Jadi Pembunuh Wanita Nomor Dua di Indonesia, Kenali 7 Tanda Awal Kanker Serviks
Health

Penderita kanker serviks biasanya tak menyadari gejala awal yang terjadi pada tubuh mereka. Simak di sini untuk mengetahuinya.

WowKeren - Kanker serviks adalah salah satu dari beberapa jenis kanker yang menyerang wanita. Kanker yang disebankan oleh human papillomavirus (HPV) ini menjadi momok yang menakutkan untuk para wanita. Di Indonesia, kanker serviks menempati peringkat kedua untuk jenis kanker yang paling banyak ditemui setelah kanker payudara.

Selain HPV, kanker serviks juga dapat dipicu oleh berbagai kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Sebut saja merokok, pil KB, hubungan seks usia dini, sering melahirkan dan masih banyak lagi dapat membuat kita terserah penyakit ini. Untuk penyebab lengkapnya, kalian bisa cek di sini.


Penderita kanker serviks biasanya tak menyadari gejala awal yang terjadi pada tubuh mereka. Maka untuk lebih waspada, ketahui 7 gejala awal kanker serviks. Simak di bawah ini, ya.

1. Keputihan yang Tidak Wajar bisa Jadi Pertanda Kanker Serviks


Keputihan yang Tidak Wajar bisa Jadi Pertanda Kanker Serviks

Keputihan merupakan hal yang wajah terjadi pada wanita. Keputihan adalah cara alami tubuh untuk membersihkan vagina dan menjaganya tetap sehat. Nah, jadi sebenarnya, kalian tidak perlu khawatir jika mengalami keputihan.

Eits, tapi keputihan juga memiliki batas normal nih. Kalian wajib waspada jika mengalami keputihan yang berwarna kecokelatan. Terkadang juga berbau busuk dan berbeda dari biasanya. Tak hanya kanker serviks, keputihan yang tidak wajah bisa jadi pertanda beragam penyakit, ketahui di sini.

2. Terasa Nyeri Pada Panggul dan Punggung


Terasa Nyeri Pada Panggul dan Punggung

Nyeri pada bagian panggul dan punggung biasanya terjadi saat wanita mengalami menstruasi. Tapi, sakit pada panggul menjadi tidak wajar jika menyebabkan seseorang pingsan karena tidak kuat menahan nyeri. Biasanya penderita kanker serviks juga mengalami rasa nyeri ini di luar masa menstruasi. Sakit ini akan terjadi dalam kurun waktu yang sering dan terus menerus.

3. Tanda Awal Kanker Serviks Yakni Sulit BAB


Tanda Awal Kanker Serviks Yakni Sulit BAB

Banyak yang mungkin tidak mengetahui bahwa perubahan buang air besar dapat menjadi gejala awal kanker serviks. Ketika benjolan kanker semakin besar, ia bisa saja menekan usus sehingga membuat kalian sulit BAB

Kondisi ini sebenarnya bisa menjadi pertanda penyakit lain. Namun, jika kalian mengalami bersama dengan tanda-tanda kanker serviks lainnya, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk diagnosis pasti.

4. Merasa Lelah Berlebihan dan Penurunan Berat Badan


Merasa Lelah Berlebihan dan Penurunan Berat Badan

Ketika seseorang menderita kanker serviks, biasanya akan merasa cepat lelah lantaran sel-sel kanker yang mulai tumbuh sedikit demi sedikit mengambil energi dan cadangan makanan tubuh. Hal ini akan membuat kalian mengalami perubahan berat tubuh yang drastis meskipun tidak dalam tahap diet.

5. Nyeri Saat Berhubungan Seks


Nyeri Saat Berhubungan Seks

Tanda kanker serviks selanjutnya adalah rasa nyeri ketika berhubungan seks. Rasanya sakit tersebut akan datang setiap kalian melakukan hubungan intim sehingga menghadirkan rasa tidak nyaman. Ketika hal ini terjadi, sebaiknya periksakan diri ke dokter lantaran merupakan hal yang tidak wajar.

6. Pendarahan di Luar Jadwal Menstruasi


Pendarahan di Luar Jadwal Menstruasi

Selain rasa nyeri, setelah berhubungan seks biasanya penderita kanker serviks akan mengalami pendarahan. Hal ini juga terjadi tiba-tiba di luar masa menstruasi. Beberapa juga mengalami bercak darah saat buang air kecil.

Pendarahan saat menstruasi yang jumlahnya lebih banyak dari biasanya juga jadi pertanda awal kanker serviks, lho. Jika kalian mengalami hal ini dan disertai beberapa tanda lainnya, segera periksakan diri ke dokter, ya.

7. Bengkak dan Nyeri pada Kaki, Gejala Awal Kanker Serviks


Bengkak dan Nyeri pada Kaki, Gejala Awal Kanker Serviks

Gejala awal kanker serviks selanjutnya adalah nyeri dan bengkak pada kaki. Hal ini disebabkan karena berkembangnya kanker mneghalangi darah ke kaki. Bengkak bisa terjadi pada salah satu kaki maupun keduanya.

Selain kanker serviks, kalian juga perlu mengetahui tanda awal kanker payudara yang menjadi pembunuh wanita nomor satu di Indonesia, simak di sini. Ketahui juga makanan yang dapat menurunkan resiko kanker payudara di sini.

You can share this post!

Related Posts