Jangan Digunakan Sembarangan, Ini 7 Cara Perawatan Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama
Tekno

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar smartphone milikmu bisa lebih awet dan tahan lama. Penasaran apa saja itu? Simak inormasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Smartphone saat ini seolah sudah menjadi barang wajib yang sangat dibutuhkan. Dengan smartphone, komunikasi bisa menjadi lebih mudah dan cepat. Berbagai fiturnya yang bermanfaat juga bisa membuat aktivitas kita jauh lebih mudah.

Karena peran pentingnya ini, sudah seharusnya kita menggunakan smartphone dengan baik agar awet dan tahan lama. Dengan begitu, kita tidak perlu berganti-ganti smartphone mengingat harganya yang tidak murah.

Nah mau tahu bagaimana cara penggunaan smartphone yang benar agar bisa awet? Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Selalu Gunakan Charger yang Original Biar Smartphone Milikmu Awet dan Tahan Lama


Selalu Gunakan Charger yang Original Biar Smartphone Milikmu Awet dan Tahan Lama

Tips pertama yang harus kamu perhatikan adalah soal penggunaan charger. Terkadang kita suka menggunakan charger milik teman atau power bank untuk mengisi daya ponsel. Padahal kebiasaan ini justru bisa merusak baterai smartphone dan membuatnya jadi tidak awet. Kabel charger memang bersifat umum namun kepala charger belum tentu cocok dengan sembarangan kabel atau ponsel. Hal itulah yang bisa memicu kerusakan pada smartphone.

Sedangkan power bank bisa membuat smartphone tidak awet karena panas darinya bisa berpotensi memicu kerusakan. Oleh karena itu usahakan kamu selalu menggunakan charger yang asli karena memang sudah disesuaikan dengan ponselmu. Jangan menggunakan charger milik orang lain atau power bank jika keadaannya tidak mendesak.

2. Bersihkan Smartphone dari Debu yang Menempel Secara Rutin Agar Bisa Awet dan Tahan Lama


Bersihkan Smartphone dari Debu yang Menempel Secara Rutin Agar Bisa Awet dan Tahan Lama

Untuk merawat ponsel agar awet, sebaiknya kamu rutin membersihkannya. Jika tidak dibersihkan, debu yang menempel bisa mengakibatkan smartphone mudah panas. Jika sudah demikian, kinerja smartphone akan melambat dan membuatnya tidak awet. Oleh karena itu pastikan kamu membersihkan setiap debu maupun partikel kecil lain yang sangat mudah menempel pada ponsel. Bukan hanya yang menempel di layar, tapi di setiap bagian smartphone yang berpotensi tertempel debu.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan lap kacamata atau lap microfiber agar hasilnya bisa maksimal. Usahakan untuk tidak menggunakan tisu karena serat-seratnya bisa tertinggal di smartphone yang bisa membuatnya semakin kotor dan sulit dibersihkan.

3. Selalu Gunakan Casing dan Pelindung Layar Agar Smartphone Milikmu Tahan Lama


Selalu Gunakan Casing dan Pelindung Layar Agar Smartphone Milikmu Tahan Lama

Body merupakan salah satu bagian yang paling rentan dalam sebuah ponsel. Karena itulah kita harus melindunginya dengan menggunakan casing agar ponsel kita tetap aman jika terjadi sesuatu di luar dugaan. Tapi sebaiknya pilih casing yang tepat untuk ponselmu, jangan yang membuatnya cepat panas.

Selain itu, kamu juga harus menggunakan pelindung layar agar smartphone-mu tidak mudah tergores dan bisa menyelamatkan layar smartphone bila tidak sengaja terjatuh. Goresan di layar smartphone bisa meninggalkan bekas yang menyebabkan layar tampak kotor dan cacat. Sedangkan jika ponsel terjatuh, layar bisa retak dengan mudahnya. Kamu pasti tidak mau hal itu sampai terjadi kan?

4. Ingin Smartphone Lebih Awet dan Tahan Lama? Isi Dayanya Sesuai Kebutuhan Saja


Ingin Smartphone Lebih Awet dan Tahan Lama? Isi Dayanya Sesuai Kebutuhan Saja

Apa kamu terbiasa mengisi daya ponsel semalam suntuk lalu dicabut keesokan harinya? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan itu sekarang. Sebab terlalu lama mengisi daya bisa membuat smartphone kepanasan. Karena itu, kebiasaan sepele ini bisa berdampak besar pada baterai ponsel dan membuat smartphone tidak awet.

Meskipun smartphone zaman sekarang memang sudah diatur untuk memutus aliran listrik saat pengisian daya selesai, tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati dan mengisi daya secukupnya saja. Dengan demikian, smartphone milikmu akan lebih awet dan tahan lama.

5. Jangan Bermain Game Saat Smartphone Sedang Diisi Dayanya, Bisa Membuatnya Tak Awet


Jangan Bermain Game Saat Smartphone Sedang Diisi Dayanya, Bisa Membuatnya Tak Awet

Pecinta game mungkin tidak tahan menunggu baterai smartphone penuh baru bermain lagi. Karena itu mereka kerap bermain game bahkan saat ponsel sedang diisi dayanya. Padahal kebiasaan ini bisa membuat baterai smartphone cepat rusak. Hal ini dikarenakan baterai akan lebih mudah menggelembung akibat beban daya yang terlalu besar saat sedang diisi.

Dan perlu diketahui bahwa rata-rata aplikasi game sangat berpotensi menghabiskan RAM dan CPU dalam smartphone. Jadi jika ingin smartphone milikmu awet, jangan dibuat bermain game saat sedang diisi dayanya ya.

6. Smartphone Bisa Lebih Awet dan Tahan Lama Jika Kita Bisa Mengontrol Aplikasi dengan Baik


Smartphone Bisa Lebih Awet dan Tahan Lama Jika Kita Bisa Mengontrol Aplikasi dengan Baik

Beberapa smartphone akan lemot saat kita membuka aplikasi tertentu. Kondisi ini bisa disebabkan karena adanya aplikasi yang memakan CPU dan RAM cukup besar. Jika terus dibiarkan, kinerja smartphone akan mengalami penurunan dengan lebih cepat. Karena itu, kita perlu bijak dalam mengontrol aplikasi agar smartphone yang kita miliki bisa awet dan tahan lama.

Sebaiknya hapus aplikasi atau widget yang tidak begitu kamu perlukan. Gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu saja agar tidak terlalu makan ruang penyimpanan. Selain itu, pastikan juga kamu melakukan pembaruan aplikasi secara teratur di Play Store. Dengan demikian, smartphone kamu tidak mudah lemot dan bisa lebih awet.

7. Tidak Menggunakan Smartphone di Tempat yang Panas Bisa Membuatnya Lebih Tahan Lama dan Awet


Tidak Menggunakan Smartphone di Tempat yang Panas Bisa Membuatnya Lebih Tahan Lama dan Awet

Untuk kamu yang suka beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan smartphone, terutama di ruang terbuka yang sangat panas. Smartphone bisa lebih awet jika suhu penggunaannya selalu terjaga dan tidak kepanasan. Karena itu, suhu dalam ruangan yang tertutup akan jauh lebih baik untuk menjaga kinerja dan performa smartphone daripada terlalu sering terpapar di luar.

Demikian tujuh tips penggunaan smartphone agar lebih awet dan tahan lama. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips mengisi daya ponsel dengan aman. Selain itu, kalian juga bisa melihat artikel ini untuk mengetahui beberapa tips untuk mengatasi android lemot.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait