Ibu Kota Pasti Pindah ke Kalimantan, Jokowi Ajukan 3 Pilihan Ini
Instagram/jokowi
Nasional

Dalam unggahannya, Jokowi juga memastikan pengkajian rencana ini akan dilakukan secara mendalam dan memerhatikan sejumlah aspek. Mulai dari masalah hukum hingga lingkungan hidup.

WowKeren - Rencana pemerintah untuk memindahkan Ibu Kota ke luar Pulau Jawa terus dimatangkan. Bahkan belakangan ini pemerintah sudah memastikan Ibu Kota baru Indonesia akan terletak di Pulau Kalimantan.

Kabar ini pun kembali dikonfirmasi Presiden Joko Widodo. Lewat postingan di akun Instagram-nya, @jokowi, Presiden ke-7 RI itu memastikan Ibu Kota baru dipindah ke Kalimantan. Namun untuk lokasi pastinya, ia pun memberikan tiga pilihan, yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

"Selamat siang. Ibu kota negara kita akan pindah. Letaknya di Pulau Kalimantan," tulis Jokowi sebagai caption unggahannya. "Di mana pastinya, sejauh ini telah mengerucut ke salah satu provinsi: bisa di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan."

Jokowi pun menegaskan segala aspek dalam proses pemindahan itu akan direncanakan sematang mungkin. Pemerintah sendiri, tuturnya, akan bercermin dari pengalaman-pengalaman serupa oleh negara lain.


"Segala aspek dalam proses pemindahan itu -- skema pembiayaan, desain kelembagaan, payung hukum regulasi mengenai pemindahan ibu kota -- sedang dikaji secara mendalam dan detail," jelasnya. "Sehingga keputusan nanti benar dalam visi ke depan kita."

"Pengalaman negara-negara lain dalam pemindahan ibu kota juga dipelajari untuk kita antisipasi hambatannya," imbuhnya. "Sebaliknya, faktor-faktor kunci keberhasilan yang bisa kita adopsi, kita adaptasi."

Jokowi juga ikut menyinggung sejumlah kritik yang menghampirinya pasca wacana ini dimatangkan. Menurutnya, pemindahan Ibu Kota dilakukan demi mewujudkan visi-misi Indonesia untuk bertahun-tahun ke depan.

"Dalam memutuskan pemindahan ibu kota ini, posisi saya bukan sebagai kepala pemerintahan, tetapi sebagai kepala negara," katanya. "Kita harus melihat visi besar berbangsa dan bernegara untuk 10 tahun, 50 tahun, 100 tahun yang akan datang."

Unggahan ini langsung diramaikan beragam komentar warganet. Ada yang memuji keputusan Jokowi yang dinilai visioner, namun tak sedikit pula yang mengkritik.

Mereka menilai rencana ini tak relevan dengan permasalahan yang dihadapi Indonesia saat ini. Mereka juga menyayangkan keputusan pemindahan Ibu Kota yang diambil tanpa melibatkan rakyat.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru