7 Aplikasi Parenting yang Bermanfaat Untuk Mengawasi Tumbuh Kembang Anak, Download Sekarang!
Tekno

Di smartphone banyak tersedia aplikasi yang dapat digunakan para orangtua untuk mengontrol tumbuh kembang anak. Mau tahu beberapa di antaranya? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Kecanggihan smartphone di era modern saat ini memberikan banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Salah satunya adalah kemudahan orangtua dalam memantau tumbuh kembang anak.

Pasalnya smartphone telah menyediakan beragam aplikasi parenting yang bisa diunduh secara gratis. Sebab dengan menjalankan berbagai aplikasi ini, rasa cemas dan khawatir orangtua terhadap anak-anaknya bisa diminimalkan.

Berbagai aplikasi parenting ini bisa membantu orangtua untuk mengetahui perkembangan motorik buah hati hingga tahapan pertumbuhannya. Menarik banget kan? Tunggu apa lagi? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Teman Bumil, Aplikasi yang Bantu Siapkan Pendidikan Anak Sejak Masa Kehamilan


Teman Bumil, Aplikasi yang Bantu Siapkan Pendidikan Anak Sejak Masa Kehamilan

Untuk memastikan buah hati bertumbuh dengan maksimal, para orangtua sebaiknya sudah menyiapkannya sejak masa kehamilan. Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk hal ini adalah Teman Bumil.

Sebab ada beberapa konten yang menarik dari aplikasi ini yang bisa dimanfaatkan oleh calon ibu hamil atau ibu hamil itu sendiri. Ada konten yang memberikan informasi perkembangan janin dan perubahan fisik maupun psikologis yang dialami selama hamil. Selain itu, orangtua juga bisa mendapat gambaran janin yang diilustrasikan sesuai dengan ukurannya.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga menyediakan fitur janin 360 yang akan memudahkan kita untuk melihat perkembangan janin dan organnya. Selain itu, orangtua juga bisa menyimpan foto, artikel, resep makanan sehat hingga referensi nama bayi melalui aplikasi ini.

2. Apikuan, Aplikasi Parenting yang Cocok Digunakan Setelah Melahirkan


Apikuan, Aplikasi Parenting yang Cocok Digunakan Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, para orangtua bisa mengunduh aplikasi Apikuan. Aplikasi ini dirancang khusus untuk orangtua baru untuk memantau tumbuh kembang anaknya hingga berusia 2 tahun.

Konten yang ada di dalamnya pun tergolong sangat beragam. Mulai dari deskripsi perkembangan bayi di setiap tahapannya, timeline pertumbuhannya, jadwal imunisasi hingga catatan harian yang bisa digunakan para ibu menuliskan perkembangan si kecil. Menarik banget kan?

3. Tenangkan Bayi yang Terbangun di Tengah Malam dengan Baby Sleep Instant


Tenangkan Bayi yang Terbangun di Tengah Malam dengan Baby Sleep Instant

Sebagai orangtua baru, kalian mungkin akan sering terbangun di malam hari karena si kecil tiba-tiba menangis. Nah, jika mengalami ini coba saja unduh Baby Sleep Instant. Pasalnya, aplikasi ini diklaim dapat membuat bayi tertidur dengan cepat karena memproduksi suara monoton berfrekuensi rendah hasil riset praktis dari para pengembangnya.

Dalam aplikasi ini terdapat 11 pilihan suara yang lembut untuk didengar bayi, yang bisa membantu menurunkan level suara lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, bayi bisa lebih fokus untuk beristirahat. Tapi untuk lebih amannya, sebaiknya smartphone jangan didekatkan ke bayi, dan sebaiknya gunakan mode pesawat untuk meminimalisir suara notifikasi aplikasi lain.

4. PrimaKu, Aplikasi Parenting yang Langsung Terkoneksi dengan Dokter Anak Seluruh Indonesia


PrimaKu, Aplikasi Parenting yang Langsung Terkoneksi dengan Dokter Anak Seluruh Indonesia

PrimaKu adalah aplikasi parenting lainnya yang sangat bermanfaat. Pasalnya aplikasi yang diprakarsai oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini akan memberikan sejumlah kemudahan untuk orangtua. Mulai dari memantau tumbuh kembang anak sejak dini, secara berkala dan berkelanjutan.

Selain itu, PrimaKu juga memberikan sebuah kuesioner kecil-kecilan untuk mendeteksi keterlambatan tumbuh kembang anak yang dilengkapi dengan stimulasi agar tidak terjadi keterlambatan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk melihat apakah pertumbuhan si kecil normal atau tidak. Menariknya lagi, PrimaKu terkoneksi langsung dengan dokter anak di seluruh Indonesia, yang disesuaikan dengan domisili pengguna.

5. Download Aplikasi Ayah Bunda Cerdas untuk Memantau Tumbuh Kembang Anak Secara Optimal


Download Aplikasi Ayah Bunda Cerdas untuk Memantau Tumbuh Kembang Anak Secara Optimal

Aplikasi parenting berikutnya yang sangat bermanfaat adalah Ayah Bunda Cerdas. Dengan aplikasi ini, orangtua dapat memantau tumbuh kembang anak dengan lebih optimal.

Pasalnya aplikasi ini memiliki sejumlah fitur yang bisa dimanfaatkan para orangtua. Mulai dari fitur menyusui, di mana orangtua bisa mencatat aktivitas menyusui, termasuk saat memberikan ASIP (ASI Perah), lengkap dengan volume ASIP yang diberikan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang bisa menunjukkan data tumbuh kembang anak, baik pertumbuhan berat, tinggi hingga MPASI (Makanan Pendamping ASI).

6. Chai's Play, Aplikasi yang Sediakan Banyak Informasi Parenting dan Ide Permainan Edukasi


Chai's Play, Aplikasi yang Sediakan Banyak Informasi Parenting dan Ide Permainan Edukasi

Aplikasi yang bisa dimanfaatkan selanjutnya untuk mendidik anak adalah Chai's Play. Karena aplikasi ini berisi aneka ide permainan edukasi untuk anak dan info parenting yang sangat penting untuk orangtua. Permainan yang ditawarkan pun cukup beragam, meliputi bidang kognitif dan emosi, sensorik dan kelekatan, dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, permainan yang disarankan mudah dibuat dengan berbagai perlengkapan sederhana yang bisa ditemukan di sekitar rumah. Dan semua permainan disesuaikan dengan usia si kecil, sehingga pengguna diharuskan mengisi data anak terlebih dahulu.

7. Lacak Keberadaan Anak-Anak dengan Aplikasi Family GPS Tracker Kid Control


Lacak Keberadaan Anak-Anak dengan Aplikasi Family GPS Tracker Kid Control

Jika aplikasi-aplikasi sebelumnya ditujukan untuk orangtua yang memiliki bayi hingga balita, maka beda halnya dengan aplikasi Family GPS Tracker Kid Control. Sebab aplikasi ini diperuntukkan bagi orangtua yang memiliki anak pada usia remaja, sekitar 7-12 tahun yang telah diberi smartphone.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi sebagai "pelacak" otomatis yang memanfaatkan GPS. Selain itu aplikasi ini juga memiliki widget SOS yang bisa digunakan jika anak berada dalam keadaan darurat. Sehingga aplikasi ini sangat berguna untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada buah hati.

Demikian 7 aplikasi parenting yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Bagi para bunda, sebaiknya perhatikan juga artikel ini untuk mengetahui manfaat penting ASI eksklusif untuk ibu dan bayi. Selain itu, para orangtua juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa tips berlibur dengan anak agar berlangsung seru dan menyenangkan.

You can share this post!

Related Posts