Banjir Terjang Jakarta, Pengungsi Capai 31.232 Orang
Nasional

Banjir telah menerjang sejumlah wilayah di Provinsi DKI Jakarta akibat curah hujan yang deras. Kini pengungsi akibat musibah ini telah mencapai angka puluhan ribu orang.

WowKeren - Curah hujan deras yang mengguyur wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya dari akhir tahun 2019 hingga awal tahun 2020. Akibatnya, saat ini wilayah Jakarta telah diterjang banjir yang cukup parah.

Sejumlah posko pengungsian banjir di Jakarta telah dibuka demi menampung korban yang terdampak bencana banjir. Tercatat, total jumlah pengungsi banjir yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta mencapai angka 31.232 orang hingga Rabu (1/1) malam.

Para pengungsi banjir tersebut tersebar di dua lokasi pengungsian yang terletak di Jakarta Pusat sebanyak 310 orang. Kedua lokasi tersebut yakni Kelurahan Bendungan Hilir, Petamburan dan Kelurahan Karet Tengsin.

Kemudian pengungsi yang berada di Jakarta Utara terdata sebanyak 1.515 orang. Pengungsi di Jakarta Utara ini tersebar di 23 lokasi pengungsian. Diantaranya adalah Kelurahan Rorotan, Kelurahan Semper Barat, Kelurahan Semper Timur, Kelurahan Sukapura, Kelurahan Kelapa Gading Timur dan Kelurahan Pegangsaan Dua.


Sementara itu, sebanyak 10.686 pengungsi berada di Jakarta Barat. Pengungsi di Jakarta Barat ini tersebar di 97 lokasi pengungsian. Kelurahan yang terdampak banjir di wilayah ini diantaranya adalah Jelambar, Tomang, Wijaya Kusuma, Srengseng, Semanan, Kalideres, Tegal Alur, Pegadungan, Kota Bambu Selatan, Kedoya Utara dan Sukabumi Selatan.

Selanjutnya di Jakarta Timur tercatat sebanyak 13.516 orang dilaporkan menjadi pengungsi. Mereka tersebar hingga di 99 lokasi pengungsian Jakarta Timur. Kelurahan yang terdampak adalah Kebon Manggis, Kampung Melayu, Bidara Cina, Cipinang Besar Selatan, Klender, Pondok Bambu, Pondok Kelapa, Cawang, Balekembang, Dukuh dan Cipinang Melayu.

Terakhir di Jakarta Selatan terdapat 5.305 orang yang tersebar di 48 lokasi pengungsian. Kelurahan yang terdampak banjir diantaranya adalah Kelurahan Gunung, Petongan, Pengadengan, Cilandak Timur, Pejaten Timur dan Manggarai Selatan.

Para pengungsi di wilayah DKI Jakarta ini dilaporkan sangat membutuhkan bantuan makanan, air bersih, selimut dan karpet. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menegaskan jika Pemprov Jakarta akan terus memperhatikan keselamatan warga dan melakukan berbagai upaya dalam menanggulangi banjir.

Anies juga meminta agar para warga terdampak banjir untuk selalu waspada dan terus memantau imbauan dari petugas setempat. "Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di wilayah aliran sungai, untuk bersiaga dan berkoordinasi dengan jajaran petugas Pemprov DKI yang sudah siap membantu," ujar Anies.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait