6 Cara Atasi Jerawat yang Timbul Karena Stres, Kenali Juga Tandanya
Lifestyle

Jerawat yang timbul karena stres memiliki beberapa tanda, kenali dan atasi dengan cara-cara berikut.

WowKeren - Kemunculan jerawat, terutama di wajah, tentunya akan sangat mengganggu. Selain merusak penampilan, munculnya jerawat terkadang disertai dengan rasa nyeri yang berkepanjangan.

Munculnya jerawat bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena stres. Ya, perasaan stres yang berlangsung terus-menerus juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat yang mengganggu.


Kenapa sih stres bisa menimbulkan jerawat dan apa tanda-tanda jerawata yang muncul karena stres? Kemunculan jerawat yang disebabkan karena stres tersebut berkaitan dengan adanya perubahan hormon dalam tubuh. "Stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Hanya saja, stres bisa memperburuknya. Jika kamu termasuk orang yang rentan dengan jerawat, stres dapay membuat jerawat yang muncul jadi semakin buruk," ungkap Michele Green, seorang dokter kulit di New York dilansir Greatist.com.

Dokter Michele juga menerangkan bahwa hormon yang dilepaskan selama stres bisa meningkatkan peradangan dan semakin memperburuk jerawat. Jerawat yang timbul karena stres ini juga akan disertai dengan kemerahan, gatal, dan meningkatnya jumlah komedo dan whitehead.

Kabar baiknya, meski jerawat muncul karena stres, penanganannya tak jauh berbeda dengan jerawat yang muncul disebabkan karena hal lain. Kendati demikian, ada hal-hal khusus yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul karena stres ini. Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul karena stres ini agar tidak berbekas dan semakin parah? Simak ulasannya sebagai berikut.

(wk/silm)

1. Atasi Jerawat karena Stres dengan Obat-Obatan yang Sesuai


Atasi Jerawat karena Stres dengan Obat-Obatan yang Sesuai

Jika kamu rasa jerawat yang muncul adalah karena stres, hal pertama yang harus segera kamu lakukan adalah pergi ke toko obat. Dokter kulit Robin Evans menyarankan beberapa obat yang bisa membantumu menyembuhkan jerawat yang muncul akibat stres.

Dokter Robin menyarankan obat-obatan seperti asam benzoil peroksida atau asam salisilat topikal. Kedua obat tersebut dapat diterapkan juga di daerah sekitar timbulnya jerawat. Namun, bisa saja hanya diterapkan di atas jerawat langsung jika kulitmu termasuk yang sensitif dan bisa terkena kendala kekeringan atau iritasi.

Untuk lebih amannya, kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter kulit langgananmu. Temukan obat yang sesuai untuk jenis jerawatmu, terutama yang timbul karena stres.

2. Kompres menggunakan Air Hangat untuk Atasi Jerawat yang Muncul Karena Stres


Kompres menggunakan Air Hangat untuk Atasi Jerawat yang Muncul Karena Stres

Jika kamu merasa kesakitan akibat jerawat yang timbul karena stres, kamu bisa meredakannya dengan membuat kompres air hangat. Air yang bisa kamu gunakan ini adalah air hangat yang bersuhu suam-suam kuku.

Air hangat berguna untuk membuka pori-pori wajah sehingga mudah untuk membersihkan kotoran yang menempel. Selain mengompresnya dengan air hangat biasa, kamu juga bisa membuat campuran air hangat dan garam.

Campuran air hangat yang membuka pori-pori dan garam yang mengeringkan minyak akan sangat bagus untuk mengatasi jerawat. Caranya, ambil air hangat secukupnya dan campurkan garam sesuai dengan jumlah air yang digunakan. Lalu, kompres bagian yang berjerawat dengan menggunakan kapas yang telah dicelup dengan air dan garam.

3. Kompres Jerawat Menggunakan Es Batu yang Terbuat dari Green Tea


Kompres Jerawat Menggunakan Es Batu yang Terbuat dari Green Tea

Mengatasi jerawat yang timbul karena stres juga bisa dilakukan dengan mengompresnya menggunakan es batu. Lebih baik lagi jika es batu tersebut terbuat dari air green tea.

Beberapa uji klinis telah membuktikan keampuhan green tea dalam mengatasi jerawat, salah satunya adalah dengan mengurangi produksi sebum yang menyebabkan jerawat. Sifat anti bakteri dari green tea itulah yang ampuh mengurangi jerawat yang membengkak. Dengan lembut, gosokkan es batu yang terbuat dari green tea ke daerah timbulnya jerawat. Hal itu akan ampuh mengurangi kemerahan dan juga peradangan.

4. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Minum Air Putih yang Banyak


Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Minum Air Putih yang Banyak

Salah satu cara mengatasi timbulnya jerawat adalah dengan membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Caranya adalah dengan banyak mengonsumsi air putih. Untuk orang dewasa, usahakan minum 2 liter air putih sehari.

Selain memperbanyak minum air putih, merubah gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi solusinya. Pastikan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang cukup untuk nutrisi tubuh. Dengan begitu, jerawat yang muncul karena stres tidak akan semakin parah.

5. Tinjau Lagi atau Bahkan Ganti Rutinitas Perawatan Kulit


Tinjau Lagi atau Bahkan Ganti Rutinitas Perawatan Kulit

Jika cara-cara pencegahan yang sudah disebutkan sebelumnya tak juga berpengaruh, hal yang harus kamu lakukan adalah meninjau kembali rutinitas perawatan kulitmu. Pastikan kamu menggunakan pembersih wajah dengan pH yang seimbanng. Selain itu, pastikan juga kamu menggunakan pelembap yang tidak menyumbat pori-pori kulit. Menerapkan serum vitamin C setelah mencuci wajah dan sebelum menggunakan pelembap juga merupakan ide yang bagus.

Kunjungan ke dokter kulit juga bisa membantumu untuk menentukan perawatan yang sesuai untuk mengatasi kulitmu yang berjerawat. Beberapa perawatan seperti pembersihan jerawat hinnga microneedling untuk mengurangi bekas jerawat merupakan pilihan yang tepat.

6. Mencegah Jerawat yang Timbul dengan Manajemen Stres yang Baik


Mencegah Jerawat yang Timbul dengan Manajemen Stres yang Baik

Cegah jerawat sebelum timbul dengan menerapkan manajemen stres yang baik. Meskipun kamu tidak bisa berhenti terlibat dalam situasi yang memberikan tekanan, namun stres yang timbul bisa berakibat buruk untuk kesehatan tubuh. Tentu saja juga untuk jerawat yang bermunculan setelahnya.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memanajemen perasaan stres. Beberapa kegiatan misalnya, yoga, meditasi, berjalan-jalan, berbicara dengan teman, dan sebagainya bisa menjadi pilihannya. Jika semua hal seolah menekanmu, ingat, ambil napas yang dalam dan yakinkan bahwa kamu bisa melakukannya dengan baik.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru