'Bohong' Soal Menarik Diri dari Perang, AS Diam-Diam Lakukan Ini Demi Balas Iran
Dunia

Amerika Serikat ternyata tak tinggal diam dengan segala serangan yang dilancarkan Iran kepada pihaknya di tengah panasnya situasi saat ini. Salah satu langkahnya ternyata sudah dilakukan diam-diam.

WowKeren - Presiden Amerika Serikat Donald Trump sempat menyampaikan ketegasannya akan menarik diri dari potensi peperangan dengan Iran menyusul menegangnya tensi antara dua negara tersebut. Kala itu Trump mengaku hanya akan menjatuhkan sanksi ekonomi kepada Iran.

"Amerika Serikat akan segera menjatuhkan sanksi ekonomi tambahan terhadap rezim Iran," jelas Trump lewat pernyataan resminya pasca "hujan" rudal Iran ke Pangkalan Militer AS di Irak, Kamis (9/1). Sanksi ini akan terus diberlakukan sampai Iran mengubah perilakunya yang dinilai membahayakan dunia.

Ucapan Trump itu pun akhirnya direalisasikan, meski mirisnya justru berdampak ke negara lain. Dilansir dari CNBC Indonesia, baru-baru ini AS menjatuhkan sanksi ke beberapa perusahaan asal Tiongkok, Uni Emirat Arab (UEA) dan Hong Kong pada Kamis (23/1) waktu setempat.

Trump memutuskan menjatuhkan sanksi kepada perusahaan tersebut lantaran kedapatan membantu perusahaan minyak milik Iran (NIOC) untuk mengekspor barang senilai jutaan dolar. Tak hanya kepada perusahaan, Trump pun menjatuhkan sanksi kepada sejumlah individu.


Pertama adalah Ali Bayandrian yang memiliki hubungan dengan Triliance Petroleum. Yang kedua adalah Zhiqing Wang, taipan Tiongkok yang memiliki hubungan dengan Shandong Oiwangwa.

Sanksi yang dijatuhkan pun bermacam-macam. Mulai dari pembekuan aset yang dipegang oleh perusahaan di bawah yurisdiksi AS, hingga pelarangan aktivitas yang berkaitan dengan pihak-pihak terkait.

Pengumuman sanksi ini merupakan langkah terbaru AS dalam menjalankan kampanye "tekanan maksimum" yang dirancang oleh pemerintahan Trump. Hal ini dilakukan demi menekan Iran agar membatasi pengembangan program nuklir.

Di sisi lain, Trump pun meyakini rencananya ini akan membuat Iran segera mundur dari "medan perang". "Iran tampaknya akan mundur, yang mana ini baik untuk semua pihak terkait," kata Trump, dikutip dari AFP.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru