Viral Pelajar Salat Di Tempat Karaoke Saat Teman Asyik Nyanyi, MUI Angkat Bicara
SerbaSerbi

Dalam video viral di media sosial, terlihat seorang siswa menunaikan ibadah salat di ruang karaoke. Tak sendirian, ia bersama temannya yang ketika itu sedang bernyanyi.

WowKeren - Setiap muslim yang beriman diwajibkan untuk menunaikan ibadah salat. Pada umumnya, seorang muslim akan berusaha untuk melakukan ibadah ini se-khusyuk mungkin salah satunya dilakukan dengan berkonsentrasi.

Dalam video yang viral di media sosial, terlihat seorang siswa justru menunaikan ibadah salat di ruang karaoke. Tak sendirian, pelajar tersebut bersama temannya yang ketika itu sedang asyik bernyanyi di sampingnya.

Terkait hal ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat bicara. Sekretaris Komisi Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam menjelaskan bahwa pada prinsipnya ibadah salat bisa dikatakan sah apabila memenuhi syarat dan rukunnya.

"Salat sah jika terpenuhi syarat dan rukunnya," kata Niam dilansir Detik, Sabtu (14/12). "Tempat bisa di mana saja, asal suci."

Salat merupakan salah satu rukun Islam yang harus ditunaikan oleh setiap muslim. Terlepas dimanapun seseorang tersebut berada, salat wajib ditunaikan jika sudah memasuki waktunya.


"Di mana pun kita berada, salat tetap wajib. Meski dalam kondisi sibuk, misalnya sedang nonton bola, sedang olahraga, sedang rekreasi, atau kegiatan lain, bahkan sedang sakit sekalipun, kita tetap wajib salat," jelas Niam. "Kecuali kita hilang akal. Atau yang perempuan, sedang haid atau nifas."

Sementara itu terkait video viral yang memperlihatkan seorang pelajar tengah menunaikan ibadah salat di ruang karaoke di mana temannya juga menyanyi di situ, Niam mengimbau agar setiap muslim bisa menjaga kondusivitas. "Masing-masing kita perlu menjaga kondusivitas dan kekhusyukan dalam beribadah," ujar dia.

Viral Pelajar Salat Di Tempat Karaoke Saat Teman Asyik Nyanyi, MUI Angkat Bicara

Twitter/kegblgnunfaedh

Video yang memperlihatkan kejadian tersebut diunggah oleh pengguna media sosial dengan akun @kegblgnunfaedh. Unggahan video itu banjir komentar warganet, ada dari mereka yang mempertanyakan kekhusyukan sang pelajar.

"Bagooos bet yak konsentrasinya ga pecah gtu," tulis akun @m***ink_. "Di dalem hati tuh dia nyanyi, bukan baca surat," lanjut akun @sali****hlm. "When music is haram but you still need to socialize," sahut akun @selp****sagi. "Auto balance pahala ama dosa nya die," lanjut akun @Z***nn_.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts