Pelantikan Segera Digelar, Jokowi-Ma'ruf Terpantau Merapat ke Gedung Parlemen
Nasional

Pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai kepala negara Indonesia untuk periode 2019-2024 akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Keduanya pun terpantau sudah merapat ke Gedung Parlemen.

WowKeren - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 akan digelar dalam waktu dekat. Sebagai pengingat, kepala negara Indonesia untuk lima tahun ke depan itu akan dilantik pada Minggu (20/10) sore.

Pelantikan sedianya digelar di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta. Nantinya Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI lah yang akan mengambil sumpah atas Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, terkait dengan kepemimpinan mereka.

Setengah jam menjelang pelantikannya, Ma'ruf Amin terpantau sudah berangkat menuju tempat pelantikan. Ma'ruf sendiri berangkat bersama iring-iringannya dari kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"Mudah-mudahan perjalanannya aman dan tidak ada apa-apa," ujar Ma'ruf ketika dimintai keterangan oleh awak media sebelum bertolak ke Gedung Parlemen, Minggu (20/10). "Semoga saat bernegara berjalan dengan baik. Target yang ingin dicapai dihilangkan (segala) hambatannya, dimudahkan upaya yang kita lakukan."

Usai menyampaikan pernyataan resminya, Ma'ruf pun memimpin doa bersama. Selepas itu Ma'ruf, yang terpantau mengenakan setelan jas berwarna hitam dan dasi merah, segera menaiki mobilnya untuk menuju lokasi pelantikan. Tak butuh waktu lama pun Ma'ruf terpantau sudah tiba di lokasi.

Pelantikan Segera Digelar, Jokowi-Ma\'ruf Terpantau Merapat ke Gedung Parlemen

Kompas TV


Di sisi lain, Wakil Presiden 2014-2019 Jusuf Kalla juga terpantau berangkat meninggalkan kediamannya. Usai memberikan pernyataan singkat, bahkan sempat berseloroh sejenak dengan awak media, JK terpantau meninggalkan kediamannya bersama sang istri dan iring-iringan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo juga dilaporkan berangkat ke lokasi. Direncanakan Jokowi tiba di Gedung Parlemen dalam waktu 20 menit. Namun tak langsung berangkat, Jokowi terlihat keluar dari Istana Negara untuk bercengkerama sejenak secara langsung dengan masyarakat.

Bersama Jokowi, tampak keluarganya akan ikut dalam iring-iringan yang sama. Mulai dari Ibu Negara Iriana Jokowi, anak dan menantu, serta cucu-cucunya.

Pelantikan Segera Digelar, Jokowi-Ma\'ruf Terpantau Merapat ke Gedung Parlemen

Kompas TV

Dalam kesempatan itu Jokowi pun menjelaskan alasan mengapa pelantikan tidak digelar dengan meriah. "Tidak ada arak-arakan karena sudah pelantikan yang kedua," katanya.

"Yang terpenting setelah pelantikan, langsung bekerja. (Siap) membawa Indonesia ke arah yang lebih baik dan maju," imbuhnya, sebelum menyinggung kembali soal Kabinet Kerja Jilid II. "Kabinet nanti saya kenalkan besok pagi."

Di sisi lain, Gedung Parlemen terpantau sudah dipadati oleh tamu undangan. Mulai dari 117 anggota MPR RI hingga tamu-tamu undangan lain terpantau sudah memadati Ruang Sidang Paripurna I.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru