JYP Dituding Beli View YouTube untuk Grup-Grupnya Lewat Iklan
Musik

Netter menuding JYP melakukan kecurangan pada jumlah view di video grup-grupnya.

WowKeren - JYP Entertainment menjadi salah satu agensi Big 3 bukan tanpa alasan. Agensi tersebut sukses melahirkan Rain, salah satu solois terbaik di industri musik Korsel. Selain itu, JYP juga mendebutkan grup-grup populer seperti 2PM, Wonder Girls untuk generasi sebelumnya serta GOT7 dan Twice pada generasi saat ini.

Pada era digital seperti saat ini, jumlah streaming dan download tak kalah penting dari penjualan album fisik. Begitu juga dengan jumlah view di YouTube, yang meski tak seberapa akurat, dapat menunjukkan seberapa besar popularitas sebuah grup.

Baru-baru ini netter menuding JYP melakukan kecurangan pada jumlah view di video grup-grupnya. Menurut netter, jumlah view yang sangat banyak dan kurang sebanding dengan jumlah like itu didapat JYP lewat iklan.

Salah satu netter mengunggah screenshot iklan MV Stray Kids dengan caption "Dapat iklan lagu baru Stray Kids sebelum nonton videonya" serta menulis, "Apa yang terjadi dengan view Stray Kids dan YouTube? Apa JYP membeli view sekarang?"


JYP Dituding Beli View YouTube untuk Grup-Grupnya Lewat Iklan

Allkpop


"Lagu baru mereka gagal total, satu-satunya hal yang mereka punya cuma view YouTube... Amal memang ada, ya. JYP berusaha keras mempromosikan grup nggak dikenal ini di Korsel dengan membeli penghargaan hahaha," kata netter lainnya.

Netter juga menyoroti bagaimana JYP menuduh Shaun dan Nilo manipulasi chart ketika JYP sendiri membeli view. Netter menyoroti bahwa view MV digunakan untuk memenangkan penghargaan dan mendapatkan pengakuan dan agensi seperti JYP yang membeli view dengan memasang iklan ini dianggap tidak adil bagi artis lain yang view-nya asli.

Netter juga menunjukkan bahwa rasio view dengan like dari grup-grup JYP jauh lebih tinggi daripada grup lainnya seperti Bangtan Boys, EXO, Black Pink, dan Red Velvet. Ini adalah tanda bahwa view yang diperoleh melalui iklan di Youtube di mana video tersebut memiliki banyak view tetapi tidak cukup banyak like, view itu dianggap palsu atau dibeli.

Bagaimana menurut kalian?

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru