Ruangan Sempit Bukan Penghalang, Yuk Ikuti 8 Tips Dekorasi Irit Ini Agar Kamar Jadi Nyaman!
Lifestyle

Kamar tidur dengan penataan yang baik akan mempengaruhi mood kalian saat beraktifitas. Sebuah kamar tidur harus memiliki suasana yang nyaman dan penuh privasi agar penghuninya bisa beristirahat dengan tenang.

WowKeren - Kamar tidur dengan penataan yang baik akan mempengaruhi mood kalian saat beraktifitas. Coba bayangkan, bagaimana perasaan kalian jika setiap pagi membuka mata, lalu melihat kamar seperti hotel bintang lima? Tentu menjadi mood booster, bukan?

Sebuah kamar tidur harus memiliki suasana yang nyaman dan penuh privasi agar penghuninya bisa beristirahat dengan tenang. Selama ini banyak orang menganggap kalau kamar yang nyaman itu adalah kamar yang besar karena bisa menampung banyak furnitur pendukung dan dekorasi.


Padahal, nyatanya kamar tidur sempit juga bisa dibuat nyaman asalkan kamu tahu cara menghias kamar tidur yang sempit tersebut. Ingin mendekorasi kamar dan mengganti suasana tapi harus irit? Inilah tips menarik mendekorasi kamar tidur tanpa mengeluarkan banyak biaya yang sudah tim WowKeren rangkum. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Warna Cerah Membuat Kamar Terlihat Lebih Luas


Warna Cerah Membuat Kamar Terlihat Lebih Luas

Penggunaan warna-warna cerah terbukti dapat membuat kamar yang sempit terlihat lebih luas dan tidak sumpek. Cara menghias kamar tidur yang sempit dengan warna cerah ini sangat mudah. Jika menurut kalian menggunakan warna putih untuk keseluruhan kamar sudah terlalu biasa, mungkin Anda dapat menambahkan warna lain kesukaan kalian.

Akan tetapi, upayakan tetap dalam porsi yang seimbang dan tidak berlebihan. Kalian bisa menggunakan warna cerah seperti putih, kuning, pink, atau biru muda pada bagian dinding, lantai, beberapa furnitur, bahkan untuk selimut atau sprei. Bahkan, kalian bisa mengaplikasikannya lewat warna cat kamar loh!

2. Gunakan Cermin Supaya Kamar Terlihat Lebih Luas


Gunakan Cermin Supaya Kamar Terlihat Lebih Luas

Penggunaan cermin bisa menciptakan ilusi mata dan kamar tidur sempit terlihat lebih luas. Cara yang satu ini bisa dibilang sangat mudah karena cermin ada banyak dijual di pasaran dalam berbagai bentuk dan ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, bahkan dijual secara online.

Cara menghias kamar tidur yang sempit menggunakan cermin bisa diterapkan dalam berbagai bentuk. Cermin dengan bingkai berukuran besar akan cantik digantungkan di atas tempat tidur dan digunakan sebagai pengganti headboard. Pastikan cermin ini digantung dengan benar agar tidak mudah jatuh dan melukai kalian saat tidur nanti.

3. Gunakan Sprei Atau Bantal Bermotif Ceria Di Tempat Tidur


Gunakan Sprei Atau Bantal Bermotif Ceria Di Tempat Tidur

Bukan sekadar mengganti seprai seminggu sekali, namun menggantinya dengan motif baru dipercayai membuat tidur semakin nyenyak. Pilih motif dan warna yang sesuai selera kalian ya. Jika perlu, beli satu set dengan bed cover serta sarung bantal dan guling.

Jika mengganti seprai dirasa terlalu berlebihan karena kalian suka dengan warna netral, tenang ada tips yang lebih sederhana dan mudah. Alihkan motif-motif tersebut pada produk yang lebih kecil, yaitu bantal. Tak hanya bermotif, kalian bisa memilih bantal dengan bentuk-bentuk menggemaskan.

4. Pasang Wallpaper Agar Menciptakan Suasana Berbeda Di Kamar


Pasang Wallpaper Agar Menciptakan Suasana Berbeda Di Kamar

Jika harga cat mahal dan kamu tidak memiliki anggaran cukup untuk membeli seluruh warna yang kalian butuhkan. Ada salah satu opsi menarik, yakni menggunakan wallpaper dinding untuk menggantikan cat.

Sebaiknya pasang wallpaper dinding secara mandiri karena lebih menghemat biaya pengeluaran. Motif pada wallpaper dinding kamar juga penting untuk dipilih dengan cermat. Gambar bangunan pada wallpaper bisa jadi ide kamar tidur modern. Kalian bisa membaca banyak tutorial memasang wallpaper dinding melalui internet dengan mudah.

5. Memanfaatkan Dinding Untuk Membuat Rak Melayang (Floating Shelves)


Memanfaatkan Dinding Untuk Membuat Rak Melayang (Floating Shelves)

Cara menghias kamar tidur yang sempit dengan rak melayang jelas lebih efisien ruang dibandingkan dengan rak biasa. Rak biasa akan membutuhkan lebih banyak ruang di bagian bawah, sedangkan rak melayang bisa diletakkan di bagian atas dinding dan bagian bawahnya diisi dengan furnitur lain.

Beberapa titik yang tepat untuk meletakkan rak melayang ini adalah di atas tempat tidur atau di atas meja belajar. Saat ini rak melayang, atau dikenal juga dengan sebutan rak dinding, tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan gaya interior kamar tidur.

6. Cocokkan Konsep Kamar Dengan Jenis Tirai Dan Karpet Yang Tepat


Cocokkan Konsep Kamar Dengan Jenis Tirai Dan Karpet Yang Tepat

Memilih tirai yang tepat untuk kamar tidur sempit harus diperhatikan dengan baik. Cara menghias kamar tidur yang sempit menggunakan tirai adalah selain memilih warna yang cerah, kalian harus menggantungnya dengan tepat. Dengan cara menghias kamar tidur yang sempit ini bisa membuat langit-langit kamar yang rendah terlihat lebih tinggi.

Bila perlu, kamu bisa memilih tirai dengan motif garis vertikal agar ilusi yang tercipta lebih sempurna. Selain itu, kamar tidur cantik juga bisa kalian miliki dengan hanya menghadirkan karpet. Sesuaikan ukuran karpet dengan luasan kamar dan ukuran tempat tidur kalian sebelum membeli.

7. Manfaatkan dan Buat Kreasi Hiasan dari Barang Bekas


Manfaatkan dan Buat Kreasi Hiasan dari Barang Bekas

Apabila kalian ingin menambahkan beberapa hiasan di dinding atau lemari untuk memperindah ruangan, sebaiknya olah barang-barang bekas yang ada di sekitar kalian. Jika kalian membutuhkan figura untuk memajang foto-foto penuh kenangan, kalian bisa mendesainnya dengan unik.

Seperti menggunakan kertas berukuran kecil yang dibuat seperti bingkai foto, kemudian dari kardus bekas atau triplek yang diwarnai dan dilukis sedikit. Tentu akan sangat menarik jika warnanya senada dengan dinding.

8. Hiasi Sudut Kamar Dengan Bunga Atau Tanaman Dalam Ruangan


Hiasi Sudut Kamar Dengan Bunga Atau Tanaman Dalam Ruangan

Pastikan ruang kamar tidak pengap, sirkulasi udara lancar agar tidak menimbulkan bau tak sedap. Untuk mencegahnya, kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman segar yang cocok ditaruh di dalam ruangan.

Selain untuk menyegarkan udara, tanaman tersebut juga dapat digunakan sebagai pemandangan alami yang sejuk di mata. Ini mungkin cara menghias kamar paling mudah namun paling cepat terlihat efeknya karena tanaman bisa mengurangi stres, menenangkan pikiran, dan bahkan meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, intip juga yuk tips-tips lain seperti tips berkendara aman saat musim hujan di sini. Simak juga beberapa tips untuk memeasak ikan salmon dalam artikel berikut.

You can share this post!

Related Posts