Jangan Sampai Salah! 8 Kebiasaan Dalam Merawat Wajah Ini Justru Bikin Jerawat Terus Bermunculan
Lifestyle

Beberapa kesalahan dalam merawat kulit wajah ini juga digadang-gadang menjadi penyebab muncul jerawat. parahnya, orang-orang kadang tidak sadar jika kebiasaan tersebut yang menyebabkan jerawat.

WowKeren - Siapa sih yang tak ingin memiliki kulit wajah yang cantik bersinar dan sehat. Bahkan memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat saat ini juga menjadi idaman para lelaki. Banyak orang yang rela melakukan serangkaian perawatan kulit (skincare) untuk mendapatkan kulit wajah idamannya.

Jerawat merupakan salah satu musuh yang kerap dihadapi para pejuang skincare ini. Tak tanggung-tanggung, sedikit sentuhan skincare yang tidak cocok dapat menyebabkan jerawat yang banyak. Namun taukah kalian bahwa munculnya jerawat tak hanya berasal dari bahan yang tidak cocok?


Beberapa kesalahan dalam merawat kulit wajah ini juga digadang-gadang menjadi penyebab muncul jerawat. parahnya, orang-orang kadang tidak sadar jika kebiasaan tersebut yang menyebabkan jerawat. Alhasil, kesalahan tersebut terus dilakukan dan malah memperparah kondisi jerawat.

Penasaran kebiasaan apa saja yang bisa menimbulkan jerawat? Yuk simak 8 kesalahan dalam merawat wajah yang malah bisa menimbulkan jerawat di kulit mulusmu!

(wk/putr)

1. Melupakan Pemakaian Sunscreen Malah Bakal Menimbulkan Jerawat


Melupakan Pemakaian Sunscreen Malah Bakal Menimbulkan Jerawat

Tabir surya atau yang kerap disebut sunscreen ini merupakan salah satu produk kecantikan yang wajib banget dimiliki oleh wanita. Perlu kalian ketahui bahwa efek sinar UV yang berasal dari sinar matahari ini berbahaya banget untuk kulit. Selain memicu pertumbuhan sel kanker dan kemerahan, kulit yang terpapar sinar matahari sunscreen juga cenderung mengalami penuaan dini.

Sunscreen bertugas melindungi kulit dari serangan sinar UV yang jahat, terutama untuk kalian yang sedang berjerawat. Kalau kalian sedang dalam proses mengobati jerawat, biasanya kulit menjadi lebih sensitif dan mudah bereaksi terhadap sinar matahari. Karena itu penting sekali untuk selalu melindungi kulit dengan sunscreen setiap hari dan pakai ulang setelah beberapa jam. Intip juga makanan alami yang bisa atasi jerawat di sini.

2. Terlalu Sering Exfoliating Juga Tak Bagus Untuk Kesehatan Kulit Wajah


Terlalu Sering Exfoliating Juga Tak Bagus Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Eksfoliasi atau exfoliation adalah tindakan pengelupasan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar. Hal ini biasanya dilakukan ketika kalian sedang facial, mikrodermabrasi atau chemical peeling. Jika dilakukan secara teratur, exfoliating ini bisa meningkatkan khasiat skincare dan membantu meremajakan kulit.

Namun terlalu banyak exfoliating nyatanya juga enggak baik untuk kesehatan wajah. Kulit yang terlalu sering dieksfoliasi akan lebih kering sehingga wajah memproduksi lebih banyak minyak yang nantinya malah menimbulkan jerawat jika menumpuk dan bercampur dengan kotoran, debu, dan sisa make-up. Alih-alih cantik dan mulus, kulit malah akan menghasilkan terlalu banyak jerawat.

3. Pastikan Pakai Pelembab Setiap Hari Jika Enggak Mau Berjerawat


Pastikan Pakai Pelembab Setiap Hari Jika Enggak Mau Berjerawat

Pelembab nampaknya masih dianggap sepele oleh beberapa wanita. Padahal pelembab merupakan salah satu skincare dasar yang wajib banget kalian gunakan. Apapun jenis wajah kalian, pelembab atau moisturizer tetap jadi produk skincare penting yang harus dimiliki, bahkan untuk si kulit berjerawat sekalipun.

Setelah membersihkan wajah bahkan hanya dengan air, kelembaban alami pada wajah pasti akan terkikis. Untuk menjaga kelembaban kulit agar tetap seimbang, kita membutuhkan bantuan pelembab. Kembali lagi, jika kalian membiarkan wajah kering, maka wajah kalian akan menghasilkan minyak berlebih yang justru malah memicu pertumbuhan jerawat. Simak juga tips menghilangkan jerawat dengan bahan alami di sini.

4. Terlalu Sering Cuci Muka Bakal Bikin Kering Dan Memicu Jerawat Muncul


Terlalu Sering Cuci Muka Bakal Bikin Kering Dan Memicu Jerawat Muncul

Seperti yang dikatakan sebelumnya, setelah membersihkan wajah, kelembaban wajah kalian pasti akan berkurang. Hal ini karena minyak alami yang dihasilkan wajah juga ikut hilang akibat mencuci wajah. Meskipun terasa segar dan bersih, namun kalian tak disarankan untuk terlalu sering mencuci wajah.

Alasannya masih sama, jika kalian terlalu sering membersihkan wajah, maka kelembaban alami wajah juga akan berkurang. Hal ini berarti kalian membiarkan wajah kering terlalu lama dan makin memicu produksi minyak yang berlebihan. Akibatnya jerawat makin sering muncul karena kotoran yang menumpuk.

5. Kebiasaan Tak Membilas Micellar Water Justru Bikin Wajah Kamu Berjerawat


Kebiasaan Tak Membilas Micellar Water Justru Bikin Wajah Kamu Berjerawat

Kalau kalian malas membersihkan wajah dengan sabun muka, mungkin kalian sering menggunakan micellar water. Kebanyakan dari kalian mungkin membersihkan wajah dengan menggunakan micellar water saja tanpa dibilas lagi. Hal ini karena kebanyakan micellar water memiliki klaim tidak perlu dibilas.

Namun nyatanya, walaupun micellar water memiliki kandungan yang tergolong ringan namun tetap saja terdapat kandungan yang bisa menghilangkan kelembaban alami wajah kalian. Jika tak dibilas, kandungan ini akan membuat kulit kering dan makin memicu produksi minyak yang berlebihan dan membuat jerawat makin parah. Intip juga rekomendasi toner lokal untuk wajah berjerawat di sini

6. Hindari Pakai Skincare Dengan Bahan Aktif Bersamaan Jika Enggak Mau Berjerawat


Hindari Pakai Skincare Dengan Bahan Aktif Bersamaan Jika Enggak Mau Berjerawat

Jangan langsung kalap dengan produk skincare yang diberi embel-embel "acne", "jerawat" atau "pimple". Kalian mungkin berpikir jika semua produk yang memiliki embel-embel tersebut akan sangat berguna untuk wajah berjerawat jika dipakai bersamaan. Namun nyatanya, hal itu justru makin membuat kondisi jerawat kalian makin parah.

Berusaha "menyerang" jerawat dengan menggunakan seluruh produk untuk kulit berjerawat yang mengandung bahan aktif justru malah membuat jerawat tersebut makin parah. Menurut penelitian ketika kalian masih di bawah 30 tahun, hal yang paling penting adalah menjaga kelembaban. Kalian hanya perlu memasukkan 1-2 produk dengan bahan aktif untuk atasi jerawat, alih-alih langsung menggunakan terlalu banyak bahan aktif.

7. Pakai Perawatan Anti Aging Terlalu Dini Malah Bikin Wajahmu Berjerawat


Pakai Perawatan Anti Aging Terlalu Dini Malah Bikin Wajahmu Berjerawat

Kulit sehat dan awet muda memang idaman semua orang. Bahkan saking idamanya, banyak orang menggunakan skincare anti aging bahkan sebelum muncul tanda-tanda penuaan. Walau hal ini tidak sepenuhnya salah, namun ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum memutuskan menggunakan perawatan ini.

Perlu diketahui bahwa kandungan anti aging yang paling umum adalah retinol. Retinol ini merupakan zat yang akan memicu kulit untuk bergenerasi. Penggunaan retinol pada kulit wajah yang mengalami penuaan mungkin tak akan bermasalah, namun kandungan aktif tersebut dapat menyebabkan "stres" yang tidak diperlukan kulit. Hal ini malah membuat kulit semakin sensitif dan memperparah kondisi jerawat.

8. Jangan Sama Ratakan Perawatan Kulitmu, Karena Tiap Area Wajah Perlu Perlakuan Berbeda


Jangan Sama Ratakan Perawatan Kulitmu, Karena Tiap Area Wajah Perlu Perlakuan Berbeda

Perlu diketahui bahwa jenis kulit tak hanya kering dan berminyak saja. Beberapa memiliki jenis kulit kombinasi yang memiliki perbedaan kondisi antara area kulit yang berbeda. Contohnya, area T-zone umumnya lebih berminyak dan tidak terlalu sensitif, sedangkan area pipi lebih mudah sensitif dan memerah.

Apabila kalian memperlakukan seluruh area kulit sama rata, maka kalian bisa saja justru membuat masalah baru di area kulit yang sebelumnya tidak bermasalah. Salah satu kesalahan yang umum adalah mengaplikasikan clay mask yang dapat menyerap minyak di seluruh wajah yang justru membuat area tertentu jadi super kering. Ada baiknya kalian memperhatikan kebutuhan tiap area kulit dan mengatur kuantitas produk sesuai kebutuhan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait