Bisa Digunakan Untuk Perawatan Rutin, Ini 8 Manfaat Kentang untuk Kecantikan Kulit
Lifestyle

Berbagai kandungan baik yang ada di dalam kentang rupanya memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Karena itulah tidak ada salahnya untuk menggunakan kentang sebagai media perawatan kulit.

WowKeren - Memiliki kulit bersih, sehat dan terawat menjadi impian hampir setiap wanita. Karena itulah tidak sedikit wanita yang rela mengeluarkan banyak biaya untuk merawat kulitnya agar selalu terlihat cerah dan berseri. Beberapa bahkan tak segan untuk melakukan operasi plastik yang memiliki risiko tertentu.

Tapi bagi kalian yang ingin mencari cara perawatan wajah dengan lebih alami dan murah, sebaiknya manfaatkan kentang. Kenapa kentang? Karena umbi satu ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kulit sebab kentang kaya akan vitamin A, B kompleks, C hingga asam folat. Selain itu, kentang juga mengandung zat solanin yang dikenal sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamur dan pestisidal.

Nah, mau tahu apa saja manfaat kentang untuk kecantikan kulit? Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Ingin Mencegah Penuaan Dini? Gunakan Saja Kentang Sebagai Masker


Ingin Mencegah Penuaan Dini? Gunakan Saja Kentang Sebagai Masker

Seiring dengan bertambahnya usia, biasanya akan muncul garis-garis halus di wajah yang tentunya bisa mengganggu penampilan. Nah, jika ingin mengatasinya kamu bisa memanfaatkan kentang sebab mengandung vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan bahan yang mampu menjaga kulit agar terbebas dari dampak buruk radikal bebas yang bisa memicu penuaan dini.

Karena itulah kandungan baik di dalamnya mampu mencegah kerusakan oksidatif pada kulit. Mulai dari mengurangi garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa mengkonsumsi kentang secara rutin. Selain itu, kamu juga bisa menjadikannya masker dengan cara menghaluskannya terlebih dahulu. Setelah kentang dihaluskan, oleskan pada wajah dan lakukan pijatan lembut. Diamkan hingga kering selama lima menit lalu bilas menggunakan air bersih.

2. Kentang Juga Ampuh Untuk Melembabkan Kulit yang Kering


Kentang Juga Ampuh Untuk Melembabkan Kulit yang Kering

Memiliki kulit kering memang cukup menjengkelkan. Sebab tak hanya membuat tekstur kulit jadi bersisik, kulit kering juga bisa membuat wajah tampak kusam. Karena itu sebaiknya atasi masalahmu satu ini dengan kentang. Sebab kentang memiliki kemampuan untuk membuat kulit jadi lembut dan kenyal. Selain itu, kentang juga bisa memberikan nutrisi dan melembabkan kulit sehingga baik untuk merawat kulit kering.

Caranya parut beberapa kentang dan tambahkan setengah sendok teh ke dalamnya hingga membentuk masker. Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Jika sudah selesai, bilas wajahmu dengan air sampai bersih.

Selain itu, kalian juga bisa menjadikan kentang sebagai toner. Caranya, campur kentang dengan 2 sendok makan air, lalu peras untuk mendapatkan ekstrak dari air kentang. Toner ini bisa kamu oleskan ke seluruh wajah dengan kapas atau simpan dalam botol semprot. Setelah menggunakan toner kentang, diamkan selama 3 menit. Jika sudah, bilas wajahmu dengan air bersih lalu gunakan pelembab.

3. Kentang Juga Ampuh Untuk Mencerahkan Kulit Loh!


Kentang Juga Ampuh Untuk Mencerahkan Kulit Loh!

Di antara manfaat kentang yang paling terkenal adalah untuk mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan kentang mengandung enzim katekolase yang membantu meringankan bintik-bintik gelap, bekas jerawat dan noda kusam di wajah. Kandungan ini diketahui sering digunakan sebagai pemutih kulit alami.

Ingin merasakan manfaatnya? Pertama siapkan kentang dan lemon. Setelah itu parut kentang mentah dan campur dengan lemon lalu oleskan sebagai masker di wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur jika ingin membuat wajah tampak bersih dan cerah. Selain itu, kamu juga bisa meminum jus kentang dan lemon untuk mencerahkan kulit secara alami.

4. Obati dan Kembalikan Kecantikan Kulit yang Terpapar Sinar Matahari dengan Kentang


Obati dan Kembalikan Kecantikan Kulit yang Terpapar Sinar Matahari dengan Kentang

Manfaat kentang untuk kecantikan berikutnya adalah dapat mengatasi kulit yang bermasalah akibat terbakar matahari. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan antioksidan di dalam kentang yang mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas serta dari sinar UV matahari yang berbahaya. Dengan begitu, kentang bisa mengurangi risiko kanker kulit.

Yang perlu kamu lakukan pertama adalah ambil beberapa irisan kentang dingin dan letakkan di wajah yang terkena sengatan matahari. Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan jus kentang pada kulit yang terbakar matahari. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk memberikan sensasi dingin pada kulit yang terkena efek buruk sinar matahari.

5. Angkat Sel Kulit Mati dan Buat Wajah Terlihat Sehat dengan Menggunakan Kentang


Angkat Sel Kulit Mati dan Buat Wajah Terlihat Sehat dengan Menggunakan Kentang

Manfaat berikutnya dari kentang untuk kecantikan wajah adalah kemampuannya untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Sel kulit mati ini sendiri bisa menyembunyikan rona dalam kulit dan membuatnya terlihat kusam. Untuk itu, kamu harus menggunakan parutan kentang sebagai scrub alami yang lembut bagi kulit.

Oleskan parutan kentang tersebut pada wajah dan biarkan selama 10 menit atau hingga kering. Setelah itu bilas menggunakan air hingga bersih. Gunakan secara teratur agar kotoran dari kulit bisa menghilang serta kulit akan terasa lebih lembut, bercahaya dan segar.

6. Atasi Jerawat dan Bekasnya dengan Menggunakan Kentang


Atasi Jerawat dan Bekasnya dengan Menggunakan Kentang

Kentang rupanya juga ampuh mengatasi jerawat, salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu. Caranya, dinginkan kentang yang sudah diblender hingga halus di lemari es. Setelah itu gunakan untuk facial dan lakukan perawatan ini secara rutin.

Menariknya lagi, kentang rupanya juga bisa membersihkan noda bekas jerawat loh. Hal ini dikarenakan kentang mengandung bahan yang bersifat memutihkan. Sehingga jika kamu sering menggunakan masker kentang segar, sel kulit mati di wajah dan noda hitam termasuk noda bekas jerawat juga ikut terangkat.

7. Kentang Juga Bisa Bantu Hilangkan Kantung Mata dan Mata Panda


Kentang Juga Bisa Bantu Hilangkan Kantung Mata dan Mata Panda

Masalah kantung mata dan mata panda tak dapat dipungkiri memang sangat mengganggu penampilan. Ingin mengatasinya? Maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kentang. Sebab kentang telah terbukti sangat efektif dalam menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di bawahnya.

Caranya pun sangat mudah. Pertama kupas dan potong kentang menjadi potongan besar. Setelah itu, bungkus dengan kain atau sapu tangan dan letakkan di mata selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin, karena penggunaan teratur akan memudarkan lingkaran hitam dan kantung mata dalam waktu yang relatif singkat.

8. Kentang Juga Bisa Membersihkan Kulit dan Meningkatkan Kesehatan Kolagen


Kentang Juga Bisa Membersihkan Kulit dan Meningkatkan Kesehatan Kolagen

Jika kamu ingin membersihkan wajah hingga ke pori-pori, maka jus kentang bisa menjadi pilihan. Caranya campurkan lima sendok jus kentang dengan satu sendok baking soda dalam secangkir air. Setelah tercampur rata, oleskan pada kulit secara menyeluruh. Gosok dengan gerakan melingkar kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Selain itu, kentang juga bisa meningkatkan kesehatan kolagen loh. Hal ini dikarenakan kentang tinggi akan vitamin C yang bisa membangun kolagen. Kalian bisa mengkonsumsi atau menggunakannya sebagai masker untuk membantu meningkatkan kesehatan kolagen.

Demikian delapan manfaat kentang untuk kecantikan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui manfaat luar biasa air mawar untuk kecantikan. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui sejumlah manfaat minyak zaitun untuk kecantikan.

You can share this post!

Related Posts