Serupa Namun Tak Sama, Intip 7 Pecel Unik Khas Indonesia Yang Pastinya Nikmat Berikut!
Kuliner

Pecel merupakan makanan yang digemari banyak masyarakat Indonesia. Banyak sekali variasi pecel yang terdapat di seluruh daerah di Indonesia. Penasaran apa saja?

WowKeren - Pecel merupakan makanan yang digemari banyak masyarakat Indonesia. Makanan ini biasanya dikombinasikan dengan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan aneka jenis sayuran. Pecel biasanya populer di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Asal nama dan asal daerah dari pecel belum diketahui secara pasti. Namun dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan sebagai "tumbuk" atau "dihancurkan dengan cara ditumbuk". Sayuran yang dihidangkan antara lain kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Bumbu sambal kacang yang disiramkan di atas pecel disebut sambal pecel.

Selain itu, ada pula yang menambahkan daun bawang dan asam jawa ke dalam campuran air hangat untuk mencairkan sambal pecel. Oleh karena itu, banyak sekali variasi pecel yang terdapat di seluruh daerah di Indonesia. Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 pecel unik khas Indonesia. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Pecel Tumpang Asal Kediri Yang Punya Campuran Sambal Tumpang


Pecel Tumpang Asal Kediri Yang Punya Campuran Sambal Tumpang

Sesuai namanya, kuliner satu ini disajikan bersama sambal tumpang. Sambal tersebut kabarnya diolah dari tempe semangit asal Kediri. Orang-orang biasanya lebih mengenal tempe ini dengan sebutan "tempe bosok" atau "tempe busuk".

Tempe semangit sejatinya merupakan tempe busuk. Meski demikian, tempe ini tetap aman untuk disantap oleh semua orang. Pecel tumpang menawarkan cita rasa pedas yang menggugah selera. Lo bakal dibuat tergila-gila dengan rasanya yang unik deh.

2. Pecel Semanggi Yang Punya Bumbu Kacang Super Unik Dari Surabaya


Pecel Semanggi Yang Punya Bumbu Kacang Super Unik Dari Surabaya

Pecel semanggi berbahan dasar daun semanggi muda dan sayuran lain seperti kecambah atau kangkung. Daun semanggi muda yang sudah dibersihkan kemudian dikukus dan disajikan dengan daun pisang yang dibentuk segitiga atau disebut pincuk. Daun semanggi kemudian dituangi bumbu pecel. Bumbu pecel semanggi berbeda dengan bumbu pecel pada umumnya.

Bumbu pecel semanggi terbuat dari ketela rambat, kacang tanah, gula merah, bawang, garam dan cabai. Ketela rambat atau ubi memberikan tekstur yang berbeda sehingga hal tersebut yang membedakan antara bumbu pecel semanggi dengan bumbu pecel lainnya. Selain itu, pecel semanggi selalu disajikan dengan pasangannya, yakni kerupuk puli.

3. Pecel Punten Khas Jawa Barat Yang Disajikan Dengan Lontong


Pecel Punten Khas Jawa Barat Yang Disajikan Dengan Lontong

Sesuai namanya, pecel punten berasal dari daerah Jawa Barat. Cita rasa pecel ini juga sungguh nikmat. Tak heran, makanan ini memiliki banyak penggemar di mana-mana. Mirip seperti pecel kebanyakan, pecel punten juga dibuat menggunakan bahan sayuran sehingga sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Hanya saja proses penyajian makanan ini mengikutsertakan bahan pelengkap berupa ketupat. Sekali mencoba pecel punten, kalian bakal dibuat ketagihan dengan rasanya yang gurih dan nikmat. Selain itu, pecel ini juga disajikan dengan potongan lontong atau ketupat alih-alih nasi.

4. Pecel Ndeso Khas Solo Yang Pakai Wijen Hitam Dalam Bumbunya


Pecel Ndeso Khas Solo Yang Pakai Wijen Hitam Dalam Bumbunya

Pecel biasanya terdiri sayuran rebus yang diguyur sambal kacang. Namun, berbeda dengan Pecel Ndeso Solo. Dari tampilannya saja, warna sambal terlihat lebih hitam. Ternyata, sambal di menu ini memang berbeda. Penjual makanan khas ini bukan menggunakan kacang melainkan wijen hitam.

Selain sambal, keunikan pecel ndeso adalah penyajiannya. Bukan di piring, pecel khas Solo ini disajikan di atas pincukan daun pisang. Aroma daun ini membuat makanan tersebut makin menggiurkan. Menariknya lagi, nasinya terbuat dari beras merah. Kalian yang diet, tak perlu takut berat badan bertambah.

5. Pecel Madiun Yang Di Klaim Pecel Legendaris Di Indonesia


Pecel Madiun Yang Di Klaim Pecel Legendaris Di Indonesia

Di antara semua jenis pecel yang ada, Pecel Madiun mungkin menduduki peringkat teratas sebagai pecel paling populer. Pecel satu ini terbuat dari campuran sayuran rebus, mulai dari daun kacang panjang, petai cina, daun singkong, kemangi, kangkung, kenikir, bayam, kacang panjang. Banyak sekali, bukan?

Seluruh jenis sayuran tersebut nantinya disiram dengan kuah bumbu kacang yang kental. Pecel Madiun akan lebih nikmat lebih enak bila dicicip bersama nasi serta gorengan. Kuliner ini tentu bisa jadi pilihan menu makan siang yang pas untuk menggantikan gado-gado atau ketoprak kan?

6. Pecel Kecombrang Yang Punya Cita Rasa Super Unik Dan Enak Pastinya


Pecel Kecombrang Yang Punya Cita Rasa Super Unik Dan Enak Pastinya

Kandungan pecel ini kabarnya sangat mirip dengan pecel Madiun. Meski begitu, pecel kecombrang tetap menghadirkan rasa unik karena disertai dengan bahan kecombrang. Saat mengunyahnya, kuliner ini akan mengeluarkan aroma wangi seperti jeruk.

Kalian dapat mencicipi pecel kecombrang di daerah Purwokerto. Jangan lupa untuk menyantapnya bersama bumbu kacang agar cita rasa kuliner ini terasa kian nikmat. Bumbu kacang pecel kecombrang kabarnya terbuat dari kacang tanah berukuran besar loh.

7. Pecel Ayu, Perpaduan Pecel Dan Rawon Yang Super Nikmat


Pecel Ayu, Perpaduan Pecel Dan Rawon Yang Super Nikmat

Orang Banyuwangi tampaknya memang senang memadu padankan menu ikoniknya. Seperti pecel ayu atau biasa juga disebut pecel rawon, paduan pecel dan nasi rawon. Pecel Rawon disajikan lengkap berupa sayuran rebus seperti bayam, taoge, kacang panjang, dan sambal pecel. Kemudian ditambahkan kuah rawon, hanya kuahnya saja tanpa daging rawon.

Pelengkapnya bisa kalian pilih, ada udang goreng, empal sapi, ragi, paru goreng kering, dan remukan rempeyek kacang. Paduan sambal pecel dan kuah rawonnya yang menjadi keistimewaan Pecel Rawon Ayu. Bumbu sambal pecelnya diracik sendiri, dengan cabai yang hanya memakai cabai rawit merah. Hasilnya, paduan gurih kacang dan rempah, serta pedasnya cabai.

Intip juga beberapa rekomendasi kuliner pedas di Surabaya dalam artikel berikut. Intip juga beberapa makanan legendaris Solo di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel