Biar Selamat Sampai Tujuan, Ini 8 Tips Aman Berkendara Menggunakan Motor Saat Hujan
Tekno

Berkendara di musim hujan membutuhkan kewaspadaan yang tinggi sebab jalanan akan lebih licin belum lagi jika ada jalanan berlubang yang tertutup genangan air. Karena itu, sebaiknya perhatikan tips berkendara aman saat hujan seperti berikut ini.

WowKeren - Berbagai bahaya bisa mengancam saat kita berkendara di jalanan, khususnya saat musim hujan. Hal ini disebabkan karena jalanan akan jadi lebih licin, belum lagi jalanan berlubang yang tertutup oleh genangan air.

Karena itu tidak heran jika angka kecelakaan di jalan raya saat hujan meningkat. Jenis kecelakaannya pun beragam, entah itu tunggal atau yang melibatkan kendaraan lain.

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk selalu waspada dan hati-hati saat berkendara di musim hujan. Selain itu, tidak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa hal yang masih dianggap sepele ini, agar kita bisa berkendara dengan aman dan selamat sampai tujuan.

(wk/eval)

1. Jangan Lupa Untuk Selalu Memeriksa Kendaraan Sebelum Berangkat


Jangan Lupa Untuk Selalu Memeriksa Kendaraan Sebelum Berangkat

Tips pertama yang harus kamu perhatikan untuk berkendara aman di musim hujan adalah selalu memeriksa kendaraan sebelum berangkat. Pastikan semua komponen motor Anda berada dalam kondisi prima dan berfungsi dengan baik, mulai dari kopling, ban hingga lampu.

Untuk ban, bila kembangnya sudah menipis sebaiknya langsung diganti. Sedangkan untuk lampu, Anda bisa menggunakan lampu halogen yang bisa menembus derasnya hujan dengan baik. Selain itu, selalu beri perawatan ekstra pada kendaraan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat hujan, termasuk kecelakaan.

2. Agar Lebih Aman, Gunakan Jas Hujan Mode Single dan yang Berwarna Terang


Agar Lebih Aman, Gunakan Jas Hujan Mode Single dan yang Berwarna Terang

Salah satu tips aman berkendara saat hujan dengan motor adalah menggunakan jas hujan mode single. Beberapa kasus kecelakaan terjadi karena pengaruh dari penggunaan jas hujan tandem yang menyebabkan pengendara kesulitan mengendarai sepeda motor. Karena itulah menggunakan jas hujan mode single tidak akan menghambat pergerakan tangan, kaki dan kepala selama berkendara.

Selain itu, pilih jas hujan yang berwarna terang menyala dan mencolok. Hal ini disebabkan karena saat hujan mengguyur dengan deras, jarak pandang pengendara akan berkurang. Jas hujan dengan warna mencolok akan sangat berguna sebagai peringatan pendengara di belakang Anda agar lebih berhati-hati dan menyadari keberadaan Anda.

3. Selalu Nyalakan Lampu Saat Berkendara di Bawah Hujan Serta Perhatikan Busi dan Knalpot


Selalu Nyalakan Lampu Saat Berkendara di Bawah Hujan Serta Perhatikan Busi dan Knalpot

Menyalakan lampu itu wajib hukumnya dalam berkendara, apalagi saat turun hujan. Selain untuk penerangan, lampu juga berfungsi untuk memberikan sinyal kepada pengguna jalan yang ada di depan dan belakang Anda.

Perhatikan juga busi pada motor Anda, khususnya untuk motor bebek dan matic yang posisi businya di bagian bawah, sangat dekat dengan aspal. Karena itu, usahakan agar bagian bawah motor Anda tidak sampai terkena genangan air apalagi dalam waktu yang lama. Begitupun dengan knalpot, usahakan jangan sampai terkena air agar tidak mogok.

4. Jangan Mengerem dan Behenti Mendadak Saat Hujan, Berbahaya!


Jangan Mengerem dan Behenti Mendadak Saat Hujan, Berbahaya!

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kondisi jalanan akan lebih licin saat hujan. Karena itulah pengereman yang benar sangat dibutuhkan saat berkendara di bawah hujan. Ingat, jangan pernah mengerem secara mendadak karena bisa menyebabkan selip ban akibat kondisi jalanan yang licin. Anda juga bisa memanfaatkan engine brake untuk membantu proses pengereman.

Selain itu, jangan berhenti mendadak, apalagi langsung berbelok minggir ke pinggir jalan tanpa menyalakan lampu sein. Karena dengan melakukan itu, pengendara di belakang Anda akan kaget dan bisa menabrak kita atau ditabrak kendaraan lain karena mengerem mendadak. Solusinya, jika hujan tiba-tiba turun dengan sangat deras, sebaiknya beri jeda 1 menit lalu beri tanda sein dan menepi secara perlahan.

5. Kurangi Kecepatan dan Jaga Jarak Aman Saat Berkendara dalam Kondisi Hujan


Kurangi Kecepatan dan Jaga Jarak Aman Saat Berkendara dalam Kondisi Hujan

Sebaiknya jaga kecepatan berkendara Anda saat hujan. Jika dalam kondisi normal Anda bisa memacu sepeda motor hingga 60-70 kilometer per jam, sebaiknya kurangi saat hujan. Selain karena jarak pandang yang terbatas, kinerja ban juga tidak maksimal dalam kondisi basah. Berkendaralah secara perlahan, karena yang terpenting adalah selamat sampai tujuan.

Selain itu, sebaiknya jaga jarak Anda dengan pengendara yang lain dan jangan terlalu dekat. Kondisi jalan yang licin membuat kendaraan membutuhkan jarak saat harus mengerem. Jarak yang dibutuhkannya juga sedikit lebih jauh jika dibandingkan dengan mengerem di jalanan yang kering.

6. Selalu Tingkatkan Kewaspadaan dan Waspadai Genangan Air Saat Berkendara di Bawah Hujan


Selalu Tingkatkan Kewaspadaan dan Waspadai Genangan Air Saat Berkendara di Bawah Hujan

Meningkatkan kewaspadaan sangat penting dilakukan saat berkendara di bawah hujan. Sebab ketika hujan turun, di titik-titik tertentu jalanan akan tergenang oleh air. Kondisi ini menyebabkan kita tidak bisa melihat kondisi jalan yang mungkin berlubang atau rusak.

Kalau lubangnya kecil mungkin tidak terlalu bermasalah, namun bagaimana jika lubangnya sangat besar? Ban kendaraan Anda bisa terperosok ke dalamnya. Akibatnya, Anda akan kerepotan karena harus berhenti, lebih bahaya lagi jika sampai menimbulkan kecelakaan. Karena itulah, selalu waspada saat berkendara untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

7. Gunakan Alas Kaki yang Tidak Licin dan Pakai Shoe Cover Saat Berkendara dalam Kondisi Hujan


Gunakan Alas Kaki yang Tidak Licin dan Pakai Shoe Cover Saat Berkendara dalam Kondisi Hujan

Tips aman berkendara saat hujan berikutnya adalah menggunakan alas kaki yang tidak licin agar tidak mengganggu pergerakan Anda dalam berkendara. Pastikan juga alas kaki yang Anda gunakan tahan air dan aman untuk berkendara.

Selain itu, usahakan untuk menggunakan shoe cover atau pelindung sepatu. Sebaiknya pilih pelindung sepatu yang bentuknya tinggi agar sepatu tidak basah saat berkendara di bawah hujan. Intinya, pilih produk pelindung sepatu yang nyaman digunakan agar bisa melindungi dan tidak mengganggu saat kita berkendara.

8. Jika Hujan Terlalu Deras dan Situasi Memburuk, Sebaiknya Hentikan Kendaraan Anda


Jika Hujan Terlalu Deras dan Situasi Memburuk, Sebaiknya Hentikan Kendaraan Anda

Jika hujan jadi terlalu deras apalagi disertai dengan angin, sebaiknya Anda berhenti di pinggir jalan untuk berteduh. Selain menjaga agar badan Anda tetap prima, hujan terlalu lebat juga bisa mengganggu jarak pandang sehingga sangat berbahaya. Tunggu sampai hujan sedikit reda, baru Anda bisa melanjutkan perjalanan.

Tapi ingat, jangan menepi di bawah pohon dan jembatan. Karena takutnya Anda akan tertimpa ranting atau pohon tumbang akibat angin kencang. Berteduh di bawah jembatan juga tidak baik, karena selain berbahaya, hal ini bisa menyebabkan kemacetan dan merugikan pengguna jalan yang lain.

Demikian delapan tips aman berkendara dengan motor saat hujan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa aplikasi yang sangat bermanfaat di musim hujan. Dan kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan yang cocok disantap saat hujan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait