Bukan Penyakit Jantung, Ini Penyebab Telapak Tangan Berkeringat Belebihan dan Cara Mengatasinya
Health

Tak perlu khawatir jika telapak tangan kalian berkeringat. Ini penyebab sebenarnya.

WowKeren - Telapak tangan berkeringat kerap dikaitkan dengan penyakit jantung. Namun, perlu kalian tahu bahwa hal tersebut hanyalah sebuah mitos.

Rupanya, telapak tangan yang berkeringat tidak terkait dengan kondisi lain, tidak menyebabkan penyakit dan bukan pertanda suatu penyakit. Kalian tak perlu lagi khawatir, pasalnya, tangan yang berkeringat merupakan hal yang normal, kok.


Lalu, apa sih penyebab telapak tangan berkeringat? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak di sini, yuk.

1. Stres dapat Sebabkan Telapak Tangan Berlebihan


Stres dapat Sebabkan Telapak Tangan Berlebihan

Stres awalnya dimulai dari rasa kewalahan akibat banyaknya tekanan dari luar dan dalam diri seseorang yang berlangsung cukup lama. Ketika stres, tubuh membacanya sebagai serangan dan ancaman. Sebagai mekanisme perlindungan diri, tubuh akan memproduksi berbagai hormon dan zat-zat kimia seperti adrenalin, kortisol dan norepinefrin.

Selain itu, stres juga menyebabkan saraf mengaktifkan kelenjar keringat. Hal tersebut menyebabkan kelenjar keringat memproduksi keringat lebih banyak. Nah, tubuh bisa banjir keringat termasuk pada telapak tangan.

2. Kecemasan yang Belebihan


Kecemasan yang Belebihan

Selanjutnya adalah rasa cemas. Kecemasan merupakan respon tubuh terhadap ancaman dari luar. Ketika kita merasa terancam, otak akan mengirim perintah kepada tubuh untuk mengeluarkan sebuah senyawa, yakni adrenaline. Senyawa tersebut akan memberikan kekuatan bagi tubuh untuk melakukan respon.

Rasa cemas menyebabkan reaksi dalam tubuh yang terjadi berulang-ulang, seperti sesak napas, jantung berdebar, sakit kepala, rasa ingin buang air kecil dan berkeringat. Nah, keringat yang keluar pada telapak tangan saat cemas merupakan reaksi normal karena pikiran yang tidak tenang.

3. Hiperhidrosis Sebabkan Telapak Tangan Bekeringat


Hiperhidrosis Sebabkan Telapak Tangan Bekeringat

Hiperhidrosis primer merupakan kondisi dimana seseorang berkeringat berlebihan pada area tertentu tanpa alasan yang jelas. Seseorang yang mengalami kondisi ini bisa berkeringat cukup banyak meski sedang tidak kepanasan.

Kelenjar keringat ekrin yang aktif menjadi salah satu penyebab hiperhidrosis. Ekrin merupakan kelenjar keringat yang berjumlah paling banyak di dalam tubuh. Sebagian besar ekrin terdapat di telapak tangan, kaki, wajah dan ketiak. Jadi, kalian tidak perlu khawatir soal telapak tangan yang berkeringat, ya. Nah, di bawah ini terdapat cara untuk mengatasinya. Simak terus, ya.

4. Jaga Tingkat Stres Kalian


Jaga Tingkat Stres Kalian

Seperti yang telah disebutkan, telapak tangan yang berkeringat juga disebabkan oleh tingkat stres yang berlebihan. Nah, untuk mengatasi hal ini, kalian harus menghilangkan tekanan mental dan stres Mengatasi stres pada setiap orang berbeda-beda. Jadi, atasi stres dengan cara kalian sendiri.

Nah, perlu kalian tahu bahwa beberapa makanan juga dapat mengatasi stres, lho. Sebut saja cokelat hitam, salmon, yogurt, madu, alpukat dan masih banyak lagi ampuh untuk meredakan stres. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi 1 ons dark chocolate sehari selama 2 minggu dapat meredakan stres lantaran polifenol dan flanolol, antioksidan yang terdapat di dalamnya. Untuk lengkapnya kalian bisa simak di sini.

Selain itu, kalian bisa mengandalkan aroma terapi. Beberapa wewangian seperti mawar, peppermint, lavender dan lainnya dianggap mampu untuk membantu menenangkan pikiran kalian, lho. Penjelasan lengkapnya ada di sini.

5. Selalu Bawa Saputangan


Selalu Bawa Saputangan

Saputangan merupakan benda penyelamat buat kalian yang memiliki telapak tangan yang berkeringat. Saputangan dapat menyerap kelembapan sepanjang hari di tangan kalian. Nah, saputangan ini lebih baik digunakan daripada tisu. Pasalnya, sapu tangan dapat digunakan berulang kali sementara tisu hanya menawarkan kenyamanan sementara.

6. Menggunakan Obat Antikolinergik


Menggunakan Obat Antikolinergik

Obat antikolinergik merupakan obat yang mempengaruhi fungsi persarafan. Obat ini dapat kalian gunakan untuk mengatasi telapak tangan yang berkeringat. Cara kerjanya yakni dengan mempengaruhi sinyal saraf ke kelenjar keringat.

Namun, kalian perlu berhati-hati, obat antikolinergik belum tentu cocok digunakan oleh semua orang. Pasalnya, obat satu ini memiliki efek samping seperti gangguan saluran kemih, pandangan menjadi kabur serta palpitasi jantung.

7. Lakukan Iontoforesis untuk Mengobati Telapak Tangan Berkeringat


Lakukan Iontoforesis untuk Mengobati Telapak Tangan Berkeringat

Iontoforesis merupakan cara yang dapat mengatasi telapak tangan berkeringat. Prosedurnya dengan merendam tangan di dalam air sekitar setengah jam sementara arus listrik ringan dialirkan melalui air. Proses tersebut akan menutup pori-pori di kulit tangan dan mengurangi sekresi keringat.

Buat yang tertarik melakukan iontoforesis, kalian enggak perlu khawatir lantaran arus listrik yang digunakan tidak menyakitkan. Agar mendapatkan hal terbaik, kalian bisa membutuhkan beberapa kali prosedur.

You can share this post!

Related Posts
Loading...