Kaleidoskop 2019: Ramaikan YouTube, 8 Artis ini Rela Jadi Gelandangan hingga Nyaris Tak Dikenali
Selebriti

Sepanjang tahun 2019, berbagai konten menarik dibagikan para artis Tanah Air yang semakin aktif menjadi YouTuber. Salah satu konten yang ngetren ialah menjadi gelandangan dengan beragam tujuan.

WowKeren - Dalam hitungan hari, tahun 2019 akan segera berakhir. Sepanjang tahun ini, sejumlah artis mencoba peruntungannya dengan aktif membuat konten-konten YouTube. Sejumlah artis juga sukses meraih jutaan subscribers, sebut saja Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang telah mencapai angka 11,8 juta hingga saat ini.

Dari konten-konten yang para artis Tanah Air suguhkan, banyak di antaranya viral hingga jadi trending YouTube. Kelakuan tak biasa para artis sukses menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton YouTube. Seperti ketika para artis berlomba-lomba dandan menjadi gelandangan dan sukses "menipu" orang-orang yang mereka temui.


Tren berdandan menjadi gelandangan pada 2019 diawali dari konten vlog milik Baim Wong dan Paula Verhoeven. Banyak artis kemudian mengikuti jejak Baim dengan ide-ide kreatif mereka. Tahun 2019 ditutup oleh kehebohan konten milik Andika eks Kangen Band yang menjadi gembel dan ditangkap Satpol PP saking suksesnya tak dikenali.

Selain Baim dan Andika, siapa saja artis yang pernah menyamar menjadi gelandangan di sepanjang tahun 2019? Simak rangkumannya berikut ini.

(wk/nere)

1. Baim Wong


Baim Wong
YouTube

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika memikirkan prank YouTube artis yang berdandan sebagai gelandangan? Baim Wong tentu menjadi salah satu yang terlintas di benak para penikmat YouTube. Video Baim menyamar sebagai orang gila lengkap dengan dandanannya sempat menjadi trending YouTube di awal tahun ini.

Baim sebelumnya memang dikenal kerap berbagi momen saat menjahili orang-orang di sekelilingnya, termasuk sang istri Paula Verhoeven. Dalam waktu beberapa bulan saja, subscribers Baim berhasil mencapai angka 1 juta. Oleh sebab itu, Baim merancang video prank dengan menyamar sebagai orang gila untuk bagi-bagi uang pada orang-orang baik yang ditemuinya di jalan.

Tak main-main, Baim bahkan mengerahkan make up artist profesional untuk mendandaninya. Baim kala itu bahkan tak dikenali tetangganya sendiri. Beberapa orang yang dengan tulus menolong langsung dibalas dengan uang sejumlah ratusan ribu rupiah oleh Baim.

2. Paula Verhoeven


Paula Verhoeven
YouTube

Mengikuti jejak sang suami, Paula juga ikut berdandan menjadi orang gila. Paula pun totalitas mengenakan baju lusuh lengkap dengan sarung serta dandanan rambut gimbal, wajah kotor, dan memakai jenggot. Paula awalnya ragu karena aksinya menjadi orang gila tak ditemani Baim.

Saat diturunkan di jalan, Paula hanya duduk di trotoar karena tak tahu harus berbuat apa. Selang satu jam, Paula berpindah tempat ke sebuah taman dan berhasil mendapatkan uang dari orang-orang yang sedang berada di sana. Baim lantas mendatangi orang-orang yang memberi uang pada Paula dengan balasan setimpal.

3. Atta Halilintar


Atta Halilintar
YouTube

Atta Halilintar tentu tak boleh dilewatkan apabila membicarakan soal konten YouTube. Seperti diketahui, sulung dari Gen Halilintar ini disebut sebagai Raja YouTube Indonesia bahkan Asia karena memiliki 20 juta subscribers. Tren jadi gembel juga menjadi salah satu konten Atta.

Awalnya, Atta menyamar jadi gembel dan datang ke sebuah restoran mewah. Namun, prank tersebut gagal karena pegawai restoran mengenali Atta meski sudah menyamarkan penampilannya. Tak putus asa, Atta kembali menjadi gembel untuk naik pesawat kelas bisnis hingga membeli mobil sebagai hadiah ultah sang ibunda.

Namun saat pertama kali membuat prank gembel, Atta sempat dituding meniru Baim Wong yang lebih dulu menjadi orang gila. Meski begitu, Atta menanggapi kritik tersebut dengan bijak. "Love me or hate me! Tetap terus bikin video dan ateam akan terus tumbuh," tulis Atta kala itu.

4. Raffi Ahmad


Raffi Ahmad
YouTube

Tak hanya sang istri, Paula Verhoeven, Baim Wong juga mengajak Raffi Ahmad berdandan menjadi orang gila. Baim meminta sang sahabat untuk meminta uang pada orang-orang yang ditemui di jalan. Raffi dengan dandanan lusuh sukses tak dikenali seorang pengemudi ojek online (ojol).

Karena berhasil mendapatkan uang dari pengemudi ojol, Baim lantas mengabulkan permintaan Raffi untuk menemui Rafathar dengan dandanan serupa. Rafathar yang sedang sakit langsung ketakutan melihat Baim dan Raffi dengan dandanan orang gila. Meski begitu, Rafathar langsung mengenali sang papa saat mendengarnya.

5. Ria Ricis


Ria Ricis
YouTube

Jika Raja YouTuber Indonesia jatuh kepada Atta Halilintar, maka Sang Ratu adalah Ria Ricis. Hingga saat ini, Ricis telah mengantongi 18 juta subscribers di channel YouTube "Ricis Official". Ricis pun sempat berkolaborasi dengan Baim Wong untuk menjadi gembel bersama.

Yang paling menyorot perhatian ialah ketika Ricis menyamar jadi gembel untuk membeli mobil mewah. Namun, Ricis hanya membawa uang receh untuk mendapatkan mobil berwarna kuning tersebut. Sayangnya, penyamaran Ricis ketahuan oleh pegawai wanita yang melayaninya.

6. Sarwendah


Sarwendah
YouTube

Sarwendah melakukan eksperimen sosial dengan menyamar sebagai gelandangan untuk acara "Diary Sarwendah" di channel YouTube MOP Channel. Istri Ruben Onsu tersebut melakukan eksperimen sosial ini di beberapa kota.

Saat di Medan, Sarwendah menyamar menjadi orang gila dan pemulung. Namun ketika berada di Makassar, Sarwendah mengajak sang putra asuh Betrand Peto menyamar masing-masing menjadi ibu hamil dan pengamen.

Menurut Ruben, sang istri sangat enjoy melakukan eksperimen sosial tersebut. Ruben yang ikut terenyuh ketika melihat aksi Sarwendah bahkan sampai menangis. Meski begitu, Ruben juga bangga terhadap aksi Sarwendah yang dianggapnya keren luar biasa.

7. Nino Kuya


Nino Kuya
YouTube

Sebagai putra dari pesohor papan atas Tanah Air, Uya Kuya, Nino Kuya selalu terlihat tampil trendi. Namun dalam vlognya beberapa waktu lalu, Nino menampilkan imej jauh berbeda dari biasanya. Dengan hanya mengenakan kaus dan topi kumal, Nino mencoba membeli ponsel mewah seharga puluhan juta.

Untuk aksinya tersebut, Nino membawa uang lecek yang diletakkan di kantong plastik. Dengan dandanan lusuh itu, Nino mengaku diremehkan bahkan diberi uang oleh pegawai gerai ponsel yang dikunjunginya karena dianggap sebagai pengemis. Nino juga sempat dianggap orang gila saat menelepon Uya untuk meminta uang.

Uya akhirnya datang dan membeli ponsel seharga Rp60 juta yang diinginkan Nino. Pemilik gerai ponsel tersebut rupanya tak menyadari apabila pembelinya adalah putra Uya. Video Nino ini sempat menjadi trending nomor 1 YouTube selama beberapa waktu.

8. Andika eks Kangen Band


Andika eks Kangen Band
YouTube

Dari sekian banyak prank gelandangan di tahun 2019, milik Andika lah yang paling menghebohkan. Bagaimana tidak, Andika yang melancarkan aksinya di kota Semarang, Jawa Tengah, malah ditangkap Satpol PP setempat lantaran benar-benar dikira gelandangan.

Dengan baju lusuh dan baju cemong, petugas Satpol PP tak mengenali Andika sehingga sempat terjadi aksi saling dorong saat penangkapan. Setelah dijelaskan bahwa gelandangan yang mereka tangkap adalah mantan vokalis Kangen Band, Satpol PP akhirnya melepaskan Andika. Pria yang dijuluki "Babang Tamvan" tersebut juga membantah apabila semua itu hanya settingan.

Andika berbagi pengalamannya usai menyamar menjadi gelandangan, mulai dari diludahi hingga bertemu dengan ibu-ibu penjual kacang dengan nasib menyedihkan. Dari kejadian-kejadian tersebut, Andika mengaku tak kapok dan semakin ingin berbagi dengan cara serupa.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel