Jagat Sinema Bumilangit Umumkan 10 Superhero Indonesia Teman 'Gundala', Kenalan Yuk!
Twitter/jokoanwar
Film
Proyek Film Gundala dan Superhero Indonesia

Sejumlah artis akan berperan sebagai superhero asli Indonesia yang akan meneruskan perjuangan Gundala (Abimana Aryasatya) membela kebenaran dan menumpas kejahatan. Siapa saja?

WowKeren - Jagat sinema Bumilangit atau Bumilangit Cinematic Universe (BCU) telah mengumumkan film-film yang akan dirilis setelah "Gundala" di masa mendatang. Sutradara "Gundala" yakni Joko Anwar serta sejumlah aktor dan aktris yang terlibat ikut hadir dalam pengumuman resmi judul film-film BCU oleh Screenplay Bumilangit selaku rumah produksi.

Film pertama BCU tentu saja "Gundala" yang bakal tayang pada 29 Agustus nanti. Menyusul "Gundala", film-film BCU yang lain di antaranya "Sri Asih", "Godam & Tira", "Si Buta Dari Gua Hantu", "Patriot Taruna", "Gundala Putra Petir", Mandala Golok Setan", dan "Patriot".

Sejumlah aktor dan aktris juga diumumkan akan terlibat dalam BCU. Mereka akan menemani "Gundala" yang diperankan oleh Abimana Aryasatya memberantas kejahatan. Sosok "Gundala" sudah dapat dipelajari melalui trailer yang telah dirilis sejak 20 Juli lalu.


Trailer "Gundala" diawali dari Sancaka kecil yang sudah merasakan kerasnya kehidupan jalanan. Ia mendapat pelajaran untuk tidak peduli dengan sekitar dan menyelamatkan dirinya sendiri. Kondisi kota Jakarta yang digambarkan semakin memburuk membuat Sancaka dewasa (Abimana Aryasatya) merasa harus mengubah cara pandangnya itu.

Dalam sebuah momen ketika hujan turun deras, Sancaka digambarkan tersambar petir. Sejak saat itulah, Sancaka memiliki kekuatan petir untuk melawan kejahatan. Sancaka sebagai Gundala pun menjadi harapan baru bagi kota yang semakin porak-poranda akan ketidakadilan.

Bagaimana dengan karakter-karakter superhero asli Indonesia dalam jagat sinema Bumilangit yang lain? Kenalan yuk!

(wk/nere)

1. Chico Jericho sebagai Godam


 Chico Jericho sebagai Godam
Instagram/jokoanwar

Tokoh ciptaan Widodo Nur Slamet yakni Godam terinspirasi oleh Superman dilihat dari desain serta jenis kekuatannya. Godam memiliki baju sakti yang menjadikannya sangat kuat dan kebal serta kain bendera yang membuatnya bisa terbang. Meski begitu, kisah-kisah Godam berlokasi di Yogyakarta.

Karena melanggar sumpah untuk tidak menyebabkan terbunuhnya seseorang, Godam dikurung dalam cincin sakti dan diberikan kepada manusia bernama Awang. Kekebalan Godam diceritakan hilang karena bermaksud membongkar identitasnya pada Sancaka (Gundala). Chico Jericho akan menjadi sosok Godam dalam "Godam & Tira" di jagat sinema Bumilangit atau BCU.

2. Pevita Pearce sebagai Sri Asih


Pevita Pearce sebagai Sri Asih
Instagram/jokoanwar

Sri Asih merupakan perwujudan pahlawan super buatan R.A. Kosasih yang muncul untuk menjawab kritik tentang tidak mendidik dan tak berbudayanya adaptasi pahlawan super dari Amerika. Sri Asih lantas diceritakan sebagai titisan Dewi Sri dari kahyangan yang diketahui merupakan salah satu tokoh wayang. Sri Asih bernama asli Nani Wijaya, putri dari keluarga berada yang bekerja di Biro Penyelidikan Kriminal.

Dengan mengucapkan "Dewi Asih!" saat kesulitan, Nani akan berubah menjadi Sri Asih. Kekuatan yang dimiliki Sri Asih ialah tenaga setara 250 pria dewasa, keahlian bela diri, kemampuan terbang, dan menjadi raksasa yang dapat menggandakan diri. Pevita Pearce dipercaya memerankan sosok keren tersebut.

3. Chelsea Islan sebagai Tira


Chelsea Islan sebagai Tira
Instagram/jokoanwar

Tokoh pahlawan perempuan ciptaan Nono GM bernama Tira diperkenalkan pada tahun 1975 dan menarik banyak penggemar. Tira dalam kehidupan normal adalah mahasiswi bernama Susie dengan kemampuan bela diri yang hebat. Selain itu, Tira didampingi roh sembilan siluman naga.

Kemampuan meditasi Tira membuat siluman tersebut keluar dari tubuh Tira berwujud sembilan macam raksasa. Tira nantinya akan muncul di film "Godam & Tira" dalam BCU. Sosok yang akan memerankan Tira adalah Chelsea Islan.

4. Tara Basro sebagai Merpati


Tara Basro sebagai Merpati
Instagram/jokoanwar

Merpati karya Hasmi mulai muncul di seri komik "Pengantin Buat Gundala" pada 1977. Oleh sebab itu, sosok Merpati yang diperankan Tara Basro akan muncul di film "Gundala" yang dirilis pada 29 Agustus mendatang. Merpati bernama asli Sedhah Esti Wulan, seorang wartawan yang memiliki kemampuan bela diri.

Sedhah diceritakan terjatuh saat berusaha menolong ayahnya yang sedang diculik. Sedhah kemudian diselamatkan oleh segerombolan merpati dan dibawa ke hadapan Ratu Merpati yang menjadikannya pahlawan super dengan menenggelamkan diri dalam ramuan. Merpati bertemu Gundala saat mengejar penculik ayahnya kemudian keduanya saling jatuh cinta.

5. Joe Taslim sebagai Mandala


Joe Taslim sebagai Mandala
Instagram/jokoanwar

Mandala merupakan karakter cerita silat yang diciptakan komikus Mansyur Daman. Serial komik Mandala pernah diangkat ke layar lebar dengan judul "Golok Setan" dan sosoknya diperankan oleh Barry Prima pada tahun 80-an. BCU akan kembali mengangkat sosok Mandala melalui film bertajuk "Mandala Golok Setan" dengan menggandeng Joe Taslim.

Mandala dibesarkan oleh Ratu Siluman Buaya Putih. Namun, Mandala dewasa melarikan diri dan menjadi seorang pendekar sakti berkat bimbingan sang paman Batara Si Pendekar Lengan Tunggal. Kekuatan Mandala adalah dapat menghancurkan batu karang hingga berkeping-keping serta kemampuan pedang dan silat yang tinggi.

6. Nicholas Saputra sebagai Aquanus


Nicholas Saputra sebagai Aquanus
Instagram/jokoanwar

Sama seperti Godam, Aquanus merupakan tokoh yang diciptakan Widodo Nur Slamet. Diceritakan Dhanus yang berasal dari planet Zyba dirawat oleh keluarga pemburu paus. Karena bangsa Zyba mampu hidup di darat dan laut alias amfibi, Dhanus kerap bermain di dasar laut.

Suatu ketika, Dhanus diberi sabuk sinar pelangi yang menjadi senjata andalan Aquanus oleh seseorang dari planet Zyba. Nama Aquanus berasal dari Aqua yang berarti air dan Nus dari namanya Dhanus. Selain sabuk pelangi, kekuatan sosok yang diperankan oleh Nicholas Saputra itu adalah memiliki kemampuan berenang melebihi kecepatan makhluk laut.

7. Vanesha Prescilla sebagai Cempaka


Vanesha Prescilla sebagai Cempaka
Instagram/jokoanwar

Cempaka merupakan tokoh komik ciptaan R.A. Kosasih yang lebih dikenal sebagai "Tarzan Perempuan". Cempaka biasa mengenakan pakaian loreng macan tutul dan bersahabat dengan binatang hutan. Sahabat Cempaka adalah macan kumbang bernama Sabor dan Gorila bernama Gogo.

Cempaka dibantu dua sahabatnya itu untuk menyingkirkan para penjahat yang mengganggu ketentraman hutan. Sosok Cempaka akan diperankan oleh Vanesha Prescilla yang begitu lekat dengan karakter Milea dalam film "Dilan".

8. Zara JKT48 sebagai Virgo


Zara JKT48 sebagai Virgo
Instagram/jokoanwar

Virgo ciptaan Jan Mintaraga bernama asli Rini. Ia mempelajari percobaan ilmiah ayahnya tanpa diketahui. Rini menggunakan tubuhnya sendiri sebagai uji coba hingga akhirnya memiliki kekuatan super.

Sosok Virgo akan diperankan oleh Zara JKT48. Kekuatan yang dimiliki Virgo adalah mengeluarkan bara api yang panas di tangannya. Virgo disebut-sebut akan menjadi pahlwan termuda di jagat sinema Bumilangit.

9. Dian Sastro sebagai Dewi Api


Dian Sastro sebagai Dewi Api
Instagram/jokoanwar

Sosok Dewi Api yang diperankan Dian Sastro masih menjadi misteri. Bahkan, website bumilangit.com belum menampilkan profil sosok tersebut. Namun, banyak yang menduga bahwa Dewi Api berhubungan dengan sosok Drupadi.

Publik tampak heboh karena Dian Sastro sendiri pernah memerankan sosok Drupadi dalam film drama musikal pendek yang disutradarai Riri Riza pada 2008. Selain itu, berperannya Nicholas Saputra sebagai Aquanus yang identik dengan air membuat keduanya kerap dihubung-hubungkan. Seperti diketahui, Nicholas dan Dian Sastro menjadi pasangan di film "Ada Apa Dengan Cinta?".

10. Tatjana Saphira sebagai Mustika


Tatjana Saphira sebagai Mustika
Instagram/jokoanwar

Sama seperti Dewi Api, sosok Mustika sepertinya adalah tokoh baru. Belum ada keterangan mengenai sosok yang diperankan Tatjana Saphira tersebut. Hanya keterangan "sang kolektor" yang dapat menjelaskan sosok Mustika. Selain itu, Mustika juga diduga sebagai peran antagonis.

You can share this post!

Related Posts