10 Tips yang Dapat Dilakukan untuk Menghemat Baterai Ponsel
Tekno

Untuk menghindari baterai ponsel yang cepat habis, banyak cara yang akan dilakukan sang pengguna. Mulai dari menggunakan mode airplane, meredupkan cahaya layar dan masih banyak lagi.

WowKeren - Kehabisan baterai saat tengah beraktivitas tentu cukup menyusahkan. Apalagi kalian sedang tidak membawa charger, power bank atau berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk mengisi daya.

Untuk menghindari baterai ponsel yang cepat habis, banyak cara yang akan dilakukan sang pengguna. Mulai dari menggunakan mode airplane, meredupkan cahaya layar dan masih banyak lagi.

Nah, berikut ini, 10 tips menghemat baterai ponsel. Simak di sini, yuk!

(wk/nris)

1. Matikan GPS Jika Tak Diperlukan


Matikan GPS Jika Tak Diperlukan

GPS merupakan suatu fitur pada ponsel yang sangat membantu ketika diperlukan. Namun, sering kali, di beberapa daerah tertentu, ponsel dapat kehilangan sinyal. Hal ini dapat terjadi karena menara pemancar sinyal berada jauh dari lokasi ponsel atau trafik sedang penuh.

Saat sinyal hilang atau melemah, biasanya ponsel akan terus mencari koneksi terbaik. Nah, pencarian sinyal secara terus menerus dapat membuat baterai habis. Maka dari itu, matikan fitur yang mengandalkan sinyal radio seperti GPS. Fitur lain seperti Bluetooth dan Wi-Fi juga sebaiknya digunakan saat tidak dibutuhkan.

2. Redupkan Cahaya Layar Ponsel Kalian


Redupkan Cahaya Layar Ponsel Kalian

Tips kedua agar baterai ponsel tidak cepat habis adalah meredupkan cahaya pada layar. Perlu kalian ketahui bahwa tingkat kecerahan akan mempengaruhi besarnya daya baterai yang digunakan.

Semakin tinggi tingkat kecerahan layar akan membuat daya baterai semakin terhisap. Cobalah menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi yang terjadi. Kalian juga sebaiknya tidak menggunakan mode kecerahan otomatis karena akan menggunakan sensor cahaya yang menguras baterai.

3. Cek dan Hentikan Aplikasi yang Paling Boros Baterai


Cek dan Hentikan Aplikasi yang Paling Boros Baterai

Kalian juga dapat memeriksa aplikasi apa saja yang boros baterai pada pengaturan ponsel. Pada pengaturan, kalian dapat melihat aplikasi mana saja yang membutuhkan baterai sangat banyak. Kemudian hentikan aplikasi tersebut, jika tidak digunakan.

Kalian juga perlu mengingat bahwa ponsel setiap orang memiliki pengaturan yang berbeda. Namun, kebanyakan ponsel saat ini telah memiliki menu dengan fungsi baterai, kok.

4. Jangan Tinggalkan Aplikasi Berjalan di Background


Jangan Tinggalkan Aplikasi Berjalan di Background

Multi-tasking merupakan sebuah istilah di mana pengguna dapat menjalankan sederet aplikasi secara bersamaan. Kegiatan ini akan memudahkan pengguna untuk kembali pada aplikasi yang sering dibuka.

Namun, tahukah kalian bahwa multi-tasking akan menguras baterai lantaran aplikasi berjalan di sistem ponsel dan memori? Maka dari itu, tutup aplikasi yang sedang tidak digunakan. Hindari pula menekan tombol home untuk kembali ke layar utama ponsel.

5. Hindari Penggunaan Widgets dan Live Wallpaper


Hindari Penggunaan Widgets dan Live Wallpaper

Sebagian orang gemar menggunakan wallpaper yang menarik, salah satunya adalah yang dapat bergerak, yakni live wallpaper. Buat kalian yang menggunakan wallpaper semacam ini jangan heran jika baterai cepat habis.

Hal ini sama dengan ketika kalian menggunakan widget yang membutuhkan update data dari internet akan menyebabkan daya baterai juga ikut terhisap. Nah, buat yang ingin baterai hemat, jangan gunakan jenis wallpaper bergerak, ya.

6. Matikan Notifikasi yang Tidak Penting


Matikan Notifikasi yang Tidak Penting

Beberapa aplikasi umumnya dilengkapi dengan notifikasi yang muncul di layar ponsel untuk menyampaikan informasi pada penggunannya. Sayangnya, penggunaan notifikasi ini dapat menguras baterai jika pengguna tidak mengontrol aplikasi-aplikasi tersebut.

Sebaiknya, matikan notifikasi dari aplikasi yang menurut kalian tidak dibutuhkan. Sortir dengan bijak aplikasi tersebut, ya.

7. Hindari Memutar Musik atau Video


Hindari Memutar Musik atau Video

Memutar musik atau streaming video juga jadi salah satu yang dapat membuat baterai cepat habis. Maka dari itu, tahan terlebih dahulu keinginan untuk memainkan musik atau menonton sesuatu dari ponsel jika keadaan kalian tidak memungkinkan untuk mengisi daya, ya.

8. Jangan Gunakan Kamera Terlalu Sering


Jangan Gunakan Kamera Terlalu Sering

Mengambil gambar dan video merupakan hal yang "wajib" dilakukan saat tengah jalan-jalan atau hang out bareng teman. Namun, menggunakan kamera akan menyedot daya baterai cukup banyak, lho. Nah, gunakan kamera ponsel dengan bijak, ya.

9. Gunakan Fitur Power Saving


Gunakan Fitur Power Saving

Ponsel memiliki fitur yang membantu kalian dalam menghemat penggunaan baterai, yakni power saving. Fitur ini sangat berguna lantaran dapat membatasi kemampuan ponsel dan hanya fitur yang penting saja yang akan berjalan. Baterai ponsel pun tidak akan terkuras oleh beberapa aplikasi dan fitur yang tidak begitu dibutuhkan.

10. Gunakan Airplane Mode


Gunakan Airplane Mode

Sinyal buruk menjadi salah satu faktor penyebab baterai terkuras habis. Gunakan airplane mode untuk mematikan semua sinyal radio yang ada di ponsel. Sinyal radio seperti, GSM, WiFi dan bluetooth akan otomatis mati.

Selain itu, berikut mitos yang tidak benar terkait cara charge baterai ponsel. Simak di sini, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru