Sering Disepelekan dan Jarang Disadari, Ini 8 Tanda yang Ditunjukkan Ponsel Saat Sedang Disadap
Tekno

Selain membawa dampak positif, kecanggihan teknologi juga memiliki dampak buruk. Salah satunya adalah praktik penyadapan. Nah berikut delapan tanda ketika ponsel sedang disadap.

WowKeren - Di era modern saat ini teknologi telah mengalami banyak sekali perkembangan. Kemajuan teknologi ini pun mendatangkan banyak sekali manfaat bagi manusia. Karena kecanggihan teknologi pula, praktik kejahatan banyak terjadi. Salah satunya adalah kasus hacking atau penyadapan.

Jika ponsel kita disadap, tentu kita akan merasa sangat dirugikan karena privasi kita dilanggar. Dalam kasus yang parah, penyadapan bisa berujung pada tindak kejahatan yang lebih serius, misalnya penipuan.

Kita pasti tidak mau hal itu sampai terjadi kan? Oleh karena itu, tim WowKeren telah merangkum beberapa tanda saat ponsel diam-diam disadap. Mau tahu apa saja itu? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Pernah Merasa Ponselmu Panas Padahal Tidak Digunakan? Awas, Bisa Saja Ponselmu Disadap


Pernah Merasa Ponselmu Panas Padahal Tidak Digunakan? Awas, Bisa Saja Ponselmu Disadap

Apa kamu pernah merasa ponselmu terasa hangat padahal sedang tidak digunakan? Jika iya, waspadalah. Sebab itu bisa jadi tanda ponselmu sedang disadap. Hal ini disebabkan karena aplikasi mata-mata yang diinstal oleh hacker harus berjalan terus di background. Dampaknya ponsel kamu jadi gampang panas dan batreinya jadi boros.

Meski demikian, kamu juga harus memperhatikan alasan lain yang memungkinkan ponselmu terasa panas. Misalnya apa kamu meletakkan ponsel di tempat yang panas? Apakah kamu menggunakan casing yang bisa menimbulkan panas? Apakah ponselmu terhubung bluetooth dengan perangkat lain? Pertimbangkan juga faktor-faktor seperti itu ya dan jangan langsung panik.

2. Pernahkah Ponselmu Berbunyi Saat Tak Ada Notifikasi dan Tidak Diguanakan? Awas, Kemungkinan Disadap


Pernahkah Ponselmu Berbunyi Saat Tak Ada Notifikasi dan Tidak Diguanakan? Awas, Kemungkinan Disadap

Saat sedang disadap ponsel biasanya menunjukkan tanda-tanda yang cukup aneh. Misalnya tiba-tiba saja beroperasi sendiri padahal sedang tidak digunakan.

Kamu harus mempertimbangkan kemungkinan disadap jika mengalami hal-hal seperti itu, apalagi jika ponsel mengeluarkan suara-suara aneh. Selain itu, apa ponselmu pernah melakukan reboot atau restart secara tiba-tiba? Jika iya, mungkin ada orang yang memiliki akses jarak jauh pada ponselmu. Berhati-hatilah.

3. Kuota Internet Super Boros Padahal Jarang Dipakai? Awas, Mungkin Saja Ponselmu Sedang Disadap


Kuota Internet Super Boros Padahal Jarang Dipakai? Awas, Mungkin Saja Ponselmu Sedang Disadap

Tanda berikutnya yang ditunjukkan ponsel ketika sedang disadap adalah kuota internet yang berkurang secara tidak wajar. Jika penggunaan data meningkat secara drastis, mungkin ada pihak ketiga yang sedang mengawasi pergerakan ponsel kamu.

Karena itulah kamu patut waspada saat kuota internet lebih cepat habis padahal pemakaiannya normal-normal saja. Hal ini disebabkan karena penyadapan biasanya membutuhkan koneksi internet untuk mengirimkan data informasi. Seperti rekaman telepon, foto, lokasi dan hasil sadapan lainnya untuk dikirimkan ke server aplikasi penyadap.

4. Apa Kinerja Ponsel Sering Melambat dan HP Sulit Dimatikan? Waspadai Ulah Hacker!


Apa Kinerja Ponsel Sering Melambat dan HP Sulit Dimatikan? Waspadai Ulah Hacker!

Apa kamu pernah merasa kinerja ponsel semakin lambat meskipun tidak menginstal banyak aplikasi? Jika iya maka kamu harus hati-hati. Sebab bisa jadi ponselmu tengah disadap. Hal ini dikarenakan aplikasi mata-mata yang diinstal diam-diam memakan banyak memori yang membuat ponselmu lemot.

Selain itu apa kamu pernah kesulitan dalam mematikan ponsel hingga harus menunggu cukup lama? Waspadai tanda ini sebagai ulah hacker ya. Pasalnya ponsel yang disadap biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk dimatikan. Karena ada kemungkinan ponselmu sedang mengirimkan informasi ke pihak ketiga.

5. Iklan dan Aplikasi Tak Dikenal Tiba-Tiba Muncul di Ponselmu? Itu Bisa Jadi Tanda Penyadapan


Iklan dan Aplikasi Tak Dikenal Tiba-Tiba Muncul di Ponselmu? Itu Bisa Jadi Tanda Penyadapan

Tanda berikutnya dari ponsel yang sedang disadap adalah kemunculan banyak iklan dan aplikasi asing secara tiba-tiba. Kita mungkin sedikit abai dengan tanda satu ini, namun mulai sekarang kita harus waspada, karena perangkat lunak jahat tidak selalu menyembunyikan dirinya.

Beberapa aplikasi untuk menyadap ponsel ada yang tidak bisa berjalan otomatis. Ada juga yang menggunakan iklan pop-up sebagai trigger untuk mengaktifkannya. Jadi ketika iklan-iklan tersebut diklik, maka aplikasi mata-mata akan aktif dan proses penyadapan dimulai.

6. Pernah Menerima Pesan Teks yang Aneh dan Mencurigakan? Awas, Bisa Jadi Ponselmu Sedang Disadap


Pernah Menerima Pesan Teks yang Aneh dan Mencurigakan? Awas, Bisa Jadi Ponselmu Sedang Disadap

Apa kamu pernah menerima pesan teks aneh dan mencurigakan? Jika iya, ada kemungkinan kalau ponselmu tengah disadap. Pasalnya pesan teks aneh ini berasal dari fitur remote control dalam software yang berfungsi untuk mendukung proses penyadapan. Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan pesan teks tersandi yang dikirim ke ponselmu. Karena itu, sebaiknya lebih waspada ya.

7. Sering Dengar Suara Tidak Jelas Saat Telepon? Maka Kemungkinan Ponselmu Disadap


Sering Dengar Suara Tidak Jelas Saat Telepon? Maka Kemungkinan Ponselmu Disadap

Ada tanda cukup sepele saat ponsel sedang disadap hingga tak kita sadari. Salah satunya adalah terdengarnya suara derau yang tidak jelas dan cukup mengganggu saat kita berbincang di telepon. Waspadalah, suara itu mungkin berasal dari penyadap yang tengah menguping pembicaraanmu.

Dalam beberapa kasus, volume telepon bahkan berubah-ubah dengan sendirinya. Suara-suara ini tentu tidak wajar, karena saat ini ponsel telah berada di jaringan digital, tak lagi analog.

8. WiFi dan GPS Mendadak Aktif? Hati-Hati, Karena Kemungkinan Ponselmu Sedang Disadap


WiFi dan GPS Mendadak Aktif? Hati-Hati, Karena Kemungkinan Ponselmu Sedang Disadap

Salah satu tujuan penyadapan adalah untuk mengetahui lokasi. Karena itu kamu harus waspada jika tiba-tiba pengaturan lokasi atau GPS ponselmu aktif, padahal biasanya dimatikan. Karena bisa saja ada aplikasi yang memaksa GPS-mu aktif. Sehingga kemungkinan ponselmu sedang disadap.

Selain itu, kamu juga harus waspada jika saat berada di tempat umum koneksi WiFi tiba-tiba aktif. Karena bisa saja kamu kena sadap. Hal ini disebabkan karena lewat koneksi WiFi di tempat umum hacker bisa dengan mudah menyadap ponselmu dan melakukan transfer data yang ilegal.

Bagaimana? Apa kalian pernah mengalami hal-hal di atas? Jika iya, sebaiknya segera periksa apa benar ponselmu sedang disadap. Salah satunya adalah dengan mengetik *#21# atau ##002# di papan tombol untuk membantu kamu mengecek ponselmu disadap atau tidak.

Demikian delapan tanda ponsel sedang disadap yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips mengatasi android yang lemot. Dan jika kamu kesal karena jaringan internet yang lambat, kamu bisa mengatasinya dengan enam langkah ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait