Ingin Bebas dari Masalah Kulit Wajah? Ini 10 Tips Dasar Mencegah Munculnya Jerawat
Shutterstock
Lifestyle

Apa kalian pernah mendengar bahwa mencegah lebih baik dari mengobati? Maka dari itu, lebih baik jika kalian berusaha untuk mencegah jerawat dengan menghindari penyebabnya.

WowKeren - Jerawat merupakan masalah yang dialami oleh banyak orang. Semua orang pasti pernah mengalami hal ini setidaknya sekali dalam hidup mereka meskipun berbeda-beda jenisnya. Mulai dari jerawat batu, komedo, jerawat hormonal, pustula, papula dan lainnya.

Saking "populer"-nya masalah wajah satu ini, produk untuk mengatasi jerawat cukup laris dipasaran. Namun, tentunya tak semua ampuh pada semua orang. Masih banyak yang kesulitan untuk mengatasi jerawat pada wajahnya.


Apa kalian pernah mendengar bahwa mencegah lebih baik dari mengobati? Maka dari itu, lebih baik jika kalian berusaha untuk mencegah jerawat dengan menghindari penyebabnya. Jerawat tidak akan muncul, kalian juga tidak perlu kerepotan mencari produk untuk mengatasinya.

Nah, berikut terdapat 10 langkah dasar yang wajib kalian lakukan agar jerawat tidak muncul. Simak di sini, ya.

(wk/nris)

1. Rajin Membersihkan Wajah Usai Beraktifitas


Rajin Membersihkan Wajah Usai Beraktifitas

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah kotoran yang menumpuk pada wajah. Kalian tidak boleh melewatkan rutinitas membersihkan wajah setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Lakukan double cleansing agar wajah bersih dari kotoran serta sisa-sisa makeup juga terangkat.

Double cleansing merupakan salah satu cara yang digunakan cewek Korea Selatan untuk menjaga wajahnya tetap mulus dan glowing. Metode ini pertama-tama dilakukan dengan membersihkan kotoran serta makeup terlebih dahulu dengan milk cleanser, micellar water dan lainnya. Langkah kedua, kalian harus membasuh wajah menggunakan facial wash agar wajah bersih sempurna.

Jangan lupa memilih facial wash yang cocok untuk jenis kulit kalian. Untuk yang memiliki jenis kulit berminyak, gunakan sabun yang berupa gel atau foam. Sedangkan untuk yang kulitnya kering, paling cocok menggunakan yang jenis krim atau lotion.

2. Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah


Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Seharian beraktifitas, bakteri dan kuman akan menempel pada tubuh, terutama tangan, anggota badan yang kerap digunakan untuk melakukan berbagai hal. Nah, terkadang kita menyentuh wajah dengan tangan yang tanpa disadari mengandung banyak bakteri dan kuman. Hal ini akan memicu masalah wajah, termasuk jerawat.

Bakteri dan kuman akan berpindah dari tangan dan menyumbat pori-pori kulit wajah kalian. Maka dari itu, pastikan tangan telah bersih dari kotoran sebelum kalian menyentuh wajah. Sebelum itu, cuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan wajah.

3. Gunakan Tabir Surya pada Wajah


Gunakan Tabir Surya pada Wajah

Sering disepelekan, tabir surya perlindungan yang sangat penting untuk wajah. Seperti diketahui, sinar UV yang langsung terpapar pada wajah dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti timbulnya bintik-bintik hitam, tanda-tanda penuaan dan juga jerawat.

Gunakan krim tabir surya setiap hari saat akan beraktifitas di luar ruangan. Semakin tinggi SPF suatu krim tabir surya, semakin baik pula untuk wajah. Tabir surya juga perlu diaplikasikan kembali pada wajah setiap empat jam sekali. Agar lebih muda, gunakan tabir surya semprot yang tidak akan merusak makeup.

4. Minimalisir Penggunaan Makeup Setiap Hari


Minimalisir Penggunaan Makeup Setiap Hari

Penggunaan riasan yang berlebihan juga dapat menyebabkan jerawat. Meski kalian yakin sudah membersihkannya sebelum tidur, namun bahan-bahan di dalam produk makeup akan memicu timbulnya jerawat, lho. Untuk itu, gunakan makeup setipis mungkin jika tidak bepergian ke acara penting. Riasan tebal dapat menutup pori-pori wajah, membuatnya tersumbat dan akhirnya menyebabkan jerawat.

5. Gunakan Makeup atau Skin Care yang Non-Comedogenic alias Anti Jerawat


Gunakan Makeup atau Skin Care yang Non-Comedogenic alias Anti Jerawat

Pernah mendengar klaim non-comedogenic pada produk kecantikan? Produk, baik perawatan wajah maupun makeup yang memiliki anti jerawat seperti itu lah yang wajib kalian pilih.

Perlu kalian ketahui, produk yang tidak memiliki klaim non-comedogenic dapat menimbulkan jerawat. Mungkin bukan jerawat paran, namun seperti komedo hitam dan putih atau beruntusan. Maka, penting untuk membaca kemasan produk secara detail sebelum membelinya, ya.

6. Eksfoliasi Kulit Sangat Penting untuk Mencegah Jerawat


Eksfoliasi Kulit Sangat Penting untuk Mencegah Jerawat

Selain membersihkan wajah, ekfoliasi atau scrub wajah merupakan langkah penting untuk mencegah timbulnya jerawat. Proses eksfoliasi atau pengelupasan kulit berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Eksfoliasi juga dapat mengangkat kotoran yang berada di dalam pori-pori.

Proses eksfoliasi dilakukan dengan menggunakan produk yang memiliki butiran scrub. Nah, butiran tersebut yang akan membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan membersihkan kotoran. Untuk melakukan eksfoliasi, tidak perlu setiap hari lantaran dapat membuat kulit menjadi tipis dan sensitif. Kalian hanya perlu melakukannya sekitar 2 kali seminggu.

7. Jaga Kebersihan Barang-Barang seperti Sarung Bantal dan Ponsel


Jaga Kebersihan Barang-Barang seperti Sarung Bantal dan Ponsel

Hal sepele seperti kebersihan sarung bantal dan layar ponsel bisa menyebabkan jerawat juga, lho. Kalian harus rajin mengganti sarung bantal lantaran mengandung kuman dan bakteri yang berasal dari rambut atau keringat kita. Selain itu, jangan malas untuk mengelap layar ponsel dari debu yang menumpuk.

8. Kurangi Konsumsi Gula dan Lemak Jahat


Kurangi Konsumsi Gula dan Lemak Jahat

Apa kalian tahu bahwa makanan manis akan mempercepat pertumbuhan jamur dan bakteri. Bagi kalian yang tidak ingin jerawatan, sebaiknya kurangi mengonsumsi gula. Tak hanya itu, Makanan yang mengalami proses penggorengan juga dapat menyebabkan jerawat, lho. Apalagi jika jajanan diluar yang diolah menggunakan minyak yang telah digunakan berkali-kali.

Nah, dari hal ini kalian akan mengetahui bahwa penyebab jerawat tidak hanya berkaitan dengan produk yang diaplikasikan ke wajah namun juga makanan. Jaga gaya hidup dengan konsumsi makanan sehat.

9. Kendalikan Stres untuk Cegah Jerawat


Kendalikan Stres untuk Cegah Jerawat

Sudah membersihkan wajah dengan teratur dan menjaga pola makan namun jerawat masih sana muncul? Mungkin kalian tengah stres. Perlu diketahui bahwa jerawat juga dapat muncul akibat stres, lho. Saat stres, hormon tubuh menjadi tidak seimbang dan kemudian menimbulkan jerawat. Untuk mengatasinya, kalian dapat melakukan beberapa tips ampuh, simak di sini.

10. Detoksifikasi Tubuh dapat Cegah Jerawat


Detoksifikasi Tubuh dapat Cegah Jerawat

Detokfisikasi tubuh sangta berguna untuk mencegah timbunya jerawat. Mengeluarkan racun agar tidak menumpuk dapat membuat wajah bebas dari jerawat yang mengganggu. Menjaga kesehatan tubuh dari dalam memang penting agar terhindar dari segala macam penyakit.

Melakukan detoksifikasi sebenarnya mudah, kok. Kalian bisa berolahraga untuk memproduksi keringan atau bahkan hanya dengan mengonsumsi air mineral yang banyak setiap hari. Untuk cara detoks tubuh selengkapnya, kalian bisa simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru