Labuan Bajo Bakal Jadi Wisata Premium, Jokowi Janjikan Pendapatan Warga Meningkat 10 Kali Lipat
Nasional

Pengembangan Labuan Bajo menjadi kawasan wisata premium akan memicu terciptanya lapangan kerja dan permintaan produk lokal sehingga hal ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi.

WowKeren - Presiden Joko Widodo akan menjadikan Labuan Bajo sebagai kawasan wisata premium. Imbasnya, pendapatan masyarakat Labuan Bajo juga akan meningkat.

Hal itu disampaikan oleh Jokowi saat berkunjung ke Labuan Bajo pada Selasa (21/1). Jokowi menilai bahwa pengembangan Labuan Bajo sebagai kawasan wisata premium akan merangsang penciptaan lapangan kerja dan permintaan akan produk lokal.

Bahkan Jokowi menjanjikan jika pendapatan masyarakat meningkat sebesar 10 persen. Hal ini nantinya akan membuat sektor wisata bisa mendongkak ekonomi nasional.

"Kalau turis semakin banyak ke sini, belanja banyak di sini, seperti tadi disampaikan Pak Bupati Manggarai Barat (Agustinus Ch Dula)," kata Jokowi. "Pendapatan asli daerah meningkat sampai 1.000 persen, sepuluh kali lipat (dari sebelumnya)."


Oleh sebab itu, Jokowi meminta partisipasi masyarakat untuk membantu pemerintah dalam mengembangkan kawasan tersebut. Pemerintah sendiri telah menyiapkan beberapa kebijakan, misalnya menambah infrastruktur guna meningkatkan akses.

Salah satu upaya meningkatkan infrastruktur tersebut adalah dengan memperpanjang landasan bandara. "Airport-nya, mulai tahun ini, landasannya akan diperpanjang, terminal tunggu juga akan diperbesar dan diperbaiki," katanya.

Seperti diketahui, Jokowi telah memasrahkan pengelolaan Bandara Komodo di Labuan Bajo kepada pihak asing. Konsorsium beranggotakan PT Cardig Aero Service, Changi International Pte Ltd (CAI), dan Changi Airports MENA Pte Ltd menjadi pemenang proyek pengembangan Bandara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Ia juga meminta gara masyarakat setempat bersikap ramah tamah terhadap wisatawan yang datang. Tak hanya wisatawan domestik namun juga mancanegara.

"Tetapi saya minta, terutama yang berada di sekitar Labuan Bajo, semuanya harus siap," tutur Jokowi. "Ramah kepada wisatawan dan tidak buang sampah sembarangan."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait