Marvel Menangkan Gugatan Kasus Poster 'Iron Man 3' Dituding Plagiat
Marvel Studios
Film

Marvel Entertainment sempat digugat oleh Horizon Comics Productions dengan tuduhan pelanggaran hak cipta lantaran poster 'Iron Man 3' sangat mirip dengan komik mereka.

WowKeren - Film "Iron Man 3" yang dirilis pada tahun 2013 lalu tentunya bisa dibilang sebagai penutup yang apik dari trilogi seri "Iron Man". Bahkan secara keseluruhan, "Iron Man 3" mendulang sukses berkali lipat dibandingkan dua seri pendahulunya.

Namun sayangnya, Marvel justru tersandung masalah akibat "Iron Man 3". Pasalnya, film solo yang mengisahkan Tony Stark (Robert Downey Jr.) ini dituding telah menjiplak komik lain.


Belum lama ini, Marvel Entertainment digugat Horizon Comics Productions dengan tuduhan pelanggaran hak cipta. Gugatan ini bermula saat ada yang menemukan kemiripan antara pose Iron Man di poster film tersebut dengan karakter Caliban dalam seri Horizon Comics, "Radix".

Marvel Menangkan Gugatan Kasus Poster \'Iron Man 3\' Dituding Plagiat

Dalam gugatan yang diajukan, Horizon Comics mengklaim bahwa ada enam karyawan Marvel yang mengetahui komik "Radix" maupun gambar Caliban. Bahkan Horizon Comics juga menyebut ada dua orang yang memiliki hubungan kerja dengan pencipta komik "Radix" dan mempengaruhi rancangan poster "Iron Man 3".

Namun dalam persidangan pada Senin (15/7) lalu di pengadilan New York, Marvel Entertainment akhirnya memenangkan gugatan hak cipta tersebut. Dilansir The Wrap pada Rabu (17/7), hakim J. Paul Oetken dalam putusannya menyebut bahwa tidak ada bukti dalam catatan yang menunjukkan bahwa salah satu dari orang-orang yang disebut pihak Horizon Comics pernah melihat gambar Caliban.

Tak hanya itu, hakim juga memutuskan bahwa Horizon Comics gagal untuk menunjukkan bahwa kedua poster tersebut sangat mirip. "Marvel mengatur pemotretan yang menampilkan RDJ (Robert Downey Jr.) untuk menghasilkan foto untuk desain poster. Dan foto-foto dari hasil pemotretan tersebut menampilkan RDJ berlutut dan berjongkok yang akhirnya digunakan sebagai poster 'Iron Man 3'," tutur sang hakim dalam putusannya.

You can share this post!

Related Posts
Loading...