10 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami yang Mudah Dijumpai
Shutterstock
Lifestyle

Bagi yang tidak memiliki banyak budget, kalian bisa menggunakan 10 bahan alami yang ampuh mengatasi bekas jerawat.

WowKeren - Jerawat merupakan salah satu masalah wajah yang cukup merepotkan. Adanya jerawat apalagi yang terbilang cukup parah bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Munculnya jerawat juga membuat riasan menjadi tidak flawless.

Penyebab jerawat sendiri cukup banyak, tidak hanya dari hormon dalam tubuh. Mulai dari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, menggunakan kosmetik yang salah, terlalu banyak konsumsi makanan manis serta berminyak dan masih banyak lagi. Untuk itu, lakukan 10 kebiasaan baik agar mencegah munculnya jerawat, simak di sini.

Selain faktor di atas, jerawat juga kerap hadir karena stres, lho. Kemunculan jerawat yang disebabkan karena stres tersebut berkaitan dengan adanya perubahan hormon dalam tubuh. Nah, untuk mengatasi jerawat semacam itu, kalian bisa simak di sini.


Setelah jerawat sembuh, masalah tak langsung berhenti begitu saja. Bekas yang ditinggalkan jerawat pun pasti sangat mengganggu. Wajah menjadi tak mulus, banyak noda kemerahan atau pun hitam pada bagian wajah yang terkena jerawat.

Umumnya, mengatasi bekas jerawat memang lebih sulit dari pada jerawat itu sendiri. Banyak wanita bahkan pria yang rela menguras kantong demi menghilangkan bekas jerawat yang tak kunjung hilang.

Nah, bagi yang tidak memiliki banyak budget, kalian bisa menggunakan 10 bahan alami yang ampun mengatasi bekas jerawat. Syaratnya hanya melakukan perawatan dengan bahan alami tersebut secara rutin. Mau tahu apa saja? Simak di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Manfaat Minyak Jojoba untuk Mengatasi Bekas Jerawat


Manfaat Minyak Jojoba untuk Mengatasi Bekas Jerawat

Minyak jojoba merupakan bahan alami yang dihasilkan dari biji pohon jojoba. Minyak satu ini memiliki kandungan vitamin E dan B yang dapat menghambat produksi sebum, mengaga keseimbangan pH dan juga menutrisi kulit sehingga kelembapannya terjaga. Minyak jojoba juga merupakan yang paling mirip dengan minyak alami yang dihasilkan wajah. Namun, kalian tidak perlu khawatir minyak ini akan menghambat pori-pori wajah, ya.

Selain berguna untuk mencegah tumbuhnya jerawat, minyak jojoba juga dapat menghilangkan bekasnya, lho. Mengaplikasikan minyak jojoba di wajah dapat memberi isyarat pada kulit bahwa minyak yang diproduksi sudah cukup sehingga tetap seimbang dan tidak berlebihan. Kalian dapat menggunakan minyak ini untuk menghapus riasan atau mengoleskannya sebagai pelembap alami.

2. Minyak Kelapa Juga Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat


Minyak Kelapa Juga Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

Vitamin E merupakan nutrisi paling baik untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Nah, vitamin tersebut dapat ditemukan dalam minyak kelapa yang juga memiliki efek antiradang dan melawan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Selain itu, minyak ini memiliki peras regenerasi yang dapat membantu memperbaiki sel dan mengurangi terbentuknya bekas jerawat.

Bagi kalian yang memiliki kulit berminyak, disarankan untuk tidak menggunakan minyak kelapa terlalu sering, Cukup dua kali seminggu saja lantaran minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori jika terlalu banyak dan malah menyebabkan jerawat baru. Bagi yang kulitnya normal hingga kering, coba oleskan minyak ini satu hingga dua tetes setiap hari. Pastikan wajah bersih sebelum mengaplikasikannya, ya.

3. Alpukat Memiliki Manfaat Besar untuk Bekas Jerawat


Alpukat Memiliki Manfaat Besar untuk Bekas Jerawat

Bahan alami selanjutnya adalah alpukat. Kandungan vitamin, nutrisi dan asam lemak di dalam alpukat dapat merangsang produksi kolagen dan memperbaiki jaringan. Jadi, bekas jerawat akan perlahan menghilang jika kalian menggunakan alpukat secara rutin. Selain itu, alpukat juga memiliki banyak manfaat lain untuk kulit, simak di sini.

Untuk memanfaatkan alpukat, kalian dapat mengolahnya menjadi masker. Haluskan alpukat kemudian campur dengan madu hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah hingga merata kemudian diamkan 10 hingga 15 menit. Jika taik ingin kerepotan, oleskan masker pada bagian bekas jerawat saja. Lakukan kegiatan ini secara rutin, ya.

4. Gunakan Cuka Sari Apel untuk Atasi Bekas Jerawat


Gunakan Cuka Sari Apel untuk Atasi Bekas Jerawat

Cuka sari apel kini sangat populer untuk mengatasi jerawat. Rupanya, bahan makanan satu ini juga ampuh untuk mengatasi bekas jerawat. Cuka apel mengandung asam malat, asam laktat dan asam asetat yang dapat membantu mengencangkan dan membersihkan permukaan kulit dengan merangsang produksi kolagen. Proses tersebut juga akan memperbaiki sel dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Jika kalian berminat mencoba tips ini, sebaiknya pilih cuka apel yang berwarna paling gelap dan keruh. Pasalnya, semakin banyak residunya, semakin tinggi manfaat untuk kulit. Kalian perlu mengoleskan cuka apel pada bagian bekas jerawat saja. Diamkan selama sekitar 5 hingga 10 menit. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari.

5. Atasi Bekas Jerawat dengan Kulit Jeruk Kering


Atasi Bekas Jerawat dengan Kulit Jeruk Kering

Jika mengonsumi jeruk, jangan terburu-buru untuk membuat bagian kulitnya. Kulit jeruk mengandung lebih banyak vitamin C yang membantu meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki sel-sel kulit. Nah, dengan menggunakan kulit jeruk, kalian dapat mengurangi bekas jerawat dan noda hitam di wajah.

Cara pembuatannya adalah dengan menjemur kulit jeruk di bawah sinar matahari hingga kering. Haluskan kulit yang telah kering hingga menjadi bubuk. Kemudian tambahkan satu sendok teh dudu atau yogurt agar menjadi pasta dan lebih mudah dioleskan. Diamkan sekitar 10 hngga 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

6. Scrub Gula Berguna untuk Menghilangkan Bekas Jerawat


Scrub Gula Berguna untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Bahan alami selanjutnya yang dapat mengatasi bekas jerawat adalah gula. Bahan ini berguna sebagai eksfoliator kulit. Scrub gula bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit. Dengan menggunakan bahan ini, proses regenerasi kulit akan lebih cepat.

Kalian bisa menggunakan berbagai jenis gula, kk. Sebut saja gula pasir, gula cokelat atau gula organik semuanya bisa dimanfaatkan sebagai scrub. Bagi yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya kalian menggunakan gula cokelat karena teksturnya tidak terlalu kasar. Campurkan gula pasir dengan minyak alami seperti minyak almond atau minyak kelapa. Kemudian gosokkan perlahan pada area bekas jerawat. selama tiga hingga lima menit. Bilas dengan air hangat setelah selesai.

7. Oatmeal juga dapat Dimanfaatkan Sebagai Scrub


Oatmeal juga dapat Dimanfaatkan Sebagai Scrub

Oatmeal merupakan makanan sehta yang juga baik untuk kecantikan. Kandungan saponin di dalam oatmeal merupakan pembersih alami berbahan nabati. Selain itu, oatmeal mengandung fenol dengan sifat antioksidan, antiradang dan foto protektif. Konsentrasi pati yang tinggi membantu kulit agar tetap lembap.

Untuk membuatnya, rebut oatmeal organik dalam air secukupnya. Setelah dingin, pijatkan lembut pada wajah dan diamkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Kemudian cuci dengan air hangat. Jangan lupa untuk lakukan secara rutin, ya.

8. Gunakan Lemon untuk Menghilangkan Bekas Jerawat


Gunakan Lemon untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Lemon mengandung asam L-askorbat, zat alami yang mengeringkan jerawat serta zat antibakteri lain yang melawan bakteri penyebab jerawat. Penggunaannya juga ampuh untuk mencerahkan kulit serta mengatasi kemerahan bekas jerawat pada kulit wajah. Namun, jangan pernah gunakan lemon jika masih terdapat luka yang belum kering. Pasalnya, hal tersebut akan menambah perih pada wajah.

Caranya cukup mudah. Kalian hanya perlu mencampur air lemon dengan madu. Kemudian oleskan pada bekas jerawat tanpa terkena bagian kulit sekitarnya. Bilas hingga bersih setelah didiamkan selama 15 hingga 25 menit. Lakukan hal ini secara rutin hingga bekas jerawat memudar hingga menghilang.

9. Madu untuk Kecantikan Kulit


Madu untuk Kecantikan Kulit

Madu merupakan salah satu bahan yang memiliki manfaat sangat besar untuk kecantikan kulit. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang membantu memudarkan tampilan bekas jerawat. Memanfaatkan madu cukup mudah, kok. Kalian enggak perlu mencampurkannya dengan bahan lain, cukup oleskan pada wajah dan diamkan beberapa menit. Bilas hingga bersih setelahnya.

10. Baking Soda untuk Mnghilangkan Bekas Jerawat


Baking Soda untuk Mnghilangkan Bekas Jerawat

Eksfoliasi kulit tak hanya menggunakan gula, namun juga baking soda. Bahan pembuat kue satu ini dapat kalian manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat, lho. Kalian cukup menggosokkanya perlahan pada kulit wajah yang terdapat bekas jerawat. Sebelumnya, campurkan dengan air dulu hingga membentuk pasta, ya. Bilas hingga bersih setelah itu.

You can share this post!

Related Posts