Jarang Disadari, Ini 7 Kesalahan dalam Merawat Kuku yang Bisa Membuatnya Kusam dan Mudah Patah
Lifestyle

Beberapa orang justru melakukan berbagai kesalahan saat merawat kuku yang akhirnya membuat kuku jadi mudah patah dan kusam. Untuk itu kita perlu mengetahui berbagai kesalahan yang mungkin tanpa sengaja dilakukan saat merawat kuku seperti berikut ini.

WowKeren - Bagi wanita, semua bagian tubuh sangat penting untuk dijaga dan dirawat. Sebab dengan begitu ia bisa tampil dengan cantik, anggun dan menarik. Salah satu bagian tubuh yang cukup penting untuk dirawat adalah kuku.

Merawat kuku sama pentingnya dengan merawat kulit dan rambut. Hal ini dikarenakan kuku yang terawat bisa menunjukkan kesehatan dan kebersihan pemiliknya. Di antara perawatan kuku yang paling sering dilakukan wanita adalah manicure, pedicure hingga melakukan nail art. Dengan melakukan semua perawatan itu, jari-jari kuku akan terlihat lebih indah.

Sayangnya, beberapa orang justru melakukan berbagai kesalahan saat merawat kuku. Jika dilakukan secara terus-menerus, kesalahan ini bisa membuat kuku mudah patah dan kusam. Oleh karena itu kamu harus tahu beberapa kesalahan yang mungkin tidak sengaja kamu lakukan saat merawat kuku. Mau tahu apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Sering Memotong Kutikula? Hentikan Kebiasaan Itu Sekarang karena Bisa Merusak Keindahan Kuku


Sering Memotong Kutikula? Hentikan Kebiasaan Itu Sekarang karena Bisa Merusak Keindahan Kuku

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat kuku adalah memotong atau menggunting kutikula. Kutikula sendiri adalah kulit tipis yang mengeras di antara kuku dan jari tangan. Karena memiliki tekstur yang rapuh, kutikula mudah terkelupas dan merusak penampilan. Sehingga kita terkadang ingin menyingkirkannya dan memotongnya.

Tapi sebaiknya jangan langsung memotong kutikula, apalagi dengan menggunakan gunting kuku yang tidak steril. Hal ini dikarenakan bisa menyebabkan peradangan dan infeksi di sekitar kulit kuku. Untuk mengatasi kutikula yang terkadang mengganggu keindahan kuku, sebaiknya olesi dengan pelembab khusus kutikula di atasnya.

2. Membasuh Tangan Setelah Manicure Adalah Kesalahan dalam Merawat Kuku yang Harus Dihindari


Membasuh Tangan Setelah Manicure Adalah Kesalahan dalam Merawat Kuku yang Harus Dihindari

Di antara manfaat dari manicure adalah didapatnya tangan dan kuku yang halus serta lembut. Karena manicure bisa mengelupas kulit mati pada tangan dan membuatnya lebih lembab. Apa kamu pernah atau sering melakukan perawatan satu ini? Jika iya, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan.

Setelah melakukan manicure, jangan lakukan apapun yang membuat tangan dan kukumu basah. Karena itu bisa membuat perawatan kuku yang kamu lakukan sia-sia saja. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya hindari interaksi dengan air selama 6-8 jam setelah melakukan manicure.

3. Jangan Mengecat Kuku Berminyak dan Selalu Gunakan Base Coat Saat Mengecat Kuku


Jangan Mengecat Kuku Berminyak dan Selalu Gunakan Base Coat Saat Mengecat Kuku

Saat hendak mengecat kuku, selalu pastikan jika kukumu sudah bebas dari minyak. Hal ini dikarenakan kuku yang berminyak akan membuat cat kuku tidak bertahan lama. Jadi sebaiknya bersihkan dulu kukumu dari minyak dan keringkan dengan sempurna sebelum mengecatnya.

Selain itu, kamu juga harus menggunakan base coat sebelum mengecat kuku. Sebab dengan menggunakan base coat kuku bisa tetap lembab, tidak gampang kusam dan kasar saat cat kuku dihapus atau mengelupas. Tidak hanya itu, base coat juga mencegah kuku jadi kekuningan karena terlalu sering menggunakan kuteks.

4. Jangan Mengecat Kuku Lebih dari Tiga Lapis, Tidak Bagus!


Jangan Mengecat Kuku Lebih dari Tiga Lapis, Tidak Bagus!

Beberapa wanita akan sangat puas saat memiliki warna cat kuku yang pekat. Karena itulah tidak sedikit dari mereka yang mengoleskan cat pada kuku berulang kali hingga beberapa lapis. Tapi sebaiknya hindari hal itu ya, karena cat kukumu akan terlihat tidak rata, menggumpal dan sulit mengering.

Usahakan untuk mengecat kuku tidak lebih dari tiga lapisan. Pastikan juga cat kuku sudah kering sebelum memberikan lapisan berikutnya agar cat itu benar-benar terkunci pada kuku. Kamu bisa mulai dari jari kelingking kiri menuju ke kelingking kanan. Setelah sampai di kelingking kanan, kamu bisa mulai lagi dengan lapisan kedua.

5. Hindari Mengelupas Cat Kuku Gel dan Jangan Menggunakan Kapas untuk Menghilangkan Cat Kuku


Hindari Mengelupas Cat Kuku Gel dan Jangan Menggunakan Kapas untuk Menghilangkan Cat Kuku

Jangan pernah mengelupas cat kuku gelmu karena bisa menghilangkan lapisan tipis terluar pada kuku. Hal ini bisa membuatnya berlubang dan baru akan pulih setelah berbulan-bulan. Karena lapisan terluarnya akan rusak, cat kuku yang kamu pakai pun tidak akan awet. Karena itu, sebaiknya gunakan acetone untuk menghilangkan cat kuku.

Selain itu, jangan gunakan kapas untuk menghilangkan cat kuku. Karena kapas lebih berisiko meninggalkan sisa-sisa serabut pada kuku yang malah bisa merusak hasil manicure-mu. Sebagai gantinya, gunakanlah paper towel karena tidak akan meninggalkan sisa-sisa serabut seperti kapas.

6. Ingin Membuat Kuku Berkilap dan Bersinar? Jangan Mengkikir Kuku dengan Arah yang Salah


Ingin Membuat Kuku Berkilap dan Bersinar? Jangan Mengkikir Kuku dengan Arah yang Salah

Mengikir kuku dengan menggunakan buffer bisa menghaluskan dan membuat kuku terlihat bersinar dan sehat. Namun cara mengikir yang salah bisa membuatnya rapuh. Oleh karena itu, jangan mengikir kuku dengan arah yang salah. Hindari mengikir dengan gerakan maju mundur atau bolak-balik. Karena hal tersebut bisa mengelupas permukaan atas yang penting untuk melindungi kuku.

Hindari juga menggosok kuku dengan terlalu keras, karena hanya akan membuat kuku jadi lebih tipis dan mudah patah. Cara mudahnya, coba mengikir kuku dengan gerakan horizontal dari kiri ke kanan. Awali dengan mengikir kuku dari bagian samping kuku ke tengah dengan gerakan satu arah. Lalu angkat buffer dan kikir kembali dari samping.

7. Jangan Mengocok Botol Cat Kuku, Karena Bisa Merusak Tampilan Kuku


Jangan Mengocok Botol Cat Kuku, Karena Bisa Merusak Tampilan Kuku

Secara tidak sadar kita mungkin sering mengocok botol kuku. Saat melakukan itu kita beralasan untuk meratakan cairan cat kuku. Tapi ingat, kebiasaan yang satu ini tidak baik. Karena bisa menyebabkan timbulnya gelembung yang akan merusak tampilan kuku.

Alih-alih mengocoknya, coba gosok botol cat kuku dengan menggunakan kedua tangan seperti gerakan mencuci tangan. Dengan demikian, tidak akan ada gelembung-gelembung yang merusak tampilan saat kamu mengaplikasikan cat kuku ke permukaan kuku.

Demikian tujuh kesalahan dalam merawat kuku yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat rambut. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui kesalahan yang sering dilakukan dalam mencuci wajah.

You can share this post!

Related Posts