Pintar Sebelum Membeli! Ikuti 7 Tips Memilih Eyeshadow Palette Ini Agar Dapat Sesuai Kebutuhan
Lifestyle

Memilih eyeshadow palette ternyata gampang-gampang susah. Pasalanya palette terkadang dikemas dengan kombinasi warna yang beragam dan mungkin jarang kita gunakan.

WowKeren - Saat ini penggunaan make up memang sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Tak hanya untuk acara pesta atau kegiatan penting, penggunaan make up yang sederhana juga kini diwajibkan bagi beberapa profesi.

Salah satu item yang paling penting untuk make up adalah eyeshadow. Kosmetik yang diaplikasikan pada kelopak mata dan bawah alis ini memiliki tujuan memberi warna sehingga mata terlihat lebih hidup. Eyeshadow biasanya dikemas dalam beberapa bentuk, yaitu krim, bubuk atau pressed cake.


Namun ada juga eyeshadow yang dikemas dalam datu wadah besar dan berisi berbagai warna yang kita butuhkan. Eyeshadow jenis ini biasanya disebut dengan eyeshadow palette. Memilih eyeshadow palette ternyata gampang-gampang susah. Pasalanya palette terkadang dikemas dengan kombinasi warna yang beragam dan mungkin jarang kita gunakan.

Bagaimana tips mudah memilih eyeshadow palette sesuai kebutuhan? Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips memilih eyeshadow pallete yang bisa kalian perhatikan sebelum membeli. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Langkah Pertama Adalah Perhatikan Formula Eyeshadow


Langkah Pertama Adalah Perhatikan Formula Eyeshadow

Langkah pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli eyeshadow adalah memperhatikan formula. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan kalian, mau yang warnanya super pigmented atau yang ringan dan lembut. Eyeshadow yang terlalu pigmented juga enggak terlalu bagus loh apalagi untuk kalian yang pemula.

Eyeshadow yang pigmentasinya bagus biasanya cenderung banyak fall out-nya, dan untuk warna-warna gelapnya cenderung susah dibaurkan. Perhatikan juga kualitas blending-nya. Hal ini karena blending yang halus dan rapi membuat eyeshadow warna apapun akan terlihat bagus dan seamless di wajah kalian.

2. Pahami Juga Peran Masing-masing Warna Pada Pallete


Pahami Juga Peran Masing-masing Warna Pada Pallete

Biasanya warna-warna yang terdapat pada satu rangkaian eyeshadow palette memiliki perannya masing-masing. Nah pahami peran pada tiap warna yang terdapat pada palette tersebut. Sebelum membeli, pastikan eyeshadow palette yang kalian inginkan memiliki warna yang sering kalian butuhkan.

Warna berkilau atau yang disebut Highlight berguna untuk memberi kilau pada sudut dalam mata dan menonjolkan tulang alis. Warna medium yang lembut merupakan warna penting untuk mewarnai bagian tengah kelopak mata yang berfungsi menciptakan gradasi. Sedangkan main color atau yang disebut juga dengan tightening color berguna untuk memberi bayangan pada sudut luar mata kalian.

3. Cari Kombinasi Warna Sesuai Karakter Yang Ingin Ditampilkan


Cari Kombinasi Warna Sesuai Karakter Yang Ingin Ditampilkan

Biasanya setiap eyeshadow palette memiliki tema masing-masing dengan setiap warna memiliki efek tampilan atau image yang berbeda-beda. Misalnya, warna orange dan kuning akan memberikan kesan cerah dan energik. Warna pink atau merah muda dapat menampilkan kesan imut.

Pilihlah eyeshadow palette yang sesuai dengan karakter kalian masing-masing. Jika kalian ingin tampak cool, belilah palette yang didominasi warna biru dongker (navy) atau abu-abu. Lalu palette yang didominasi warna ungu akan memberikan kalian tampilan yang elegan dan seksi. Intip juga tips memilih warna lipstick sesuai dengan warna kulit di sini.

4. Jangan Lupa Untuk Pilih Warna Yang Sesuai Dengan Bentuk Mata


Jangan Lupa Untuk Pilih Warna Yang Sesuai Dengan Bentuk Mata

Selain memilih warna sesuai karakter, kalian perlu perhatikan juga bentuk mata kalian. Mata monolid dan hooded sebaiknya menghindari penggunaan warna merah yang dominan karena mata akan terlihat seperti bengkak. Untuk jenis mata ini, warna yang mudah menyatu dengan warna kulit, seperti orange dan beige dapat menjadi pilihan.

Mata double lids sebenarnya cocok dengan eyeshadow warna apapun, tetapi sebaiknya berhati-hatilah dengan warna gelap. Penggunaan warna gelap pada seluruh kelopak akan menampilkan kesan yang terlalu kuat karena kelopak yang tampak penuh. Karena itulah, untuk jenis mata ini dianjurkan untuk menggunakan warna pastel yang membuat penampilan terlihat lembut.

5. Jika Kalian Pemula, Pilih Shade Warna Netral Terlebih Dahulu


Jika Kalian Pemula, Pilih Shade Warna Netral Terlebih Dahulu

Jika kalian pemula dan sedang mencari palette eyeshadow lebih baik pilih warna netral. Warna cokelat dan pink adalah warna yang aman untuk digunakan sehari-hari. Eyeshadow palette berwarna natural cocok dipakai untuk riasan kasual sehari-hari maupun ke kantor. Pilih eyeshadow berwarna matte untuk ke kantor karena jenis matte akan membuat Anda terlihat profesional.

Untuk riasan kasual sehari-hari, pilih eyeshadow dengan sedikit shimmer yang tidak terlalu mencolok. Sebaliknya, gunakanlah warna-warna cantik yang sedikit mencolok untuk pesta pernikahan, kencan, maupun acara khusus lainnya. Tantang diri kalian untuk memakai eyeshadow dengan warna yang berbeda dari yang kalian gunakan biasanya, seperti biru atau abu-abu. Pilih eyeshadow dengan glitter untuk tampilan yang glamor.

6. Pilih Palette Dengan Shade yang Beragam yang Mudah Dikombinasikan


Pilih Palette Dengan Shade yang Beragam yang Mudah Dikombinasikan

Jika sudah bosan dengan tampil natural, kalian bisa coba membeli palette yang memiliki shade warna beragam. Saat ini sudah banyak eyeshadow palette yang menggabungkan 2 jenis warna, netral dan mencolok dalam satu kemasan loh.

Pilih pallete eyeshadow yang menyediakan tekstur matte dan shimmer, serta warna netral dan beberapa tambahan warna tidak netral. Untuk sisi warna netral, sebaiknya ada satu warna hitam atau coklat super gelap dengan matte finish, warna medium kecokelatan dengan matte finish untuk warna transisi, dan warna shimmer terang untuk highlight center of eyelid atau inner corner.

7. Ingat Untuk Selalu Memilih Ukuran Eyeshadow Palette Yang Tepat Dan Sesuai Kebutuhan


Ingat Untuk Selalu Memilih Ukuran Eyeshadow Palette Yang Tepat Dan Sesuai Kebutuhan

Banyak orang yang sering tergoda untuk membeli eyeshadow dengan size besar dan banyak warna, apalagi kalau baru pertama kali beli. Sepertinya menarik punya semua warna dalam satu palette saja. Tapi ukuran palette yang terlalu besar malah membuat kalian bingung ketika akan memakai yang akhirnya berakhir malas membuka palette-nya.

Selain itu, palette yang terlalu besar juga enggak enak untuk dibawa bepergian. Pilihlah eyeshadow yang berukuran sedang dan warnanya sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika kalian pemula dan bukan MUA, paling ideal memiliki eyeshadow pallete yang teridri dari 18, 25, hingga 35 warna saja. Hal ini karena warna-warna tersebut sudah cukup untuk keperluan kalian sehari-hari. Simak juga tips menghindari make up palsu di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait