Ini 7 Mitos yang Tidak Benar Terkait Cara Charge Baterai Ponsel, Jangan Pecaya!
Tekno

Apa kalian salah satu yang percaya 7 mitos di bawah ini?

WowKeren - Baterai merupakan salah satu komponen ponsel yang sangat penting. Apalagi saat kalian berada di luar rumah dan jauh dari charger. Saat membeli ponsel baru pun, kualitas baterai juga menjadi pertimbangan konsumen.

Pemakaian baterai pun sangat diperhatikan oleh tiap orang. Pasalnya, jika salah, baterai bisa rusak dan mengganggu kinerja ponsel. Hal itu membuat banyak peraturan terkait baterai ponsel.


Banyak yang mengatakan bahwa baterai ponsel tidak boleh dibiarkan terisi sepanjang malam. Ada juga yang menyerahkan mengisi baterai hingga penuh sebelum digunakan. Bahkan ada yang bilang untuk memasukkan baterai ke freezer atau menjemurnya agar tahan lama.

Tanpa mengetahui kebenaran hal tersebut, sebagian orang mengikutinya. Padahal, enggak semua hal itu benar, lho. Banyak mitos yang berkembang seputar hal ini. Dilansir dari Kompas, ayo cek kebenarannya di bawah ini.

1. Baterai Ponsel Harus Diisi dengan Charger Bawaan


Baterai Ponsel Harus Diisi dengan Charger Bawaan

Tidak membawa charger saat bepergian lama mungkin membuat kalian khawatir ponsel akan kehabisan baterai. Apalagi bagi kalian yang mempercayai mitos bahwa baterai ponsel harus diisi dengan charger bawaan. Perlu kalian ketahui kalau hal itu enggak benar.

Charger kualitas buruk memang dapat mempengaruhi baterai. Namun, bukan berarti kalian harus selalu mengisi daya baterai menggunakan charger bawaan, ya. Charger USB mana pun bisa digunakan untuk mengisi baterai, hanya saja kinerjanya berbeda-beda.

2. Jangan Main Ponsel saat Pengisian Daya Hanya Mitos


Jangan Main Ponsel saat Pengisian Daya Hanya Mitos

Pernah dimarahi karena menggunakan ponsel saat tersambung charger? Rupanya hal tersebut tidak akan berpengaruh buruk pada baterai, lho. Mau digunakan atau tidak, baterai ponsel masih akan mengisi daya seperti yang seharusnya.

Selain itu, perlu kalian ketahui bahwa ponsel kerap mengaktifkan dirinya sendiri ketika sedang diisi. Misalnya saat meng-update software lewat WiFi atau sinkronisasi data. Maka dari itu, kalian enggak perlu takut menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya baterai, ya.

3. Baterai Bakal Rusak Jika Di-charge Semalaman


Baterai Bakal Rusak Jika Di-charge Semalaman

Kalian pasti pernah lupa mencabut charger ketika saat akan tidur dan menyebabkan tersambung hingga pagi. Banyak orang yang khawatir terkait hal tersebut. Pasalnya, baterai disebut akan rusak karena overload.

Setelah membaca artikel ini kalian enggak perlu khawatir lantaran hal tersebut hanya mitos. Ponsel di zaman sekarang sudah cukup "pintar" untuk memutuskan arus listrik secara otomatis ketika baterai sudah terisi penuh meskipun charger masih tersambung.

4. Jangan Cabut Charger Sebelum Baterai Terisi Penuh


Jangan Cabut Charger Sebelum Baterai Terisi Penuh

Banyak yang mengatakan bahwa tidak baik mencabut charger sebelum baterai 100% alias penuh. Padahal hal tersebut enggak mempengaruhi baterai. Bahkan tidak ada keuntungan apapun yang diperoleh dari mengisi daya hingga penuh.

Baterai ponsel bekerja optimal ketika kapasitasnya berada di angka 40% hingga 80%. Kebanyakan baterai ponsel juga diisi setengah penuh dari pabrik sehingga kalian bisa langsung menggunakannya dari kemasan. Bagaimana? Apa kekhawatiran kalian sudah terjawab?

5. Mematikan Wi-Fi, Bluetooth dan GPS akan Membuat Baterai Tahan Lama


Mematikan Wi-Fi, Bluetooth dan GPS akan Membuat Baterai Tahan Lama

Untuk menghemat penggunaan baterai, biasanya sebagian orang akan mematikan Wi-Fi, Bluetooh hingga GPS. Namun, semua itu tidak terlalu berpengaruh pada kapasitas baterai secara keseluruhan. Jika ingin hemat, kurangi tingkat kecerahan layar karena komponen tersebut yang paling menguras daya baterai.

6. Menaruh Baterai di Freezer atau Menjemurnya Bisa Membuat Tahan Lama


Menaruh Baterai di Freezer atau Menjemurnya Bisa Membuat Tahan Lama

Mitos satu ini mungkin jadi yang paling ekstrem. Menaruh baterai di freezer atau menjemurnya, apalagi baterai Lithium-Ion modern malah akan mengalami kerusakan akibat panas atau dingin berlebih. Nah, jangan sekali-kali mencoba melakukan ini jika ingin ponsel kalian rusak.

7. Mematikan Ponsel Bisa Merusak Baterai


Mematikan Ponsel Bisa Merusak Baterai

Saat ponsel dimatikan, kapasitas baterai akan sedikit demi sedikit berkurang. Namun, hal tersebut tidak akan merusak baterai. Berkurangnya kapasitas baterai merupakan hal yang normal. Kalian tidak perlu khawatir, ya.

Tidak ada yang salah dari mematikan ponsel. Hal tersebut sama saja dengan mengistirahatkan gadget kalian. Proses reboot yang dilakukan setelahnya bahkan bisa menyelesaikan beberapa masalah terkait fungsi baterai.

You can share this post!

Related Posts