Waspadai 8 Penyakit Ini Bisa Kalian Dapatkan Jika Sering Terpapar Angin Malam, Bahaya Banget!
Health

Angin malam diketahui dapat menyebabkan banyak gangguan tubuh, salah satunya gangguan pernafasan. Oleh karena itu hindari terpapar angin malam dalam jangka waktu panjang jika tak ingin kesehatan terganggu.

WowKeren - Kalian pasti sudah sering dimarahi orang tua jika terlalu sering keluar pada malam hari. Orang tua kebanyakan mengatakan bahwa angin malam ini "jahat" dan dapat merusak kegiatan. Secara ilmiah, hal itu benar adanya. Meskipun terkesan sejuk dan dingin namun udara di malam hari tidak sama dengan udara pagi hari.

Angin malam ini bahkan diketahui dapat menyebabkan banyak gangguan tubuh, salah satunya gangguan pernafasan. Oleh karena itu hindari terpapar angin malam dalam jangka waktu panjang jika tak ingin kesehatan terganggu.


Bagi kalian yang bekerja atau bertugas di malam hari disarankan untuk mengenakan jaket. Terutama jika kalian sering berkendara di malam hari. Angin malam yang menerpa tubuh kalian di malam hari bisa menyebabkan berbagai penyakit. Simak juga beberapa kegiatan sepele yang bisa merusak otak di sini.

Penasaran penyakit apa saja yang dapat disebabkan oleh angin malam? Berikut 8 penyakit yang bakal menyerang kalian jika terlalu sering terpapar angin malam. Yuk disimak agar kesehatan kalian tak terganggu.

1. Angin Malam Yang Dingin Bisa Memicu Nyeri sendi Atau Rematik


Angin Malam Yang Dingin Bisa Memicu Nyeri sendi Atau Rematik

Mungkin banyak orang yang bilang tidak baik untuk mandi malam-malam karena bisa bikin rematik. Sama halnya dengan angin malam ini. Suhu udara malam hari yang dingin, juga dapat menyebabkan nyeri sendi dan juga rematik loh.

Angin malam yang dingin ini bisa dengan mudah masuk kedalam pakaian dan menyebabkan nyeri dan kram pada bagian tubuh tertentu, seperti pinggul, bahu, punggung, atau lutut. Namun apabila kalian terpaksa untuk keluar pada malam hari, pastikan untuk memakai pelindung seperti jaket atau penutup tubuh lainnya agar dapat terhindar dari angin malam.

2. Hati-hati sering kena angin malam juga bisa menyebabkan paru-paru basah


Hati-hati sering kena angin malam juga bisa menyebabkan paru-paru basah

Paru-paru basah merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh para pengendara motor di malam hari. Pasalnya jika angin masuk ke dalam dada atau leher maka berdampak membahayakan kesehatan, terutama pada saluran pernafasan yaitu berupa paru-paru basah.

Ini terjadi karena di malam hari embun-embun akan terbawa oleh angin dan tingkat kelembabannya yang sangat tinggi. Karena kelembaban yang tinggi itulah infeksi virus, bakteri atau jamur jadi mudah berkembang. Gejalanya paru-paru basah ini biasanya ditandai dengan sesak nafas, batuk berdahak, telapak tangan dan kaki terasa dingin dan berkeringat.

3. Terpapar angin malam terlalu sering bisa bikin ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)


Terpapar angin malam terlalu sering bisa bikin ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

Angin malam dapat memicu gangguan pernapasan seperti asma karena suhu di malam hari biasanya sangat dingin. Namun selain asma, kalian juga berpotensi terkena ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut. ISPA ini termasuk penyakit yang berbahaya karena bisa menular loh.

Gejala yang ditimbulkan ISPA ini bisa dibilang cukup parah. Jika terkena ISPA kalian akan mulai demam, batuk, flu, pusing dan sakit kepala, badan terasa pegal-pegal, serta nyeri pada persendian. Selain itu, ISAP juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan, sesak nafas dan nyeri dada, serta suara menjadi serak.

4. Waspada Bronkitis Mengintai Kalian yang sering terkena angin malam


Waspada Bronkitis Mengintai Kalian yang sering terkena angin malam

Penyakit yang disebabkan oleh angin malam selanjutnya masih menyerang saluran pernafasan, yakni paru-paru. Kalian yang sering terpapar angin malam tak menutup kemungkinan juga akan terkena penyakit bronkitis. Secara umum, bronkitis terlihat seperti penyakit pernafasan biasa. Namun jika tak ditangani bisa berbahaya banget loh.

Penyakit yang menyerang paru-paru ini memiliki tanda-tanda seperti batuk berdahak yang relatif lama. Selain itu kalian juga akan merasakan demam dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius dan merasa kelelahan pada saat melakukan aktivitas. Kalian juga bakal sesak nafas, hampir mirip dengan penderita asma lalu terjadi pembengkakan pada kaki dan tungkai kaki. Waduh serem banget ya. Simak juga tanda-tanda awal kanker paru-paru di sini.

5. TBC Atau Tuberculosis Juga Bisa disebabkan seringnya terpapar angin malam


TBC Atau Tuberculosis Juga Bisa disebabkan seringnya terpapar angin malam

Masih dari jajaran penyakit saluran pernafasan, TBC (Tuberculosis) merupakan salah satu penyakit yang menakutkan. Siapa sangka hal sepele seperti angin malam juga dapat menyebabkan TBC? TBC sendiri secara umum disebabkan oleh polusi udara yang didalamnya mengandung zat-zat beracun.

Angin malam sendiri memang diketahui tak terlalu baik untuk tubuh karena tingkat kelembaban yang tinggi. Gejala dari penyakit ini antara lain penurunan berat badan, batuk disertai darah, batuk lebih dari 3 minggu hingga timbulnya rasa nyeri dada. Selain itu, penderita TBC akan mengalami menurunnya nafsu makan dan sering berkeringat di malam hari. Untuk mengatasi penyakit ini, kamu bisa lebih memperhatikan pola makan serta lakukan vaksin BGC. Lalu yang paling penting, hindari terpapar angin malam terlalu.

6. Sering Terkena Angin Malam Bisa Membuat Suhu Tubuh Menurun Secara Drastis


Sering Terkena Angin Malam Bisa Membuat Suhu Tubuh Menurun Secara Drastis

Secara normal manusia memiliki suhu tubuh sekitar 35-36°C. Jika kalian sering terpapar angin malam secara berkala maka suhu tubuh akan menurun seiring dengan suhu dingin di malam hari. Manusia pada dasarnya adalah makhluk hidup yang berdarah panas, jadi pada saat terjadi penurunan suhu maka tubuh akan bereaksi terhadap perubahan tersebut.

Suhu tubuh yang menurun secara drastis bisa berakibat buruh untuk pernafasan. Pasalnya suhu rendah akan membuat tubuh secara otomatis untuk menyuplai lebih banyak darah ke daerah dada. Hal ini akan berakibat penumpukan cairan di organ paru-paru. Sehingga dapat menimbulkan infeksi saluran pernafasan.

7. Hati-hati Juga Serangan Nyamuk Anopheles Yang Sebabkan Malaria Di Malam Hari


 Hati-hati Juga Serangan Nyamuk Anopheles Yang Sebabkan Malaria Di Malam Hari

Selain masalah kesehatan yang internal, bahaya serangan serangga di malam hari juga wajib diperhatikan. Salah satu serangga yang berbahaya bagi kesehatan dan muncul di malam hari adalah nyamuk. Bukan sembarang nyamuk, nyamuk anopheles ini merupakan nyamuk penyebar penyakit malaria.

Nyamuk ini memang lebih menyukai atau aktif di udara malam yang sejuk. Penelitian menyebutkan nyamuk anopheles ini lebih sering keluar malam. Oleh karena itu disarankan agar mengoleskan lotion anti nyamuk untuk menghindari nyamuk ini jika akan keluar malam. Selain itu gunakan jaket jika sedang berkendara agar tak terkena angin malam dan gigitan nyamuk ini.

8. Waspada Angin Duduk Yang Dapat Menyebabkan Kematian


Waspada Angin Duduk Yang Dapat Menyebabkan Kematian

Terpapar angin malam yang terus menerus juga dapat menyebabkan angin duduk. Angin duduk adalah nyeri pada dada akibat otot-otot jantung kurang mendapat pasokan darah. Hal ini dikarenakan terlalu banyak angin yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada sistem pernafasan.

Tanda-tanda yang ditimbulkan yaitu sesak nafas, nyeri pada dada, lengan kiri, punggung, dan leher, tubuh mudah lelah, mual, pusing, dan keringat yang berlebihan. Sebaiknya setelah pulang dari perjalanan malam, kalian segera meminum air hangat agar angin di dalam tubuhmu bisa cepat keluar. Sebaiknya menggunakan pelindung dada atau jaket yang tebal untuk melindungi dada ketika kalian berencana berkendara motor di malam hari.

You can share this post!

Related Posts
Loading...