WHO Tetapkan COVID-19 Jadi Nama Resmi Virus Corona Di Tiongkok
Dunia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan COVID-19 sebagai nama resmi dari wabah virus corona yang mulai muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok.

WowKeren - Wabah virus corona atau Novel Coronavirus (nCov) saat ini telah mengguncang dunia setelah dilaporkan menewaskan lebih dari seribu orang. Virus mematikan ini pertama kali muncul di pasar ikan dan hewan Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok.

Virus yang sempat menyandang nama 2019-nCoV ini akhirnya memiliki nama resmi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan COVID-19 sebagai nama resmi dari virus corona yang pertama kali muncul di Wuhan tersebut.

Nama tersebut diumumkan WHO melalui akun Twitter resmi mereka pada Selasa (11/2). Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan jika nama ini akan digunakan untuk seluruh spektrum kasus virus corona. Mulai dari yang terjangkit virus corona ringan, sedang, hingga yang paling berat.

WHO Beri Nama Resmi Virus Corona

Twitter


Tedros menjelaskan arti nama COVID-19 berasal dari singkatan coronanirus atau virus corona, sedangkan 'D' berarti Disease (penyakit). Sementara itu, angka 19 mewakili 2019 lantaran virus ini pertama muncul pada Desember 2019.

"Kita sekarang memiliki nama untuk penyakit 2019nCoV: COVID-19," jelas Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dikutip dari akun Twitter WHO, Selasa (12/2). "Saya akan mengejanya: C-O-V-I-D hyphen one nine-COVID-19."

Selain itu, WHO juga telah meminta dunia untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona. Mewabahnya virus ini telah membuat WHO telah mendeklarasikan status gawat darurat. Artinya, status ini adalah kejadian luar biasa yang mengancam kesehatan masyarakat di banyak negara akibat penyebaran wabah secara global sehingga dibutuhkan peran setiap negara untuk turun tangan.

"Dengan 99 persen kasus yang terjadi di Tiongkok, ini merupakan situasi darurat bagi negara itu," ujar Tedros seperti dikutip Reuters. "Tetapi itu juga ancaman sangat besar bagi dunia."

Hingga Selasa (11/2), dilaporkan orang yang telah meninggal dunia akibat wabah virus corona mencapai 1.018. Korban meninggal dilaporkan bermayoritas di Tiongkok sementara hanya segelintir yang berada di luar Negeri Tirai Bambu.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru