Prabowo Diminta Buktikan Perkataannya dan Serahkan Ratusan Ribu Hektare Lahan Untuk Petani Kecil
Nasional

Dewan Nasional Konsorsium Pembaruan Agraria, Iwan Nurdin, meminta Prabowo membuktikan ucapannya tentang rela menyerahkan lahan pada negara.

WowKeren - Salah satu hal yang sempat dibahas dalam debat Pilpres 2019 kedua yang digelar pada Minggu (17/2) kemarin adalah kepemilikan lahan Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto. Joko Widodo menyebut Prabowo memiliki lahan yang berjumlah lebih dari 300 ribu hektare di Aceh dan Kalimantan Timur.

Prabowo pun lantas menyatakan bersedia untuk menyerahkan ratusan ribu hektare lahannya kepada negara. Pernyataan Prabowo tersebut lantas dimintai untuk dibuktikan dan lahannya segera didistribusikan ke petani kecil.


Hal tersebut disampaikan oleh Dewan Nasional Konsorsium Pembaruan Agraria, Iwan Nurdin. Menurut Iwan, lahan yang dimiliki oleh Prabowo di Aceh dan Kaltim ada yang berupa perkebunan sawit serta tambang. Prabowo mendapat izin kepemilikan lahan tersebut sejak masa Orde Baru.

"Prabowo punya konsesi perkebunan sawit. Prabowo itu jagoan tambang terutama dengan Hasyim," ujar Iwan dilansir BBC News Indonesia, Senin (18/2). "Selain ada pabrik bubur kertas."

Iwan menyebut bahwa ratusan ribu hektare lahan milik Prabowo berupa Hutan Tanaman Industri (HTI) dan perkebunan. Prabowo sendiri mengaku bahwa lahan tersebut berstatus Hak Guna Usaha (HGU).

"Jadi 320 ribu hektare itu berupa HTI dan perkebunan. Tapi dia menggampangkan dengan istilah HGU," ujar Iwan. "Itu artinya negara telah memberikan hak kepada perusahaan Prabowo untuk tujuan pertanian, perkebunan."

Diketahui, dalam debat Pilpres kedua, Prabowo mengaku tak rela apabila lahan tersebut jatuh ke tangan asing. Oleh sebab itu, Prabowo menilai bahwa lahan tersebut lebih baik dikelola oleh dirinya sendiri.

"Tapi daripada jatuh ke orang asing, lebih baik saya yang kelola," ujar Prabowo di arena debat. "Karena saya nasionalis dan patriot."

Sebelumnya, kepemilikan lahan Prabowo juga telah mendapatkan berbagai tanggapan. Salah satunya datang dari komedian Cak Lontong.

Lewat akun Twitter miliknya, Cak Lontong menyinggung Prabowo. Ia menyindir soal tanah yang dikuasai oleh segelintir orang yang juga sempat dibahas Prabowo sebelum debat kedua digelar.

You can share this post!

Related Posts
Loading...