwa air beras memiliki banyak kandungan yang baik untuk kulit wajah. Maka, kalian dapat menggunakannya sebagai pembersih wajah maupun toner, lho.

Untuk pembuatannya cukup mudah. Kalian hanya perlu mencuci beras dari debu dan kotoran, kemudian buang air cucian yang pertama. Setelah itu, tambahkan air besih dan rendam kira-kira selama 30 menit agar nutrisi beras mengalir ke dalam air. Kemudian saring kembali untuk memastikan tidak ada kotoran dan air beras siap untuk digunakan.

Kalian dapat menyimpan air beras di dalam wadah atau botol tertutup. Jangan lupa letakkan ke dalam kulkas agar lebih tahan lama. Air dalam wadah ini, dapat kalian memanfaatkan sebagai toner. Caranya masih sama dengan penggunaan toner pada umumnya, kalian cukup mengambil air beras dengan kapas, lalu usapkan ke wajah.

2. Mencerahkan Kulit dengan Air Cucian Beras


Mencerahkan Kulit dengan Air Cucian Beras

Penggunaan air beras untuk mencuci wajah dan toner memberikan manfaat untuk kulit. Salah satunya adalah untuk mencerahkan kulit wajah. Kalian enggak perlu repot-repot membeli krim wajah, nih.

Selain sebagai pembersih wajah, efek pemutih alami dapat dirasakan dengan menjadikan air beras sebagai scrub. Caranya yakni dengan mendiamkan semalaman air cucian tersebut dalam wadah tertutup. Tepung dalam air beras akan mengendap di bawah. Tepung endapan tersebut lah yang akan kalian gunakan sebagai scrub wajah.

3. Mengobati Jerawat Menggunakan Air Beras


Mengobati Jerawat Menggunakan Air Beras

Air beras mengandung allatoin di dalamnya. Kandungan tersebut dapat berfungsi untuk menenangkan kulit yang mengalami iritasi termasuk mengobati jerawat. Selain itu, air cucian beras bertindak sebagai astringent di kulit yang berfungsi untuk mengencangkan pori sehingga kemungkinan timbulnya jerawat akan semakin kecil.

4. Manfaat Air Beras untuk Memudarkan Flek hitam


Manfaat Air Beras untuk Memudarkan Flek hitam

Menggunakan scrub dari endapat air beras juga bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Kulit mati akan terangkat seiring dengan penggunaannya sehingga wajah lebih cerah. Flek hitam juga akan memudar dan semakin lama akan hilang. Gunakan cara ini secara rutin agar cepat mendapatkan hasil yang maksimal, ya.

5. Air Beras Dapat Mengontrol Minyak Wajah


Air Beras Dapat Mengontrol Minyak Wajah

Air beras seperti diketahui berguna untuk mengecilkan pori-pori. Dengan begitu, ia dapat mengontrol kelebihan minyak pada wajah. Manfaat ini tak kalah ampuh dari pembersih wajah lainnya.

Kalian hanya cukup menyisihkan air cucian beras untuk dimasak, kok. Setelah mencuci wajah dengan sabun yang biasa digunakan, lalu basuh kembali dengan air cucian beras. Diamkan air tersebut selama kurang lebih 5 menit kemudian bilas dengan air bersih.

6. Menenangkan Kulit Wajah yang Terbakar Matahari


Menenangkan Kulit Wajah yang Terbakar Matahari

Bagi kalian yang mengalami kulit terbakar setelah bermain seharian di pantai, air cucian beras bisa jadi solusi yang tepat. Air beras berguna untuk mendinginkan peradangan dan kulit yang terbakar sinar matahari. Kandungan di dalamnya membantu menyembuhkan kerusakan pada jaringan kulit yang lebih parah.

7. Air Beras Beguna untuk Memperbaiki Rambut Rusak


Air Beras Beguna untuk Memperbaiki Rambut Rusak

Tidak hanya untuk wajah, air beras terbukti ampuh digunakan untuk memperbaiki kerusakan rambut. Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan inositol yang ditemukan dalam air beras dapat menembus ke dalam rambut yang rusak dan memperbaikinya dari dalam. Bahkan kandungan ini membantu melindungi rambut dari kerusakan di masa depan.

Untuk menggunakan air beras, kalian perlu mencucinya hingga bersih dari kotoran dan debu. Kemudian rendam beras yang telah bersih dengan air selama 30 menit. Gunakan air tersebut untuk mencuci rambut. Diamkan selama 20 menit dan bilah rambut hingga bersih.

8. Mengatasi Ketombe dengan Kandungan Dalam Air Beras


Mengatasi Ketombe dengan Kandungan Dalam Air Beras

Air beras rupanya juga dapat berfungsi untuk menyeimbangkan pH di kulit kepala. Hal ini sangat baik untuk mencegah dan mengatasi ketombe yang mengganggu. Sama seperti sebelumnya, kalian cukup membasuh rambut menggunakan air cucian beras.

9. Basmi Kutu dan Telurnya dengan Air Beras


Basmi Kutu dan Telurnya dengan Air Beras

Salah satu manfaat air beras dalam mengatasi masalah rambut adalah membunuh kutu sekaligus telurnya. Caranya yakni dengan membilas rambut menggunakan air beras dan bungkus kepala menggunakan air bersih atau shower cap Diamkan selama satu jam sebelum mencucinya menggunakan air bersih.

10. Air Beras Berguna untuk Menyuburkan Rambut


Air Beras Berguna untuk Menyuburkan Rambut

Bagi yang ingin berhemat, kalian dapat menggunakan air beras sebagai pengganti conditioner, lho. Air beras dianggap sebagai conditioner alami yang sangat baik, ramah lingkungan dan tentunya memiliki mnfaat besar untu rambut. Air beras dapat membuat rambut lebih subur dan tumbuh sehat.

Kalian hanya perlu mencampur air beras dengan minyak esensial. Kemudian aplikasikan pada rambut setelah keramas. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait