Soal Dewan Pengawas KPK, Jokowi Pastikan Sudah Final
Nasional

Presiden Jokowi telah mengungkapkan jika penunjukkan lima anggota Dewan Pengawas KPK sudah final. Meski begitu, mantan Wali Kota Surakarta itu masih enggan mengungkapkan nama-nama tersebut.

WowKeren - Pembentukan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) sempat menarik perhatian publik beberapa waktu belakangan. Pasalnya, Presiden Joko Widodo mengatakan akan menunjuk langsung anggota dewan pengawas tersebut.

Baru saja, Presiden Jokowi memberitahukan perkembangan terbaru terkait dewan pengawas KPK tersebut. Ia mengatakan jika penunjukan lima orang anggota Dewas KPK telah final.

Namun, orang nomor satu di Indonesia itu masih belum mau untuk mengumumkan siapa saja kelima orang yang akan mengawasi kinerja lembaga antirasuah. "Sudah (final), tapi belum (diumumkan)," kata Jokowi usai memberikan pengarahan dalam rapat koordinasi nasional Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Silaturahmi Nasional Bank Wakaf Mikro (BWM) Tahun 2019 di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (10/12).

Sebelumnya, Jokowi sempat mengaku tengah mengkaji sosok-sosok yang akan menempati pos Dewas KPK. Kemudian telah masuk ke dalam proses penyaringan di tim internal Setneg. Ia pun memastikan, hingga saat ini belum ada proses finalisasi lima nama sebagai Dewas KPK.


"Ya nanti dilihat figur-figurnya," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/12). "Kita kan ini masih dalam proses penyaringan oleh tim internal di Setneg, jadi belum ada proses finalisasi."

Ia juga mengungkapkan jika telah mendapat masukan dari masyarakat selama ini. Dia memastikan pemerintah akan menunjuk orang-orang yang mempunyai rekam jejak yang baik dalam mengawasi KPK nantinya.

"Yang jelas kita ingin memilih yang tentu saja memiliki track record yang baik, integritas yang baik," tuturnya. Jokowi sendiri menginginkan agar Dewas KPK diisi oleh orang-orang yang berpengalaman di bidang hukum, audit pemeriksaan keuangan, hingga orang-orang yang berkompeten dalam mengelola keuangan.

Terakhir, Jokowi menambahkan bahwa pemerintah akan mengumumkan dewan pengawas lembaga antirasuah tersebut sebelum pelantikan para komisioner KPK pada 20 Desember 2019. "Ini masih proses berjalan. kita masih, masih tanggal 20-an kan," pungkasnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait