Viral 'Lubang Misterius' Langka Ini Muncul di Langit Uni Emirat Arab
SerbaSerbi

Seorang meteorolog coba menjelaskan fenomena awan yang membentuk lubang besar di angkasa ini, seperti apa?

WowKeren - Munculnya fenomena alam yang tak bisa seolah selalu berhasil menyihir masyarakat. Terlebih jika fenomena tersebut jarang sekali muncul alias langka. Seperti yang terjadi di Uni Emirat Arab beberapa waktu lalu.

Warga setempat sempat dibingungkan dengan fenomena "lubang misterius" yang tampak seperti pusaran air di langit. Fenomena aneh ini muncul di atas langit UEA dan Oman akhir pekan ini.


Gambar dan juga video yang diunggah di Twitter oleh beberapa akun berhasil menampakkan fenomena ini. Lubang tersebut terlihat seperti seolah-olah "melubangi" atmosfer.

Kendati menghebohkan publik, fenomena ini bukanlah sesuatu yang berbahaya. Seorang meteorolog bernama Ebrahim Al Jarwan, seperti dilansir dari Geek pada Selasa (19/3) menjelaskan mengenai fenomena ini.

Berdasarkan keterangan Ebrahim, fenomena langka dan indah ini bernama fallstreak hole atau juga awan hole punch. Lubang di angkasa itu, menurut National Weather Service (NWS), merupakan celah yang dapat muncul di awan jenis cirrocumulus atau altocumulus.

Fenomena langka fallstreak hole ini biasanya terbentuk di awan tingkat menengah hingga tinggi. Awan tersebut biasanya terdiri atas tetesan air yang lebih dingin, namun belum mengalami pembekuan. Tetesan air "super dingin" ini membutuhkan beberapa hal untuk bisa membeku dan membentuk kristal es. Ketika sebuah pesawat melewati awan jenis ini, maka fenomena fallstreak hole ini akan terjadi.

Akibat wujudnya yang aneh dan jarang sekali terlihat, fenomena awan ini sering dikaitkan dengan UFO. Apalagi karena awan tersebut membentuk celah bundar besar dalam awan cirrocumulus atau altocumulus. Akan tetapi tenang saja, mereka hanya formasi awan yang sangat keren.

You can share this post!

Related Posts
Loading...