Jokowi Tunjuk Wiranto Jadi Ketua Wantimpres, Ternyata Ini Alasannya
Nasional

Jokowi telah melantik 9 orang untuk menjadi Dewan Pertimbangan Presiden, dengan salah satunya ditetapkan sebagai ketua, yakni Wiranto. Terpilihnya Wiranto ini pun disertai alasan, seperti berikut.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah melantik sembilan tokoh untuk menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Sedianya kesembilan tokoh ini akan memberinya pertimbangan serta nasihat untuk kebijakan-kebijakan pemerintah ke depan.

Sesuai arahan undang-undang yang berlaku, Wantimpres tidak diperkenankan untuk memberikan pertimbangan kepada pihak selain presiden. Lembaga non-struktural ini sendiri pertama kali dibentuk di era kepemimpinan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dari kesembilannya, Jokowi lantas menunjuk satu orang untuk merangkap sebagai Ketua Wantimpres. Dan sosok yang dipilih Jokowi pun sukses membuat publik terkejut, yakni eks Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

"Mengangkat Saudara Wiranto sebagai ketua merangkap anggota," demikian bunyi petikan Keputusan Presiden yang dibacakan saat pelantikan di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Jumat (13/12).


Tak pelak pertimbangan Jokowi memilih Wiranto pun menjadi sorotan banyak pihak. Terkait dengan hal tersebut, sebelumnya, Wiranto sendiri memilih untuk bungkam dan meminta awak media untuk tak banyak bertanya.

"Tapi gini loh, lebih baik kamu jangan terlalu banyak nanya," jelas Wiranto. "Saya belum bekerja. Hari Senin nanti saya baru bekerja, itu pun baru nanti serah terima dengan yang lama. Setelah itu baru saya akan bicara."

Presiden Jokowi pun akhirnya buka suara terkait alasan penunjukan Wiranto ini. Menurut eks Gubernur DKI Jakarta itu, Wiranto sudah berpengalaman di bidang pemerintahan untuk bisa mengemban amanah sebagai Wantimpres.

"Tadi saya sampaikan, masalah pengalaman, track record," ujar Jokowi, dilansir Detik News. "Pak Wiranto kan track record dan pengalamannya panjang di pemerintahan."

Sebagai pengingat, sebelumnya Wiranto sudah pernah menjadi menteri di Kabinet Kerja. Wiranto pun pernah menjabat sebagai Panglima ABRI (sekarang TNI). "(Wiranto sudah berpengalaman) mengatasi banyak masalah, ini kan memberikan pertimbangan dan nasihat kepada presiden," pungkas Jokowi, kembali menegaskan soal pentingnya peran Wiranto di bidang pemerintahan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait