Ini 8 Gejala Awal Kanker Paru-Paru yang Harus Diwaspadai, Non Perokok Juga Beresiko
Health

Di Indonesia terdapat 25.322 kasus kanker paru-paru yang menimpa pria dan 9.374 kasus yang menimpa wanita.

WowKeren - Kanker paru-paru merupakan penyakit ganas yang menyebabkan kematian. Penyakit ini merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia sekitar 1.560.000 orang di seluruh dunia meninggal karena kanker paru-paru setiap tahunnya. Mengerikan, bukan?

Menurut data dari Globocan atau International Agency for Research on Cancer (IARC) pada 2012, di Indonesia terdapat 25.322 kasus kanker paru-paru yang menimpa pria dan 9.374 kasus yang menimpa wanita. Angka terjadinya kanker paru-paru cukup rendah pada usia di bawah 40 tahun dan semakin meningkat hingga usia 70 tahun.


Mungkin kalian sudah mengetahui bahwa merokok bisa menjadi penyebab utama terjadinya kanker paru-paru. Sekitar 85 persen kanker paru-paru dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Meski begitu, orang yang tidak merokok juga beresiko terkena kanker paru-paru.

Agar lebih waspada, yuk kenali apa aja gejala awal kanker paru-paru. Simak di sini, ya.

(wk/nris)

1. Batuk Terus Menerus yang Sulit Sembuh


Batuk Terus Menerus yang Sulit Sembuh

Batuk mungkin adalah hal wajar. Biasanya hal ini terjadi akibat flu atau iritasi pernapasan. Namun, bagaimana jika batu menjadi tanda adanya kanker paru-paru? Jika batuk tidak bisa berhenti dalam waktu lebih dari dua minggu lah yang perlu kalian khawatirkan. Apalagi jika demam sudah hilang, namun batuk tidak membaik, kalian wajib memeriksakannya ke dokter.

Minta dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti rontgen dada. Batuk merupakan tanda-tanda yang sering disepelekan. Jadi kalian harus tetap waspada, ya. Lebih baik mengetahui penyakit tersebut saat masih tahap awal, kan?

2. Sesak Napas Meski Beraktivitas Ringan


Sesak Napas Meski Beraktivitas Ringan

Gejala adanya kanker paru-paru yang kedua adalah sesak napas. Mungkin terdengar normal, namun sesak napas terjadi ketika kalian sedang melakukan aktivitas biasa atau ringan. Kesulitan bernapas ini terjadi karena tumor yang menghalangi saluran pernapasan atau cairan yang meningkat, sehingga menekan paru-paru.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa sesak napas saat beraktivitas normal tidak hanya merupakan tanda kanker paru-paru, namun juga penyakit gagal jantung. Maka, berhati-hatilah terhadap hal tersebut, ya. Segera periksakan ke dokter jika sesak napas terjadi berulang kali.

3. Nyeri Pada Dada Menjadi Tanda Kanker Paru-Paru


Nyeri Pada Dada Menjadi Tanda Kanker Paru-Paru

Tumor yang tumbuh di tengah paru memang tidak menyebabkan sakit. Berbeda dengan jenis kanker paru-paru tertentu yang terjadi di bagian luar dan dinding dada. Kanker tersebut akan menyebabkan rasa sakit pada dada, bahu dan punggung.

Rasa sakit tersebut disebabkan oleh kelenjar getah bening atau metastasis pada dinding dada, pleura atau rusuk membengkak. Nyeri dada juga akan semakin terasa ketika penderita menarik napas dalam, batuk atau tertawa. Apa kalian merasakan hal serupa? Segera periksakan diri secepatnya, ya.

4. Napas Bersuara Alias Bengek


Napas Bersuara Alias Bengek

Bengek atau yang dikenal juga sebagai mengi merupakan tanda adanya penyakit seperti asma dan alergi. Namun, jangan pernah menyepelekan masalah tersebut karena bisa jadi tanda awal kanker paru-paru. Hal ini terjadi karena sel kanker menyumbat saluran pernapasan sehingga paru-paru bisa mengeluarkan suara ketika bernapas.

5. Waspada Tanda Kanker Paru-Paru, Suara Berubah Mejadi Serak


Waspada Tanda Kanker Paru-Paru, Suara Berubah Mejadi Serak

Suara kalian tiba-tiba berubah menjadi serak atau lebih berat? Hati-hati, bisa saja hal itu menjadi tanda-tanda kanker paru-paru. Kondisi tersebut terjadi ketika sel kanker memengaruhi saraf yang mengatur pita suara sehingga menyebabkan perubahan pada suara kalian.

Serak umumnya terjadi ketika seseorang mengalami radang di saluran pernapasan. Namun, ketika serak terkait dengan kanker paru-paru, hal tersebut terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung lebih dari dua minggu.

6. Batuk Berdarah? Mungkin Tanda Awal Kanker Paru-Paru


Batuk Berdarah? Mungkin Tanda Awal Kanker Paru-Paru

Pernah mengalami batuk berdarah dan diiringi dengan gejala seperti yang telah disebutkan di atas? Jika iya, kalian wajib memeriksakannya ke dokter ahli. Batuk berdarah tentu bukan hal yang wajah terjadi. Batuk berdarah tidak hanya mengindikasi adanya kanker paru-paru, namun juga berbagai penyakit berbahaya lainnya, seperti tuberkolosis, kanker pada tenggorokan, bronkitis dan lainnya.

7. Nyeri pada Tubuh dan Tulang


Nyeri pada Tubuh dan Tulang

Jika kanker telah berlanjut, biasanya penderita mengalami nyeri pada tulang. Karena umumnya terjadi pada orang dengan usia lanjut, mereka menganggap hal tersebut merupakan proses penuaan biasa. Nyeri pada tulang akibat kanker paru-paru biasanya terpusat di bagian punggung, bahu, lengan atau leher.

Rasa nyeri juga akan memburuk saat kalian beristirahat dan malam hari. Maka, jangan abaikan hal tersebut jika terjadi berulang kali. Apalagi disertai dengan berbagai tanda-tanda lainnya. Segera kunjungi dokter ahli, ya.

8. Kehilangan Berat Badan Meski Tidak Diet


Kehilangan Berat Badan Meski Tidak Diet

Umumnya, penderita kanker selalu mengalami penurunan berat badan, termasuk kanker paru-paru. Hal tersebut disebabkan oleh sel kanker yang menggunakan semua energi dan nutrisi tubuh. Nah, jangan pernah senang dengan penurunan berat badan tiba-tiba, ya. Kalian wajib waspada dan mengunjungi dokter untuk mengetahui masalah yang terjadi.

Selain kanker paru-paru, yuk kenali tanda-tanda kanker payudara di sini sebelum terlambat. Untuk yang ingin tahu tanda awal kanker serviks, baca di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru