Muncul Cahaya Ungu Misterius di Atas Lahan Ganja AS, Ada Apa?
SerbaSerbi

Postingan yang memperlihatkan penampakan langit ungu di atas lahan ganja di Snowflake, Arizona, Amerika Serikat menarik perhatian warganet hingga membuat penasaran. Kira-kira apa yang menyebabkan peristiwa tak biasa tersebut?

WowKeren - Sebuah peristiwa langka kembali menggemparkan jagad maya. Sebuah penampakan cahaya aneh berwarna ungu tiba-tiba muncul di atas langit di sebuah ladang ganja untuk pengobatan yang terletak di Snowflake, Arizona, Amerika Serikat.

Peristiwa tersebut diabadikan ke dalam foto yang diunggah di akun Facebook Novaja County. Sontak saja, fenomena tak biasa ini mengundang perhatian warganet hingga tak sedikit yang penasaran penyebab terjadinya fenomena ini.

Cahaya ungu di ladang ganja itu pertama kali ditemukan oleh seorang pegawai bernama Cara Smith ketika akan pergi bekerja di Copperstate Farm, Jumat (10/1), sekitar pukul 6.30 waktu setempat. Smith mengaku bahwa dirinya belum pernah melihat peristiwa ini sebelumnya.

Tapi pagi itu, ketika dia keluar dari rumahnya yang berjarak sekitar 3 kilometer dari lokasi ladang, ia melihat pemandangan yang berbeda. “Lampu berwarna ungu memang ada di sana, tapi tak pernah memancarkan cahayanya hingga ke langit seperti waktu itu,” ujar Smith dilansir CNN, Sabtu (18/1). "Pagi itu salju turun, dan masih sangat berkabut dan berawan.”

Muncul Cahaya Ungu Misterius di Atas Lahan Ganja AS, Ada Apa?

Facebook


Hingga kini, postingan yang dibagikan di Facebook itu telah disukai lebih dari 1,9 ribu kali dan dikomentari lebih 400 orang. Menurut pejabat setempat, cahaya ungu ini dihasilkan dari lampu ultraviolet yang digunakan untuk membantu menumbuhkan ganja di Copperstate Farm. Cahaya yang memantul pada salju di atas tanah itu menghasilkan cahaya ungu di atas awan.

“Salju bukan satu-satunya hadiah yang diberikan langit untuk kita pagi ini,” tulis Novaja County dalam unggahannya tersebut. "Foto ini diambil dari Snowflake, Arizona, awal pagi ini. Memperlihatkan cahaya ungu bermil-mil!”

Dikutip dari Arizona Republic, Copperstate Farm adalah ladang ganja medis terbesar yang ada di Arizona. Pada April 2019, tercatat ada sekitar 200 karyawan yang menjaga dan merawat ladang tersebut.

Copperstate Farm dilengkapi dengan rumah kaca seluas 40 hektare. Sebelumnya, rumah kaca digunakan untuk menanam tomat, namun sekarang telah ditanami ganja.

Menurut para ahli, langit ungu aneh di Florida diduga berasal dari cahaya Matahari terbenam yang tersebar oleh awan badai topan. “Warna-warna tersebut dihasilkan dari sebuah fenomena yang disebut hamburan Raleigh,” ujar Scott Cordero, seorang ahli meteorologi dari National Weather Service, dikutip dari Newsweek.

"Molekul dan partikel kecil di atmosfer mengubah arah sinar cahaya, menyebabkan mereka tersebar," sambungnya. "Hamburan memengaruhi warna cahaya yang datang dari langit. Warna yang tercipta ditentukan oleh panjang gelombang cahaya dan ukuran partikel."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru