KPI Beri Tanggapan Ini Saat Iklan Tokopedia Yang Dibintangi BTS Disebut Promosi LGBT
TV

KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) beri tanggapan ini saat diminta Laksi menurunkan iklan Tokopedia yang dibintangi oleh BTS lantaran diduga mengandung unsur promosi LGBT.

WowKeren - Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia (Laksi) menganggap iklan Tokopedia yang dibintangi BTS (Bangtan Boys) mengandung unsur kampanye LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender). Sehingga mereka meminta KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) mencabut iklan tersebut.

Hal ini bermula saat Laksi menggelar aksi di depan kantor Tokopedia. Dalam tuntutannya, Laksi mendesak Tokopedia dan KPI untuk menurunkan iklan Tokopedia dengan BTS sebagai bintangnya. Laksi menganggap iklan tersebut berkontribusi terhadap penyebaran LGBT di Indonesia.


Lantas kini KPI akhirnya buka suara untuk menanggapi permintaan tersebut. Dilansir dari website resmi KPI, Komisioner KPI Pusat, Nuning Rodiah mengatakan bahwa sejauh ini iklan yang dibintangi boyband asuhan Big Hit Entertainment itu tidak menampilkan tudingan seperti yang dilayangkan oleh LAKSI.

Dalam keterangannya, Nuning tidak menemukan unsur-unsur yang menjadi keberatan LAKSI dalam iklan tersebut. “BTS tidak mengenakan pakaian keperempuan-perempuanan, tidak pula mengajak penonton untuk berorientasi seks berbeda. Bahkan, mereka tidak melecehkan kelompok masyarakat tertentu,” papar Nuning, Jumat (10/1).

Nuning juga menegaskan bahwa KPI akan langsung menurunkan iklan yang memiliki unsur sedemikian rupa meskipun bukan BTS yang menjadi bintang iklannya. “Sebenarnya tidak hanya BTS. Kalau memang ada pria yang divisualkan dalam kostum wanita dan sebaliknya, itu merupakan bagian dari upaya promosi LGBT. Tidak boleh tayang di TV,” tambah Nuning.

Tudingan LGBT yang dilayangkan LAKSI kepada perusahaan e-commerce itu ternyata diambil berdasarkan artikel pemberitaan di sejumlah media. Menurut keterangan Zoel, boyband BTS menunjukkan dukungan mereka terhadap perilaku hidup LGBT dan kehidupan liberal.

You can share this post!

Related Posts