Kerap Disangkut Pautkan Dengan Virus Corona, Plague Inc Minta Gamer 'Bertobat'
SerbaSerbi
Wabah Virus Corona

Plague Inc menjadi game yang paling laris di Tiongkok usai wabah virus Corona menjadi sorotan dunia. Karena kerap disangkut pautkan dengan virus Corona, pembuat game ini pun meminta agar para gamers berhenti.

WowKeren - Wabah virus Corona hingga saat ini masih menjadi perhatian dunia. Pasalnya, virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini telah memakan ratusan korban jiwa dan telah menginfeksi 27 negara di dunia.

Merebaknya pemberitaan tentang virus yang memiliki nama 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) ini pun juga turut diperbincangkan di media sosial. Tak sedikit dari para warganet yang kerap men-cocoklogi-kan wabah mengerikan ini dengan permainan video game.


Salah satu permainan yang menjadi laris usai wabah ini merebak adalah Plague Inc. Pasalnya, sejumlah orang mengunduh game ini untuk mencari cara menghadapi virus mematikan yang misterius ini.

Namun, meroketnya popularitas aplikasi game ini rupanya tidak membuat sang creator, Ndemic Creations senang. Mereka justru meminta agar para gamer mencari informasi tentang virus corona dari sumber yang bisa dipercaya dan bukan dari game.

"Selalu ingat bahwa Plague Inc adalah game, bukan model ilmiah dan bahwa wabah virus corona adalah situasi yang sangat nyata dan mempengaruhi banyak orang," tulis Ndemic Creations dalam keterangannya, dilansir detikINET, Selasa (4/2). "Kami selalu menyarangkan pemain untuk mencari informasi langsung dari otoritas kesehatan lokal dan global."

Selain itu, Ndemic Creations juga mengatakan jika pihaknya telah mendapatkan banyak pertanyaan dari pemain dan media terkait hal ini. Oleh karena itu, ia ingin agar kesalahpahaman ini berhenti.

Sekedar informasi, Plague Inc adalah game yang tersedia untuk bermacam platform, baik itu Android, iOS, Steam, maupun konsol. Ndemic Creation, developer asal Inggris, merilis game ini pada 2012 lalu.

Game ini bergenre real time strategy yang mana pemainnya ditugaskan untuk menyebarkan patogen berbahaya termasuk mengatur strategi untuk cara penyebarannya. Pemainnya pun harus mengatur strategi untuk menghadapi langkah dari pemerintah dan peneliti yang mau melawan ancaman global tersebut.

Plague Inc sendiri dirancang serealistis dan seinformatif mungkin. Sehingga game ini telah diakui oleh Centers for Diseases Control and Prevention (CDC) dan otoritas kesehatan dunia lainnya.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts