Rajin Pakai Skincare Namun Wajah Tetap Kusam? Bisa Jadi Kalian Lakukan 7 Kebiasaan Sepele Ini!
Lifestyle

Ada banyak faktor yang membuat kulit wajah menjadi kusam dan terlihat tidak sehat. Salah satunya melakukan kebiasaan-kebiasaan umum yang tanpa sadar bisa membuat kulit wajah menjadi kusam.

WowKeren - Banyak orang yang memberikan perhatian ekstra pada kulit mereka, apalagi kulit wajah. Hal ini karena kulit merupakan salah satu indera yang paling vital. Terutama pada kulit bagian wajah yang sangat memerlukan perhatian ekstra karena jika tak dijaga dengan baik, maka akan rentan mengalami kusam.

Ada banyak faktor yang membuat kulit wajah menjadi kusam dan terlihat tidak sehat. Beberapa penyebabnya adalah serangan hormon tak menentu, paparan polusi, dan tidak menjaga pola makan yang benar.


Namun selain dari faktor dalam seperti hormon, nyatanya ada faktor dari luar yang membuat kesehatan kulit wajah menjadi tidak terjaga. Salah satunya melakukan kebiasaan-kebiasaan umum yang tanpa sadar bisa membuat kulit wajah menjadi kusam. Apa saja itu? berikut tim WowKeren rangkum 7 hal sepele yang ternyata sebabkan wajah jadi kusam. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Jarang Eksfoliasi Akan Membuat Sel Kulit Mati Menumpuk Dan Sebabkan Kusam


Jarang Eksfoliasi Akan Membuat Sel Kulit Mati Menumpuk Dan Sebabkan Kusam

Sel kulit mati yang menumpuk di wajah juga menjadi penyebab wajah menjadi kusam dan terasa kasar. Eksfoliasi berguna untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati. Jika kamu tidak pernah mengeksfoliasi wajah, maka sel kulit mati yang ada di wajah pun akan semakin banyak dan wajah pun akan terlihat kusam.

Namun, melakukannya dengan salah juga tidak baik. Menggosok wajah dengan scrub terlalu keras bisa membuat kulit wajah iritasi dan juga berminyak. Menggosok kulit terlalu keras bisa bisa memancing sebum keluar sehingga produksi minyak pun jadi lebih banyak. Jadi sedang-sedang saja ya.

2. Jangan Malas, Sering Tidur Menggunakan Make Up Ternyata Sebabkan Wajah Kusam


Jangan Malas, Sering Tidur Menggunakan Make Up Ternyata Sebabkan Wajah Kusam

Make up memang pada dasarnya tidak boleh dibawa tidur. Namun banyak orang yang mengabaikan hal ini karena malas dan lelah setelah beraktifitas. Namun kebiasaan ini harus segera dihilangkan ya. Pasalnya, item make up umumnya mengandung bahan kimia yang jika dibiarkan melekat di kulit semalaman dapat berdampak negatif terhadap kesehatan dan penampilan kulit.

Selain itu, tidur dengan make up dan kotoran yang menempel di wajah tidak hanya akan membuat wajah terlihat kusam, tapi juga menyebabkan jerawat dan menimbulkan penuaan dini. Ada juga yang seadanya membersihkan wajah dengan tissu basah. Padahal kandungan tisu basah tidak diformulasikan untuk kulit wajah dan hanya akan membuat kulit terasa kering dan meningkatkan risiko iritasi dan timbulnya jerawat.

3. Sering Diabaikan, Memakai Produk Skincare Yang Salah Ternyata Berdampak Pada Kulit


Sering Diabaikan, Memakai Produk Skincare Yang Salah Ternyata Berdampak Pada Kulit

Salah satu cara untuk mendapatkan wajah yang cerah ada menggunakan skincare. Namun banyak orang yang salah tanggap dan menggunakan banyak skincare sekaligus. Padahal tak semua skincare cocok dengan kulit wajah kalian. Alih-alih menjadi bersih dan sehat, kulit wajah malah akan terlihat kusam karena tidak cocok dengan kandungannya.

Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan terlihat sehat, salah satu yang dibutuhkan adalah produk skincare yang tepat. Jika kamu menggunakan produk yang tidak sesuai dengan kulit wajahmu, bukan hanya jerawat bisa muncul di wajahmu, kulit pun akan terkesan kusam dan berminyak.

4. Lindungi Kulit Kalian, Paparan Polusi Juga Bisa Bikin Kulit Kusam


Lindungi Kulit Kalian, Paparan Polusi Juga Bisa Bikin Kulit Kusam

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan adalah lupa menggunakan sunblock. Saat kalian sedang naik gunung atau bermain air di pantai, kalian merasa wajah kalian normal. Padahal, saat itu wajah kalian terbakar sinar matahari. Kulit wajah tanpa perlindungan tabir surya akan rusak.

Sinar matahari dan polusi adalah salah satu penyebab utama kulit wajah terlihat kusam. Jika kalian tidak pernah menggunakan sunblock dijamin kulit wajah kalian akan semakin terlihat tidak cerah. Lebih parahnya, jika terlalu sering terpapar bisa menyebabkan kanker kulit loh.

5. Memiliki Pola Makan Tidak Sehat Tak Hanya Pengaruhi Tubuh Tapi Juga Wajah


Memiliki Pola Makan Tidak Sehat Tak Hanya Pengaruhi Tubuh Tapi Juga Wajah

Di jaman sekarang, seruan untuk menjaga pola makan memang sedang ramai berkumandang. Tak hanya mempengaruhi tubuh, tapi pola makan tidak sehat juga mempengaruhi wajah. Ketika tubuh tidak ternutrisi dengan baik, kulit wajah pun akan terlihat kusam dan tidak sehat.

Oleh karena itu, jika kamu menginginkan wajah yang cerah dan bersinar, batasi konsumsi garam dan makanan yang digoreng dan makanan manis. Menurut penelitian, asupan makanan manis berlebih bisa menimbulkan banyak minyak dan jerawat. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak zat antioksidan.

6. Wajah Kusam Bisa Saja Disebabkan Oleh Pola Tidur Yang Tidak Teratur


Wajah Kusam Bisa Saja Disebabkan Oleh Pola Tidur Yang Tidak Teratur

Tuntutan pekerjaan maupun aktivitas lain mengharuskan kalian untuk bangun pagi dan kembali saat larut. Hal ini membuat banyak waktu tidur kalian berkurang. Padahal, waktu tidur memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan dan kecantikan loh.

Saat tidur, sel-sel tubuh akan mengalami regenerasi sehingga sel-sel baru akan mulai aktif. Jika kalian kurang tidur maka proses regenerasi sel akan terhambat. Oleh karena itu kulit akan tampak kusam dan tak bercahaya karena pembentukan jaringan sel baru menjadi lambat.

7. Stres Tak Hanya Mengganggu Hati Dan Pikiran, Namun Juga Kecantikan Kulit Kalian


Stres Tak Hanya Mengganggu Hati Dan Pikiran, Namun Juga Kecantikan Kulit Kalian

Jika kamu telah melakukan berbagai perawatan dengan berbagai macam produk, mungkin masalahnya bukan dari luar atau dalam tubuh, tapi dari apa yang ada di pikiran. Stres yang kalian alami bisa meningkatkan kortisol yang memengaruhi aliran darah ke kulit dan menghambat perbaikan kulit.

Kortisol meningkat membuat respons negatif muncul dan aliran darah menuju ke organ-organ vital, tapi tidak ke wajah. Sehingga wajah akan terlihat pucat dan kusam. Sebagai solusinya cobalah untuk melakukan pijat wajah singkat sambil membersihkan wajah atau mengaplikasikan pelembap untuk menstimulasi aliran darah.

Selain itu kalian juga bisa mencoba beberapa rekomendasi produk kecantikan yang aman untuk ibu hamil di sini. Simak juga yuk beberapa kesalahan dalam merawat wajah dalam artikel berikut.

You can share this post!

Related Posts