Dahlan Iskan Ikut Buka Suara Soal Polemik Ekspor Benih Lobster
Nasional

Rencana Menteri KKP Edhy Prabowo membuka ekspor benih lobster menuai pro dan kontra. Kali ini eks Menteri BUMN Dahlan Iskan pun turut menyampaikan pendapatnya soal rencana tersebut.

WowKeren - Wacana Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo untuk membuka keran ekspor benih lobser telah menjadi polemik. Pasalnya, cukup banyak pihak yang menolak dan menentang keras wacana tersebut.

Bahkan eks Menteri KKP di era sebelumnya Susi Pudjiastuti pun menolak keras atas rencana Edhy tersebut. Baru-baru ini mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan turut memberikan komentarnya terkait rencana ekspor benih lobster tersebut.

Dahlan memberikan saran atas persoalan ekspor benih lobster yang disampaikannya melalui tulisan berjudul "Rahasia Lobster" yang diunggah di disway.id pada Jumat (20/12). "baiknya larangan Bu Susi itu jangan dicabut dulu. Tapi berikan kuota penangkapan terbatas untuk baby lobster. Khusus hanya cukup untuk siapa pun yang mau berdarah-darah memulai budidaya lobster," tulisnya.

Menurutnya, larangan penangkapan benih lobster yang dicetuskan oleh Susi Pudjiastuti tidak sepenuhnya efektif. Pasalnya, meskipun sudah dilarang namun eskpor ilegal yang merugikan negara masih tetap bisa terjadi.


Karena itu, ia menyarankan agar Indonesia mau meniru upaya Vietnam untuk membudidayakan lobster. "Budidaya kerapu kini sudah umum. Sudah banyak yang bisa," terang Dahlan. "Siapa tahu keterampilan kita berikutnya adalah budidaya lobster. Lewat kesungguhan kelas Vietnam."

Dahlan berpendapat "tambak lobster" harus di laut dan jangan laut yang sudah tercemar dengan makanannya yang sangat khusus yaitu ikan segar. Sehingga "tambak lobster" harus berbentuk keramba khusus.

"Ini tantangan lain lagi bagi lembaga ilmu pengetahuan agar tidak hanya bisa menyalah-nyalahkan Vietnam," ujarnya. Ia pun berkeyakinan kesuksesan Vietnam bisa menginspirasi banyak pebisnis ikan di Indonesia jika mau membudidayakan lobster dengan cara seperti itu.

Tak sampai di situ, Dahlan juga turut menyebutkan jika sosok Edhy Prabowo bukan orang yang asal bicara terkait wacana larangan ekspor benih lobster. "Saya tahu Menteri Perikanan dan Kelautan sekarang ini, Edhy Prabowo, bukan orang yang suka perang apalagi perang mulut. Beliau bukan tipe orang yang asal bicara," ungkapnya. "Bukan pula tipe anggota DPR yang asal kritik dan menyerang."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru