Viral Karena Keluarkan Suara Terompet, Dokter Beri Penjelasan Soal Bocah Bandung yang Telan Peluit
Instagram
SerbaSerbi

Beruntung, peluit yang bersarang di tubuh bocah bernama Asep Yaya ini disebut sudah berhasil dikeluarkan.

WowKeren - Bocah asal Bandung, Jawa Barat bernama Asep Yaya mendadak viral. Tak sengaja menelan peluit, ia jadi mengeluarkan suara bak terompet saat menarik napas. Sang ayah mengaku tak memiliki biaya untuk membawa anaknya itu berobat di rumah sakit besar.

Beruntung, Asep kini telah dibawa ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Tim dokter RSHS juga menyatakan bahwa mereka sudah berhasil mengeluarkan peluit yang tak sengaja ditelan Asep. Untuk menangani Asep, tim dokter menggunakan teknik endoskopi atau alat khusus yang dimasukkan melalui saluran tenggorokan.

"Jadi hari ini sudah dilakukan tindakan dan peluitnya berhasil dikeluarkan. Kelihatannya setengah jam (proses) pengangkatan," ujar Kepala KSM Ilmu Kesehatan THT-KL RSHS Bandung, Lina Lasminingrum seperti dilansir Detik pada Kamis (20/12). "Itu (peluit) bukan ketelan, tapi tersedak. Kalau menelan, enggak bunyi (peluitnya)."


Sempat tak terlihat saat dilakukan rotgen, tim dokter mengetahui keberadaan peluit di tubuh Asep melalui bunyi yang keluar saat ia bernapas. "Memang tidak terlihat dalam rontgen karena plastik. Untungnya peluit, ada bunyinya, bunyinya sendiri memberikan arahan pada kita posisinya di mana. Baru kita ambil pakai endoskopi," sambung Lina.

Dokter menjelaskan bahwa peluit yang tak sengaja ditelan Asep berbahan plastik. Peluit hiasan sepatu tersebut memiliki ukuran 2 sentimeter dan berada pada kedalaman 18 sentimeter. Diketahui, peluit tersebut ternyata sudah bersarang selama dua bulan di dalam saluran pernapasan Asep. Kini, Asep hanya butuh diobservasi lebih lanjut dan diperkirakan bisa pulang pada Jumat (21/12) esok hari.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru