Kesal Saat Android Tiba-Tiba Lemot? Tenang, 8 Tips Ini Bisa Membantumu Mengatasinya
Tekno

Android memiliki banyak fungsi penting yang sangat dibutuhkan oleh pemiliknya. Karena itu, banyak dari kita yang merasa sebal saat kinerja android tiba-tiba melambat. Tapi jangan khawatir, sebab kalian bisa mengatasinya dengan delapan tips ini.

WowKeren - Saat ini, android seolah sudah menjadi barang wajib bagi setiap orang. Karena itu, pemiliknya hampir selalu membawa benda satu ini kemana-mana.

Saat awal pembelian, kita pasti merasa senang dengan performa android yang kita miliki. Namun seiring dengan berjalannya waktu, android kita akan menjadi semakin lambat performanya.


Jika sudah demikian, kita pasti akan sangat kesal dan berpikir ada yang salah dengan android kita. Tapi tenang, tidak perlu khawatir dulu. Sebab ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah ini. Nah, berikut delapan tips yang bisa kalian lakukan untuk membantu mempercepat kinerja android saat tiba-tiba lemot atau melambat.

1. Pertama-Tama, Cari Tahu Penyebab Masalah yang Bikin Androidmu Lemot


Pertama-Tama, Cari Tahu Penyebab Masalah yang Bikin Androidmu Lemot

Jika performa androidmu tiba-tiba menurun, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu penyebabnya. Sehingga kamu harus mengidentifikasi masalahnya.

Pertama-tama, periksa apakah sebuah aplikasi, beberapa aplikasi, ataukah justru sistem android itu sendiri yang bermasalah. Kuncinya, kamu harus teliti saat melakukan identifikasi masalah penyebab androidmu lemot. Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan jumlah memori. Karena selain RAM, kapasitas memori internal juga dapat mempengaruhi performa androidmu. Karena saat memori internal hanya tinggal sedikit, android akan lemot secara otomatis.

2. Bersihkan Cache Saat Androidmu Lemot


Bersihkan Cache Saat Androidmu Lemot

Nah, jika kamu sudah bisa mengidentifikasi masalahnya, langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah membersihkan cache. Cache sendiri adalah tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kamu gunakan.

Dengan adanya cache di android, kamu akan bisa membuka aplikasi yang sebelumnya pernah digunakan dengan lebih cepat. Namun jika terus dibiarkan, cache tersebut akan menumpuk dan bisa membuat android menjadi lemot.

Untuk membersihkan cache, kamu harus masuk ke aplikasi Settings - Apps - All, lalu cari aplikasi yang akan dibersihkan cachenya dan pilih Clear cache. Dan jika kamu ingin membersihkannya sekaligus, bukalah menu Settings - Storage - Cached Data, lalu pilih Ok saat ada pop up.

3. Kurangi Penggunaan Widget Biar Androidmu Tidak Bertambah Lemot


Kurangi Penggunaan Widget Biar Androidmu Tidak Bertambah Lemot

Bagi sebagian kalian, mungkin sangat suka memasang widget di layar home. Namun, kalian perlu mengetahui jika widget tersebut dapat memperlambat kinerja android. Hal ini disebabkan karena widget yang kalian pasang akan berjalan bersamaan saat data aktif atau dinyalakan.

Misalnya saja kalian memasang widget cuaca dan widget Facebook di layar home. Maka ketika data aktif, kedua widget akan melakukan pekerjaannya masing-masing. Widget cuaca akan memperbarui kondisi cuaca terkini, begitupun dengan widget Facebook yang juga akan memperbarui status Facebook terkini.

Karena berjalan bersamaan, maka secara otomatis RAM yang dipakai akan semakin besar. Hal inilah yang kemudian akan membuat androidmu semakin lemot. Karena itu, kurangi penggunaan widget ya.

4. Tutup Aplikasi dan Bebaskan RAM Saat Kinerja Android Melambat


Tutup Aplikasi dan Bebaskan RAM Saat Kinerja Android Melambat

Membuka aplikasi secara bersamaan tanpa menutup aplikasi sebelumnya akan mempengaruhi kinerja androidmu. Multi-tasking memang mempermudah kita untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain, tapi hal itu akan membuat kinerja android semakin lemot. Jadi, lebih baik tutup aplikasi yang kalian buka sebelumnya, dan mulai jalankan aplikasi lainnya.

Selain itu, kalian juga bisa membebaskan RAM untuk mengatasi android yang melambat performanya. Untuk melakukannya, kalian bisa menggunakan aplikasi clean master yang ada di Playstore. Dengan sekali tab, maka RAM akan dengan mudah ditingkatkan. Jika tak ingin mengunduh aplikasi di Playstore, kalian bisa mencari sendiri pengaturan untuk meningkatkan RAM bawaan android.

5. Suka Menggunakan Animasi Layar dan Efek Transisi? Mulai Hentikan Jika Tak Ingin Androidmu Lemot


Suka Menggunakan Animasi Layar dan Efek Transisi? Mulai Hentikan Jika Tak Ingin Androidmu Lemot

Jika kamu suka memasang animasi layar dan efek transisi pada launcher, maka kamu perlu memikirkannya lagi jika tak ingin android lemot. Animasi layar dan efek transisi mungkin terlihat indah dan menakjubkan, namun penggunaannya berdampak pada launcher yang bisa mempengaruhi kinerja android.

Jadi, jika tidak ingin android lemot karena hal ini, kamu harus menonaktifkan animasi layar dan efek transisi pada launcher yang kamu pakai. Untuk mengurangi atau mematikan animasi di android, kamu bisa mengaturnya di Settings - Developer Options, lalu ubah Windows animation scale, Transition animation scale dan Animation duration scale ke nilai terkecil, atau sekalian dimatikan.

6. Matikan Fitur Auto-Sync Agar Androidmu Tak Semakin Lemot


Matikan Fitur Auto-Sync Agar Androidmu Tak Semakin Lemot

Cara untuk mengatasi android agar tidak lemot berikutnya adalah dengan mematikan fitur Auto-Sync. Fitur ini sendiri berfungsi agar kamu tetap dapat terhubung dengan semua akun yang terpasang di Android.

Meski memiliki manfaat yang cukup penting, pengaktifan Auto-Sync memiliki dampak besar pada kinerja android. Karena itu, mematikan fitur ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi android saat performanya melambat. Namun akibatnya, kamu harus membuka secara manual beberapa aplikasi, seperti Email atau kalender.

Namun jika ingin android tetap terhubung di saat penting dan otomatis mematikan Auto-Sync di jam santai, kamu bisa menggunakan aplikasi Accounts Sync Profiler atau MacroDroid - Device Automation. Aplikasi ini sekaligus bisa menghemat baterai android punyamu loh.

7. Gunakan Custom ROM untuk Meningkatkan Kinerja Androidmu


Gunakan Custom ROM untuk Meningkatkan Kinerja Androidmu

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kinerja android saat lemot adalah dengan menggunakan custom ROM. Custom ROM adalah versi dari android yang dibuat oleh pengembang atau pihak ketiga untuk perangkatmu.

Dengan menggunakan custom ROM, kamu bisa menikmati ROM lain yang telah ditingkatkan performanya. Selain itu, kamu juga bisa mencoba sistem operasi terbaru jika ternyata pihak vendor tidak lagi menyediakan update sistem operasi untuk perangkat yang kamu gunakan.

8. Jika Androidmu Masih Lemot Setelah Melakukan Tips Di Atas, Maka Jalan Akhir Lakukan Factory Reset


Jika Androidmu Masih Lemot Setelah Melakukan Tips Di Atas, Maka Jalan Akhir Lakukan Factory Reset

Jika kamu sudah melakukan beberapa tips di atas dan androidmu masih saja lemot, maka kamu harus melakukan Factory Reset. Mungkin hal ini kamu lakukan hanya saat android bermasalah karena takut semua data akan hilang. Padahal sebenarnya, Factory Reset sangat direkomendasikan untuk dilakukan secara berkala.

Hal ini bertujuan untuk membersihkan semua sampah yang menumpuk di androidmu. Karena itu, setelah melakukan langkah ini, kinerja androidmu akan membaik dan meningkat. Untuk melakukan Factory Reset, kamu bisa masuk ke menu Settings - Backup & Reset - Factory Data Reset.

Demikian delapan tips untuk mengatasi android lemot yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Dan jika kamu kesal karena jaringan internet yang lambat, kamu bisa mengatasinya dengan enam langkah ini. Selain itu, kamu juga bisa mengatasi memori internal di android yang penuh dengan beberapa cara ini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...